| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Ponsel Xiaomi

Ingin install ulang MIUI ROM di smartphone Xiaomi? atau ingin coba-coba ganti ROM ke versi regional lain misalnya dari versi Singapore ke China? Anda dapat melakukan semua itu secara langsung melalui flashing lewat MI Recovery mode.

Install MIUI ROM melalui MI Recovery mode tidaklah terlalu sulit, dan tentunya semua itu dapat dilakukan secara langsung dari Xiaomi Mi4, Mi3, Redmi 1S, Redmi Note, Mi Pad, maupun di smartphone Xiaomi model lainnya.

Lantas bagaimana cara melakukan flashing MIUI ROM lewat MI Recovery mode? lengkapnya silahkan lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Yang Perlu di Perhatikan

  • Install ulang MIUI Rom akan menghapus data-data, jadi sebaiknya sebelum memulai proses ini, lakukan backup data terlebih dahulu (lihat: cara backup data di Xiaomi).
  • Pastikan daya baterai perangkat Xiaomi terisi minimal 50%.
  • Agar proses dapat berjalan sesuai keinginan, Ikuti langkah-langkah dibawah dengan benar.
  • Jika anda adalah pemula atau ada yang kurang dipahami, jangan ragu untuk bertanya.

Download MIUI ROM

Sebelum memulai langkah flashing, tentunya anda terlebih dahulu harus mempunya MIUI ROM yang ingin di install, jadi jika silah didownload.

  1. Masuk ke situs http://en.miui.com/download.html, lalu pilih tipe smartphone, (disini dicontohkan ialah Xiaomi Mi3).
  2. Download ROM yang sesuai dengan jenis regional perangkat Xiaomi anda. Misalnya ROM nya adalah versi Singapore, maka arahkan pilihannya ke WCDMA Singapore.
    MIUI ROM Xiaomi Mi3

    • Jika Ingin Install ulang menggunakan ROM versi terbaru, maka langsung download saja pada bagian Full ROM pack.
    • Jika ingin install ulang menggunakan ROM versi lama (downgrade), pilih pada bagian Older versions. Dari situ anda akan menemukan semua ROM versi lawas.
    • Jika Ingin Ganti ROM, misalnya Xiaomi anda adalah versi Singapore dan ingin ganti ke ROM China. Yah silahkan saja pilih dan download ROM yang ada di menu WCDMA/CDMA China.

    Nb: Jika ROM Xiaomi anda tersedia dua pilihan yakni Stable ROM dan Developer ROM, maka disarankan pilih yang Stable ROM

  3. Setelah ROM berhasil terdownload, rename nama filenya menjadi update.zip lalu copy ke memori internal atau eksternal Xiaomi anda (simpan di directori paling depan/bukan dalam folder).

Memulai Flashing (Install) MIUI ROM

  1. Matikan (turn off) perangkat Xiaomi anda,
  2. Masuk ke modus Mi Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume up(+) dan Power secara bersamaan sampai menu Recovery muncul dilayar.
  3. Dalam modus Mi Recovery, pilih bahasa English.

    Gunakan tombol Volume Up(+) dan Volume Down(-) untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol Power untuk mengeksesuki (memilih) menu yang ada.

  4. Pada halaman main menu, pilih Install Update.Zip to System One untuk menginstall MIUI ROM yang telah telah anda simpan di memori perangkat Xiaomi (pilih Yes saat konfirmasi muncul, dan proses flashing pun akan dimulai.).
    MI Recovery Xiaomi
  5. Setelah proses flashing selesai (complete), pilih Back untuk kembali ke halaman main menu.
  6. Dihalaman main menu, pilih lagi Wipe & Reset.
  7. Selanjutnya, pilih Wipe Cache dan Wipe User Data (silahkan di Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tiap pilihan membutuhkan proses, jadi tunggu hingga selesai.
    MI Recovery Wipe and Reset
  8. Dan Jika semuanya telah usai silahkan pilih Back to Main menu.
  9. Pilih menu Reboot > Reboot to System One (latest) untuk menghidupkan kembali perangkat.

Sampai disini jika semua proses diatas dijalankan dengan benar, maka smartphone Xiaomi anda dipastikan sudah berhasil di flashing menggunakan MIUI ROM versi yang sesuai dengan pilihan anda sendiri.

120 Responses to “Tips & Trik Xiaomi: Flashing MIUI ROM lewat MI Recovery”

    • Tergantung dari ROM yang pengen diflashing.

