| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Kasus sinyal hilang (no signal) bisa dibilang masalah classic yang biasa dijumpai pada Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi 2 Prime. Umumnya masalah seperti itu terjadi setelah pengguna baru saja melakukan Update MIUI ke versi yang lebih tinggi ataupun ketika sehabis ganti ROM MIUI dari China version ke Global version agar perangkat Xiaomi Support Bahasa Indonesia.

Permasalahan sinyal hilang tersebut sebenarnya terjadi hanya dibeberapa type saja. Di Xiaomi Redmi 2 atau Redmi 2 Prime, hanya dengan model produk 2014811 dan 2014813 saja yang sering mengalami masalah seperti itu.

Masalah sinyal hilang yang kerep melanda di beberapa type Xiaomi Redmi 2/Prime karena kasus seperti yang disebutkan diatas memang sangat menakutkan bila dijumpai. Tapi untungnya, masalah itu masih bisa diperbaiki dengan mudah, salah satunya dengan cara melakukan Flashing Modem NON-HLOS ke perangkat Xiaomi seperti dibawah ini.

Cara memperbaiki sinyal hilang di Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 2 Prime dibawah sangatlah mudah, karena prosesnya yang bisa dilakukan secara langsung lewat perangkat smartphone.

Persiapan yang Dibuthkan: Download file Modem NON-HLOS

Pertama silahkan download salah satu Modem NON-HLOS yang sesuai dengan model perangkatmu dibawah ini:

Model Produk pada Xiaomi Redmi 2/Prime bisa kamu ketahui dengan cara melihat keterangan yang tertera di dushbox atau pada informasi yang tertera di body belakang (tempat baterai) perangkat.

Xiaomi Redmi 2 Prime 2014813

Install Modem NON-HLOS lewat Mi Recovery, CWM atau TWRP

Simpan file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download ke memori internal perangkat. Dan ubah nama filenya menjadi update.zip untuk kamu yang ingin melakukan flashing lewat Mi Recovery. (nama tidak harus diubah jika kamu melakukan flashing lewat custom recovery CWM/TWR).

Sebagai contoh disini dilakukan flashing lewat Mi Recovery:

  1. Pastikan file Modem NON-HLOS sudah di ubah namanya menjadi update.zip dan telah disimpan di memori internal perangkat.
  2. Matikan (turn-off) perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime, dan pastikan juga daya baterainya mencukupi (amannya minimal 50%).
  3. Perangkat dalam keadaan turn-off, Silahkan masuk ke Mi Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume up(+)” dan “Power” secara bersamaan hingga menu Recovery muncul dilayar.
  4. Dihalam pertama modus Recovery, pilih “English” untuk memilih bahasa .

    Di mode Recovery gunakan tombol “Volume Up(+)” dan “Volume Down(-)” untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksesuki menu yang dipilih.

  5. Berikutnya, pilih menu “Install Update.Zip to System” (Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai.
    Xiaomi Redmi 2 Prime Wipe
  6. Setelah proses selesai, pilih “Back” untuk kembali helaman main menu. Lalu pilih menu “Reboot > Reboot to System One (latest)” untuk menyalakan kembali perangkat secara normal.

Setelah menyala, sampai disini sinyal untuk kedua simcard (sim1 dan sim2) seharusnya sudah bisa muncul dan normal kembali. Tapi apabila masih belum juga berhasil, coba lakukan Wipe lewat mode recovery dengan memilih Wipe & Reset > pilih Wipe Chache dan Wipe user Data (ingat proses wipe hanya opsional saja).

Install Modem NON-HLOS juga Bisa Lewat Aplikasi Updater

Selain lewat recovery, file Modem NON-HLOS juga bisa di install langsung lewat aplikasi updater dengan cara seperti berikut:

  1. Buka aplikasi “Updater/Pembaruan”.
  2. Berikutnya tap “icon tiga titik” yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih menu “Select Update Package/Pilih Paket Pembaruan”.
    Xiaomi MIUI Updater
  3. Cari dan pilih file Modem NON-HLOS yang sudah kamu download sebelumnya
  4. Proses install akan dimulai, tunggu dan ikuti saja proses yang sedang berlangsung.

