| by | Filed under PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Windows 10 merupakan OS yang paling sering mendapat pembaruan. Untuk itu bila kamu adalah pengguna Windows 10, maka update build/patch merupakan hal lumrah yang akan sering kamu jumpai di setiap bulan, bahkan setiap minggunya.

Untuk beberapa update Windows 10, ada yang berjalan lancar namun tidak sedikit pula ada update yang menimbulkan masalah ketika proses instalasinya selesai, khususnya pada keselarasan hardware perangkat komputer/laptop.

Dari beberapa masalah (meski jarang terjadi), ada satu yang umumnya dijumpai di hampir semua pengguna Windows 10 setelah update, yakni masalah pada Wireless Driver (WiFi) yang langsung tidak terdeteksi. Dan ini juga yang admin ikeni.net pernah jumpai seusai memperbarui Windows 10 ke Creator Update.

Gbr: Driver WiFi tidak terdeteksi

Masalah seperti ini berbeda dari yang sebelumnya pernah admin share (baca Network Name WiFi Hilang di WindowsKoneksi WiFi Limited di Windows), sebab di kasus ini yang terjadi adalah driver laptopnya yang tidak terbaca.

Permasalahan

Supaya kamu lebih paham dan agar pembahasan tidak melebar kemana-mana, lebih jelas mengenai pokok masalah ini ialah sebagai berikut

  • Driver WiFi tidak terbaca, dimana ini ditandai dengan tidak adanya logo WiFi yang tampil di tray icon network di sudut kanan taskbar (lihat gambar diatas)
  • Driver WiFi tidak terbaca terjadi setelah kamu menerima dan menginstal update build/patch Windows 10 (sebelum update WiFi baik-baik saja)
  • Bila di cek di Device Manager, driver Wireless Network Adapter sudah terdeteksi dengan benar oleh Windows. Hanya saja icon WiFi tidak muncul di tray icon network yang ada di sudut kanan taskbar
  • Sudah memastikan WiFi laptop dalam keadaan ON (baca Tips Dasar Mengaktifkan WiFi di Windows)
  • Sudah mencoba install ulang driver Wireless Network Adapter tapi hasinya nihil
  • Juga sudah coba melakukan update driver wireless adapter ke versi paling terbaru, tapi tetap nihil

Bila yang diterangkan seperti diatas mirip yang kamu alami, maka untuk mengatasinya kamu bisa melakukan cara seperti dibawah ini.

Mengatasi Driver WiFi Tidak Terdeteksi Setelah Update

Langkah ini memang terbilang sangat sederhana dan cukup konyol, namun berdasarkan pengalaman sendiri (yang tentunya sesuai seperti diterangkan pada pokok masalah diatas), ini cukup sukses untuk mengatasi masalah WiFi yang tidak terdeteksi setelah update di Windows 10.

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke Network Connection

    langkah cepat masuk ke Network Connection. Tekan tombol Windows Logo + R di keyboard > lalu pada windows run ketik ncpa.cpl > klik OK

  2. Pada halaman Network Connection, klik kanan WiFi adapter > Disable
  3. Kemudian klik kanan lagi WiFi adapter > Enable

Bila sukses, maka WiFi laptop akan kembali terbaca. Silahkan coba koneksikan untuk mencobanya dan selamat kembali ber-internetan ria

24 Responses to “Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi Setelah Update di Windows 10”

  1. gan mau nnya, untuk wifi sdh nongol tetapi ada tulisan di nama wifi saya no internet, secured itu bgmn gan cara mengatasi nya?
    mohon bantuannya gan

  2. makasih banyak yaaa, ternyata semudah itu hahahha liat tutorial yang bule bule malah ribet…yang ini gampang banget bahkan untuk org yang gak begitu paham komputer kayak aku…

  3. Gan, punyaku cma ada ethernet, kagak ada Wifi adapternya, trus gmana gan? Drivernya ilang?
    Mohon pencerahannya, Thanks….

Leave a Reply