      Misalnya kalau ROM Xiaom agan saat ini adalah versi MIUI 5 dan pengen di UPGRADE ke MUIU 6, maka agan tinggal download ROM terbarunya aja lalu upgrade pake metode diatas (ROM lama otomatis akan ditimpa).

      Tapi kalau mau di DOWNGRADE dari MIUI 6 ke MIU 5, agan perlu flasing ROM lama menggunakan metode diatas dan sedikit tambahan yaitu lakukan “wipe all data” (cara wipe lihat disini http://www.ikeni.net/mengatasi-android-xiaomi-bootloop-atau-restart-sendiri-1690/).
      ini tujuannya agar file ROM baru yang sebelumnya dipasang dengan yang ROM lama yang akan dipakai tidak numpuk dan bentrok.

      • Gan, emg klo downgrade ga pake twrp/cwm gak masalah ya gan? dlu ada temen ane dia downgrade pake recovery>wipe>install, hasil nya malah error2an gara2 stuck ada system nya ga kebaca sama yg older version.

        • Itu karena teman agan nggak lakuin wipe data
          Resiko downgrade emang gitu gan, harus “wipe all data” = data lama harus dihapus semua

  1. gan mi3 sya WCDMA Singapore dan mw ganti ke china, tp kenapa setelah sya ikutin langkah yang agan kasih ketika dah sampe di Install Update gagal mulu ya…?
    jika tidak keberatan mohon dibuat video tutorialnya ja gan…
    Thk

  2. gan rom udh saya pindah ke sd card,dan sudah saya rename menjadi update.zip
    tp kenapa g kebaca di recovery ya,,?
    mohon pencerahannya
    trims

  3. gan,
    kan ane abis root pake tutor dr forum k*skus .
    trus di redmi ane minta update binary file SU lewat recovery mode,

    problemnya : pas ane update binary file malah ga bisa masuk recovery dan hp ane juga jadi ga nyala,
    setiap ane restart (cabutBatre) ga bisa .. dilayarnya masuk ke recovery mode trus tp gagal

    mohon pencerahannya ,,, trims

  4. gan…sy udah coba flash via fastboot, sudah suskes lewat miflash, tp msih ttp stuck di logo, wipe dari moder recovery gak bsa wipe ketulis data wipe failed. mau coba flash lewat recovery gimana caranya gan masukin rommnya ke sd card? nah posisi hp bootloop

  5. Gan… mau nanya kok MI3 sy, gak bisa di wipe all data, udah coba flash via fastboot jg gak bisa, masalahnya Mi3 hanya terjebak di stook logo gak bisa masuk homescreen. mohon bantuannya….

  6. mau nanya nih mas.ini hp redmi note 4G lte saya jadi error. nah pas di nyalain malah masuk fastboot.gmn cara untuk membetulkannya. terima kasih. mohon bantuannya yah.

    • Biasa nya tombol volume – (yg bawah) sya jga pernah kya gtu , klo msh kya gtu jga cba cabut baterai dan nyalakan seperti biasa(hanya tekan tombol power)

  7. Gan mau tanya hp ane xiaomi mi3 sim card tidak terdeteksi..sudah beli sim card baru jg msh tdk terdeteksi..tks..
    Boleh bls ke email aja

  8. gan, sorry mau tanya.. out of the topic..

    Bisa ga di MI3 kita install 2 custom rom.. misal di system 1 pake cynogenmod dan di system 2 pake AOSP..??

  9. Gan saya udah nyoba dan gagal, saya pake Xiaomi Mi1s . Gagal di install zip (dapet 98% trus tertulis file zip rusak), terus setelah reboot logo Mi aja yg muncul, saya ulang instal berkali kali, macetnya ya disitu itu, trus saya wipe & reset (wipe all data) hasilnya setelah reboot cuma nyampe logo Mi doang, nih sampe pagi tetep begitu, trus apa yg bisa saya lakukan?