Sampai disini bila semuanya berjalan lancer, maka sinyal yang tadinya hilang di perangkat Xiaomi Redmi 2/Prime (model produk 2014811 atau 2014813) akan normal dan muncul kembali.

Note: Kedua proses diatas sudah pernah berhasil diterapkan pada Xiaomi Redmi 2 Prime mode 2014813 dengan ROM Stable Global MIUI7 (V7.1.3.0) based on Android Kitkat 4.4.4.

205 Responses to “Mengatasi Sinyal Hilang di Xiaomi Redmi 2/Prime (Karena Habis Update atau Ganti ROM)”

  1. menambahkan yg terlewat,

    saya sudah mencoba hal yg telah dishare diatas, namun ketika redmi 2 disambungkan ke komputer, dia tidak terbaca baik memori internal maupun eksternalnya (menggunakan kabel data)..
    tks

  2. Gan sori kan aku pake redmi note3g sm hilamg sinyal jg tp nyari file modem lunya nya si redmi note 3g dimana..mohon di bales trima kasih

    • Kalo redmi note3g saya belum tau tapi untuk modemnya pasti ada di rom yang kompatibel dengan device nya, kalo tidak ada rom yang kompatibel di website global coba cari di website cina http://www.miui.com. Atau mungkin itu hanya bug saja ,coba dulu dengan cara reboot atau clear cache

  3. saya uda berhasil nyoba, tapi setiap buka lockscreen pas mau muncul menunya, pasti balik lagi ke lockscreen. jadi menunya gamau muncul dan selalu keulang gitu. trus saya mau coba reset pake volume up ama power button, tapi munculnya bhs china gatau apa artinya, bukan yg sperti biasanya (yang seharusnya pilih bahasa, dll). gimana ini mas?

    • reset pake volume up ama power button, tapi munculnya bhs china,
      Agan cari kotak yang ada tulisan recovery nya hurufnya kecil di antara tulisan cina, kalo gak salah di kotak sebelah kanan paling bawah

  4. pnya saya sinyal nya d 3g trus, klo pske stelan *#*#4636#*#* pae LTE ONLy sinyal nya nggk ada, tapi pake LTE/WCDMA ada tapi jaringan 3g trus pdhl krtu udh support 4g, gmna ya? pnya saya redmi 2 blkng nya 12

  5. Hp saya redmi 2 prime , yg versi 13 , saya udah coba cara di atas , tapi pas udah download file , trus q ganti file nya dengan nama update.zip gak bisa , pemberitahuannya nama file sudah ad , gitu , trus gimana bang ? Tolong beritahu solusinya, makasih pak.

  6. Gan ane pake xiaomi redmi 2 masih baru ,tapi untuk data seluler nya pas di aktifkan tidak muncul tampilan H+ Nya itu problem nya di mna ya gan?.

    Mohon infonya

  7. Saya sudah berhasil dengan cara d atas dengan redmi 2 MIUI 8 tpi malah hpX terkunci sendiri.. kalau sudah buka kuncinya.. terkunci kembali

    Mohon pencerahannya

  8. kalo pengalaman saya untuk ekor 13 …..cara flasingnya pake rom 7.1.3.0 flasing lewat twrp,setelah itu flasing juga file signyal dari agan yg di atas…..1000000% berhasil dan tidak ada masala…..klo masi bingung ini nomor saya 085298000966/085657333623……nanti saya bantu

  9. Mas saya udah ikutin tutorial dua-duanya tapi kok masih gak bisa ya Mas. Udah berhasil semua tapi sinyal masih gak mau muncul .hape Saya redmi 2 prime yang ekornya 13 versi kitkat
    Mohon pencerahan nya gan

  10. terimakasih banyak info ny bro/sist, redmi 2 (MIUI 8.0.7.0 lolipop) berhasil di flash. kendala awal hilang jaringan sehabis di upgrade.

  11. Gan saya sudah pake tutorial ini tapi lockscreen nya gabisa kebuka. Terus saya engga bisa masuk lewat recovery . Gimana dong.. tolong gan bales nanya yah.. saya pake ekor 13

Leave a Reply