| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Nokia Lumia Windows Phone Brick

Sama seperti handphone dengan sistem operasi mobile lainnya, Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone juga kerap mengalami masalah error. Jadi Jika hal demikian terjadi pada Lumia anda sendiri, maka salah satu langkah untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara soft reset ataupun hard reset.

Soft Reset tujuaannya ialah untuk menghentikan sejumlah aplikasi yang sedang berjalan serta merestart ulang Lumia dalam kondisi normal. Ini pun tentunya dapat bermanfaat jika hp mengalami masalah ringan seperti crash atau hang.

Sedangkah Hard Reset adalah langkah untuk mengembalikan pengaturan menjadi default kembali seperti waktu pertama kali anda membelinya (factory reset). Hard reset juga akan menghapus semua data yang sersimpan di memori internal. Metode ini kebanyakan diambil ketika masalah pada Lumia memang dirasa sudah cukup berat.

Cara Soft Reset Nokia Lumia

Langkah ini dapat di terapkan pada semua Nokia Lumia baik itu yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 7, Windows Phone 8 dan 8.1.

Soft Reset sama sekali tidak akan menghapus data yang tersimpan di memori internal.

Berikut langkah-langkah soft reset Nokia Lumia:

  1. Pada kondisi lumia sedang menyala, tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik.
  2. Jika anda merasakan Lumia bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut.
  3. Proses restart akan terjadi, silahkan tunggu hingga hp menyala kembali ke kondisi normal.

Cara Hard Reset Nokia Lumia

Ada dua metode yang dapat anda lakukan untuk hard reset Nokia Lumia, adapun caranya itu ialah melalui reset secara langung pada pengaturan Windows Phone dan melalui penggunaan tombol hardware.

Proses hard reset akan menghapus semua data-data yang ada di memori internal, jadi pastikan backup terlebih dahulu semua file-file penting di hp Lumia anda.

Hard Reset Melalui pengaturan Windows Phone

Proses ini berlaku untuk Lumia Windows Phone 7, 8 dan 8.1.

  1. Pada hp Lumia anda yang dalam keandaan on (menyala), masuk ke menu Setting > About lalu sentuh/tap pilihan Reset your phone.
    Cara Reset Windows Phone 8
  2. Jika muncul sebuah keterangan warning, pilih saja Ok untuk melanjutkan.
  3. Proses factory reset akan dimulai, tunggu hingga selesai.

Hard Reset Melalui Tombol Harware

Metode ini biasanya diperlukan jika Nokia Lumia sudah tidak dapat masuk ke layar starts screen (mengalami brick), atau karena anda lupa password login sehingga untuk hard reset hanya dapat dilakukan dengan tombol hardware.

Untuk Lumia Windows Phone 7.xx:

  1. Matikan (Turn off) Lumia anda, Copot baterainnya sejenak, lalu pasang kembali.
  2. Lakukan langkah-langkah seperti gambar dibawah:
    Hard Reset Windows Phone 7

    • Tekan dan tahan tombol Kamera + Power + Volume down secara bersamaan.
    • Segera setelah Lumia mengalami vibrate (bergetar), lepaskan tombol Power. (Tombol Kamera + Volume down masih tetap ditekan).
    • Lumia akan menyala, tunggu beberapa detik hingga tampilan Windows Phone muncul dilayar lalu lepas tombol Kamera + Volume down.
  3. Lumia akan memulai proses factory reset. Tungguh hingga selesai
  4. Jika tampilan Welcome muncul dilayar, pilih saja pilihan Get Started untuk melakukan konfigurasi ulang penyiapan akun Microsoft.