    • kalo uda wipe all user data = menhilangkan rom bawaan.. jadi klo dah wipe all user data , nnti instal zip lagi n instal romnya lgi.. sblm wipe all user data sebaiknya download sulu rom yg akan d instal..
      nnti klo berhasil gak akan macet smpe di logo mi aja

  10. kalo uda wipe all user data = menhilangkan rom bawaan.. jadi klo dah wipe all user data , nnti instal zip lagi n instal romnya lgi.. sblm wipe all user data sebaiknya download sulu rom yg akan d instal..
    nnti klo berhasil gak akan macet smpe di logo mi aja

  11. [HELP]
    hh ane boot lop gan, cuman sampe lambang mi aja
    udah di wipe all data juga tetep boot loop
    kalo mau pake cara flash gimana gan?
    kan mi3nya ga bisa nyala
    masukin ROM ke HP nya gimana caranya?
    tolong gan
    HH satu satunya nih

  12. Gan, saya pakai mi note 3g, tpi saat saya mau masuk kerecovery bahasa cina gan…gmna tuh gan…
    Mohon pencerahan

  13. Setelah membaca secara teliti dan berulang kali, maka saya beranikan diri untuk flash via mi recovery dg kondisi NOTE 4G saya yg stuck di logo MI, alhamdulillah bisa & sukses.

    Pas malam takbir dan besok bisa foto2 sambil silahturahmi. Makasih banyak ya gan sangat terbantu.

    Mohon Maaf Lahir & Batin.

  14. gan, saya pakai mi note 3g WCDMA China dan mw ganti ke Global, kenapa setelah sya ikutin langkah2 yang agan kasih ketika di Install Update gagal terus…?
    mohon pencerahan nya gan…
    Thk.

  15. Gan, saya abis update mi4 malah hang, mau masuk ke mi recovery nggak bisa, ditekan tombol volume+ power nggak bisa masuk,cuma fastboot terus, Mohon pencerahan Agan sekalian

  16. Bang, mau nanya… Kan hp sy xiaomi mi4i… Sy hard reset wipe, reset factory… Trs skrng malah keluar notif OS not installed.! Knp tuh bang..? Cara benerin gmn..? Pakai teamwin sy bang… Tq bang…

  17. hai mas bro, bisa bantu ane. ane dalam kesulitan ini. xiaomi note 4g ane single. tidak mau nyala setlah di root. mungkin ada kesalhan saat ane akses menu recovery cwm. bisa dibantu

  18. Punya ane kok gagal gan ada tulisannya “install update.zip failed!, error applying update” trus atasnya ada tanda silang merah..
    Itu gmn gan?? Posisi redmi 2 rom cina mau pindah rom global

  19. Dear Bunk Ahamad Subarti,

    Apakah bisa di bantu untuk write imei, karena imei di redmi note 4G saya invalid. Hasil backup ada, namun pada saat saya restore via cwm ttp tidak tampil imei.

    Mohon advicenya..

    BR

    DhanyF
    0818110323

  20. Bro, kalo udah upgrade ke miui 7, terus restore aplikasi file backup dari rom sebelumnya itu bisa running gak ya? kan pas backup masih miui 6. thx

  21. Gan, sy sdh ikuti petunjuk di atas tapi ketika pilih Install Update.Zip to System One untuk menginstall MIUI ROM yang telah telah di simpan di memori perangkat Xiaomi (pilih Yes saat konfirmasi muncul, dan proses flashing pun akan dimulai.).

    Gagal terus, failed.. kenapa bisa gitu ya.. mohon solusinya..

  22. Master, semua langkah flashing uda dijalankan dgn baik…pas lgkh terakhir reboot ke system one uyk memulai kembali perangkat, koq terhenti di lambang mi aja yah?

    • Gan ane punya red mi 1s kalo di nyalain pasti langsung masuk ke recovery mode, padahal nyalainnya biasa biasa aja pake tomnol power aja gak nambah tombol volume up, kalo mau di flashing, ane gak dapat software mi flash dimana mana tolong pencerahannya

  23. Dear all,
    Ane punya mi3 KW, mau ane upgrade tapi gak bisa. Masuk kemenu updater untuk instal CWM tidak berhasil. Sepertinya ke blok gitu kalau kita mau instal…kira2 ada masukan terkait masalah ane ini?

    Tks.

