| by | Filed under Apps & Games, Review.
Perbandingan Kakao Talk, Line, WhatsApp dan Wechat

Layanan instant messaging “berkirim pesan singkat” lintas platform mobile kini sedang banyak bermunculan, mulai dari aplikasi buatan Amerika hingga Cina. Aplikasi smartphone yang menunjang aktifitas ini mencoba memikat konsumen Indonesia tetapi untuk di Tanah Air ada empat aplikasi yang bersaing ketat diantaranya; Whatsapp, Kakao Talk, Line dan WeChat.

Beberapa layanan sejenis memang masih ada namun setidaknya dari keempat aplikasi inilah yang merajai Tanah Air. Masing-masing aplikasi menawarkan fitur keunggulan satu sama lain sehingga tidak hanya bertukar pesan semata namun dapat menikmati kelebihan yang ditawarkan.

Untuk mengetahui kelebihan & kekurangan empat layanan instant messaging; Kakao Talk, Line, WhatsApp dan WeChat, berikut rangkumannya.

1. Kakao Talk
Kakao Talk
Aplikasi asal Korea Selatan ini memiliki beberapa kelebihan selain fitur standar yang ditawarkan, seperti memungkinkan pengguna untuk nelpon gratis tanpa batas secara bersamaan berbasis VoIP serta membuat group chat sesama akun dengan jumlah banyak. Sedangkan dari kekurangan yaitu ada pada fitur yang ditawarkan cukup tanggung “tidak sedikit tapi tidak banyak juga,” selain itu sticker dan emoticon juga kurang ekspresif meski bisa dijajal selama 90 sebelum dibeli. Platform: iOS, Android dan BlackBerry.

2. Line
apps-line
Kelebihan Line yaitu pengguna tak hanya sekedar bertukar pesan tertulis dan juga sticker animasi. Namun pada kenyataannya pengguna bisa menelpon kesesama anggota Line dengan berbasis VoiP dan dapat beralih ke PC. Selain itu yang tak kalah penting, pengguna Line bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Sedangkan dari segi kekurangan, pengguna bisa dengan mudah meng-add akun, tanpa perlu di-approve dengan kata lain ‘akun yang tidak dikenal atau tidak diinginkan muncul dengan tiba-tiba,’ walau bisa diblok. Platform: iOS, Android dan BlackBerry.

3. WhatsApp
apps-whatsapp
WhatsApp coba mencuri perhatian kalangan pengguna BlackBerry Messenger (BBM) dengan kelebihan yang dimiliki meski secara dasar tidak jauh berbeda. Hanya saja, fitur standarnya bisa lintas smartphone dan hubungan antarmuka pengguna sehingga bisa dengan mudah digunakan. WhatsApp memiliki kekurangan di tengah persaingan sekarang ini serta terkadang harus membayar untuk jangka waktu tertentu. Platform: Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone.

4. WeChat
apps-wechat
Layanan asal Cina sudah memiliki fitur standart seperti berbagi pesan, VoiP dan emoticon, akan tetapi kelebihan WeChat yang paling menarik yaitu pada fitur Look Around dan switch ke PC yang mudah, karen pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC. Sedangkan dari segi kekurangan ada pada ikon bergerak WeChat yang kurang berasa dari segi karakter dan ekspresi.

Kesimpulan

  • Fitur pesan, VoIP dan gambar hampir semua ada, akan tetapi WhatsApp tak bisa melakukan panggilan berbasis internet. Untuk soal jernih – tidaknya atau kelancaran, semua tergantung jaringan.
  • Untuk Emoticon atau Sticker menjadi strategi yang baik untuk Kakao Talk karena memiliki dulu sebelum banyar sedangkan WeChat mempunyai katalog emoticon kurang menarik. Kecuali WhatsApp, pengguna bisa soal saling bertukar sticker dan emoticon.
  • WeChat dan Line jelas lebih menarik berkat fitur switch ke PC, meski WeChat-lah yang terbaik karena pengguna tidak perlu mendownload aplikasi native di PC. Cukup dengan scan Barcode.

One Response to “Perbandingan Kakao Talk, Line, WhatsApp & WeChat ‘Kelebihan dan Kekurangan’”

Leave a Reply