Untuk Lumia Windows Phone 8 atau 8.1:

  1. Turn Off Nokia Lumia anda, setelah itu cabut baterainya sejenak lalu pasang kembali.
  2. Lakukan hal berikut:
    Hard Reset Windows Phone 8.1

    • Tekan dan tahan tombol Power.
    • Tungguh hingga Lumia mengalami vibrate (bergetar) lalu lepas tombol Power.
    • Segera tekan dan tahan tombol Volume down.
    • Jika dilayar muncul tanda seru (!), lepaskan tombol Volume down.
  3. Dalam keadaan ini, tekan (tidak perlu ditahan) tombol seperti gambar dibawah secara berurutan:
    Hard Reset Windows Phone 8

    • Volume up
    • Volume down
    • Power
    • Volume down
  4. Lumia akan restart, dan ketika menyala kembali maka proses factory reset akan dimulia (selama proses anda akan melihat roda gear yang terus berputar). Tunggu hingga selesai.

Nb: Setelah proses hard reset selesai, Lumia akan kembali meminta untuk melakukan konfigurasi ulang penyiapan akun Microsoft. Jadi untuk tahapan ini silahkan pilih Get Started lalu ikuti tiap perintah yang ada.

21 Responses to “Soft Reset dan Hard Reset Nokia Lumia”

  1. min….kalau hp lumia saya tidak mau masuk star cuma ada gambar ger itu masalahnya apa yah,
    karena pada waktu itu saya stel ke pengaturan pabrik lalu setelah saya nyalain kembali cuma gambar gear doang dan gk mau masuk ke starnya.

  2. Min…terimakasih atas ilmu nya..skrng lumia saya tidak brick lagi..semoga ilmu yg admim berikan dibalas dengan pahala yg brlimpah..terimakasih

  3. Aku mau mnta solusi nih,
    akukan udah ngelakuin semua petunjuk datas , emang bergetar sih, tapi pas nyala cuma layar biru doang, gak ada tampilan windows phonenya,,,,, mohon sangad bantuannya..

    • min tolong dong aku udh ikutin cra yg diatas tpi hpku tetep gk muncul lyr menunya cm biru tok trus ada gmbr smile doang itu gmn yh min cara memperbaikinya?

  4. lumia ku tombol wi-fi nya gak bisa di on kan gan dan muncul kata untuk di restat
    padahal saya sudah merestat masih saja tidak mau di on kan

  5. Gan, pas ke reset ane blum back up datanya 🙁 . Cara pulihin datanya gmn gan? Gak disimpen dimemory dan blum sempet buat akun Microsoft buat back up data :'( . Hilang smua kah?

  6. Min, kalo pas reset udah bener tapi kok malah keluar emoticon 🙁 gini apa ya maksudnya dan apa yang harus ane lakukan ?

    Mohon bantuannya
    Trims

  7. gan hp lumia 520 saya udah di riset msih gak bsa berfungsi gan,di layar hanya ada tulisan nokia saja,mohon di di bagikan solusinya gan,,,
    trim’s

  8. Min…lum535 motivasi volum up muncul terus di layar dan vol mentok (10) trus gk bisa down…gmn ngatasinya min…dicek servis gk ada masalah dg tombolnya…trims.

  9. bagus skali nihh postingan gan… saya sudah coba dan ternyata sangat mengecewakan………. aplikasi : BURSA, untuk MUSIK, video, browser, kontak telfon, pengaturan, buka sms memuat dan menerima panggilannya hilang …. setelah mencoba hanya aplikasi BBM yang ada Line twitte yang, … gimana niii ??? WP microsoft lumia 540 saya sekarang hanya bisa jadi senter -_-

  10. Punya lumia 720 …kemudian saya hard rest..keluar gambar gear..dan itu lama…apakah msih normal jika hard rest itu butuh waktu lama?

  11. Apakah membutuhkan waktu yg lama untuk melakukan hard rest pada lumia 720?
    Punya saya sampai makan waktu 2 jam lebih tapi belum juga selesai

  12. makasih ya kak infonya .. prosesnya berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur .. tapi kok sistemnya masih penuh 🙁 🙁 🙁 .. adakah solusinya kak 🙂

Leave a Reply