  24. Gan hp saya xiaomi mi3 eror d imei ny sehingga tidak bisa baca sim card. Masuk mode cwm dan fast bot juga gx bsa. Gmne solusi ny. Tolong

  25. Gan, saya coba sign in google account di setting kok g bisa, katanya android g cocok pake mobile data, tapi pake app lqin internetan bisa

  26. Gan nanya dong, udah sampe langkah 4 kenapa selalu gagal. Katanya file update.zip tidak ditemukan padahal udah kesimpen di SD card Dan file jya udah di rename. Hh saya redmi note 4g skrg miui v.7 Mau says pindah ke versi global. Mohon pencerahannya makasih

  27. Pagi gan.. o ya saya juga pakai xiaomi note 1 LTE, mw tanya nih.. kenapa ya xiaomi saya bluetooth, hotspot dan wifi saya tidak bisa digunakan.. trus sering kali xiaomi saya restart sendiri dgn tampilan layar biru.. dan sudah sering kali saya install ulang dgn cara manual tapi tetap saja tidak ada perubahan sdikitpun.. mohon petunjuk dan penjelasannya.. terima kasih..

  28. gan, kenapa ya saya gagal terus, dan pas saya reboot xiaomi selalu berada diposisi recovery dan tidak bisa kembali. terimakasih

  29. Gan Tolong Bgt Di jwb Ko xiomi redmi 1s sayaah waktu di ke setelan pabrik Tampilan Nyh jadi kaya Hp cina kalo di pencet ke menu latar belakang Nnyh warna item gma tuh tolong penjelasan nyh
    makasih

  30. selamat siang all

    ada yang bisa bantuin saya, xiaomi mi3 saya gagal terus pada saat di flash, masalah terletak pada saat remote memory card tidak terdeteksi. ada yang bisa menjelaskan penyebabnya apa?

  31. gan numpang tnya, sya bru update miui melalui MIpcsuite namun sya klik flash beta, yang yang mw tanyain kloo di upgare ke miui 7 stable bisa melalui MIpcsuite lg,.?tq

  32. maaf gan mau nanya, kalau rom nya R2 yang versi china (stable) apa sama spt rom bawaannya R2 yang di hh R2 indonesia (maaf kalau ada yg salah)

  33. mau nanya lagi gan,
    ini kan ane mau flash hh (R2) makai pc, nah waktu hh suda fastboot saat mau di connectkan ke pc kaga bisa kebaca hh nya (padahal usb di pc bisa connect kalau ane coba makai flashdisk)..
    mohon pencerahannya gan, terimakasih sebelumnya

  34. Mau tanya nie teman2 …HP xiaomi Redmi note 4 G 2 Dual Sim, ketika saya instal bahasa indonesia, dan terus saya Hapus kembali..Tiba2 IMEI nya juga terhapus..jadinya IMEI mnejadi kosong..dan Karti sim tidak bisa lg sms, nelpon .. Bagaimana caranya mengembalikan imei yg sudah terhapus teman2…

  35. Mas saya baru aja beli xiaomi mi4i dan saya ikuti semua tahapan diatas. Semua berjalan lancar sampai muncul saatnya di reboot. Tp setelah saya reboot kok mati ya? Gak mau nyala sama sekali:( padahal udh 30menit lebih saya tunggu tp belum jg nyala

  36. Alahmdulillah… trima kasih gan atas tutornya. xiaomi MI4W udah kembali normal, kagak loading trs kl di hidupin paket datanya. sdh hampir pts asa 3 hr ini ngeliat hp begini. yaa walaupun agak beda tampilan dan fitur dengan yg sebelumnya..

  37. Gan,saya punya redmi note 3G..problemnya sering mati jika disentuh touch screennya
    ..kira2 root causenya dari hardware ato softwarenya..mohon pencerahan dr agan2 semuanya..

    Matur suwon

  38. GGan,saya punya redmi note 3G..problemnya sering mati jika disentuh touch screennya
    ..kira2 root causenya dari hardware ato softwarenya..mohon pencerahan dr agan2 semuanya..

    Matur suwon

  39. Malam Admin,

    Baca tutorial diatas pengen juga mengakui penderitaan hh Xiaomi Mi 4i yang gagal downgrade nih. Masalahnya sama dg teman teman diatas itu yang zip nya ga kebaca.

    Kalau di wipe all user data dan mengikuti langkah langkah selanjutnya, apakah akan mengembalikan hh ke setelan awal (pabrik) nggak?

    Terus terang masih takut matot ni hh. Baru pegang 2 bulan. Mohon sarannya ya Mas Admin.

    Terimakasih banyak sebelumnya. Selamat malam

  40. gam saya mau tanya, HP saya xiaomi 4w
    k l mau keluar dari menu recovery g mn ya
    bingung aslinya
    tlg d bales ya gan

  41. Min hp ane MIUInya ane upgrade terus udah selesai disuruh muat ulang ,udah dimuat ulang ,loading udah 99% hp ane mati ,terus ane nyalahin lagi tau tau ada di mi recovery ,ane gatau balikin kaya semula lagi min ,mohon bantuannya

  42. kak.. aku udah masuk ke recovery mode, udah copy update.zip ke SD card, tapi pas aku pilih install update.zip, di layar bilang ndak nemu data update.zip itu. :(( any help?

      • Nah sama nih, kan hpnya udah bootloop gimana mindah ke internalnya? Trus udah coba yang pake mi flash tapi hpnya gamau masuk fastboot mode. Gimana caranya biar bisa masuk fastboot nya?????

  43. Min, kalau cara flasing xiaomi mi 4 gimana nih ? Mohon bantuannya, soalnya ane baru beli hp xiaomi rom nya versi china dan kadang mati” dan terestar sendiri, dan katanya sih tmn coba di flasing dlu ke rom versi global, mohon bantuannya min

  44. Gan kalau udah install rom.zip yg tadi tapi simpannya di pc. Karna kan hp nya ga bisa nyala,mau save k memori internalnya,gimana ya? Selalu failed karna file.zip yg di download gada di hp nya. Thanks

  45. Gan ko tiap abis compirmasi selalu muncul tulisan
    Please rename the upeate pack to update and put it to the root directory of sd card
    G mna carq ngatasin nya mohon penceahan nya pemula gan

  46. gan, mw tanya…
    ane mw upgrade hp dari xiaomi 5 ke versi 7 (HP ane redmi 1s). nah pas masuk recovery mode ane salah mencet “wipe all data”.terus hpnya masuk recovery mode terus.mohon bantuannya

  47. Gan, hp saya xiaomi redmi 2 prime , ko saya gak bisa ke CMW ya? Setelah upgrade ke versi 7.5.2 via OTA
    Stuck di logo mulu.

  48. gan hp ane habis up dari 7 ke 8 trus hp ane sinyalnya ilang pas ane update.zip sinyalnya bener tapi kenapa setting hp ane ngga bisa kebuka?? mohon penjelasannya

  49. mau tanya gan, waktu saya coba pilih instal update.zip to system kok gak ada respon ya? dicoba berulang ulang jg sma aja. trims

  50. bg ane punya xiaomi redmi 2 pro .diflas karna ada masalah setalah ane cari faiwer buat xiaomi pro gak ada disitus resmi cuma ada xiaomi redmi 2 prime .setelah berhasil flas ada masalah baru masukan paswod akun mi ane udah coba puluhan kali tetap ngak bisa.ane cari digugel orang2 bodoh bilang untuk ,ganti paswot,reset data case,flas ulang,jagan konek gugel dulu,ada ngak solusinya bg ane pake yg stabil prime 2.
    tolong pencerahan bg kira2 download yang mana?

  51. kalo sudah di wipe chace, wipe user data. terus gagal install gimana? cant find update.zip katanya. filenya saya tarok di sd card jg ga bisa. terus gimana gan? ada solusi..ma kasih sebelumnya..

  52. gan saya mau downgrade fr miui 8 ke miui 6, saya udah berhasih instal update.zip, wipe cache & data, dan berhasil, tp pas saya reboot dan sudah masuk tp kok masih di miui 8 ya?

  53. terimakasih gan .. informasinya sangat bermanfaat. tadi saya salah pencet, masuk ke recovery mode dan ketika adpilihan bahasa (termasuk inggris), saya takut sekali masuk karena kuatir recovery dan proses wipe out xiaomi LANGSUNG terjadi. setelah melihat penjelasan di website ini, ternyata di dalamnya ada pilihan BOOT .. maka saya berani coba, dan sekarang xiaomi kesayangan sudah kembali normal .. salaaam

  54. Ijin gan. Saya pakai mi max 64gb
    Langka diatas sdh saya lakuin. Ketika sy mau mulai flashing dgn menekan tombol up dan pawer hpnya cuma getar dan keluar logo mi terus berulang2 walaupun sdh sy tekan sampai satu menit. Mohon pe081292276122ncarahan gan. Tks

  55. Ijin gan. Saya pakai mi max 64gb
    Langka diatas sdh saya lakuin. Ketika sy mau mulai flashing dgn menekan tombol up dan pawer hpnya cuma getar dan keluar logo mi terus berulang2 walaupun sdh sy tekan sampai satu menit. Mohon pencarahan gan. Tks

Leave a Reply