| by | Filed under Apps & Games, Console, Tips & Tutorial.

Counter Strike Online

Siapa tidak kenal dengan Counter Strike atau biasa disingkan CS? game FPS (First Person Shooter) satu ini memang menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan hingga kini. Nah bagi yang menginginkan pengalaman permainan tingkat tinggi dengan banyak orang, para gamers sejati bisa menjajal versi Counter Strike Online (CSO) Indonesia persembahan dari Megaxus.

Perlu diketahui dulu, Counter Strike Online sendiri merupakan game bergendre MMOFPS (Massively Multiplayer Online First Person Shooter) yang dibuat oleh Nexon dari Korea Selatan dan Valve dari Amerika Serikat lalu kemudian dilisensi oleh PT Megaxus Infotech di Indonesia.

Ok bagi yang sudah tidak sabar pengen download dan install kemudian memainkan Counter Strike Online, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Spesifikasi Minimum PC
Sebelum mendownload dan menginstall CSO, silahkan perhatikan dulu spesifikasi PC/Laptop anda apakah sudah memenuhi kebutuhan hardware.

Low Recommended
OS XP XP
CPU Pentium 3 – 1 GHz Pentium 4 – 1,6 GHz
RAM 256 MB 1 GB
VIDEO CARD Riva TNT2 GE Force 4 S or more
HDD SPACE 1 GB 1,5 GB
DIRECTX DirectX 9.0c DirecetX 9.0c

Oh ya jangan lupa pastikan juga saat mendownload maupun memainkan CSO, siapkan koneksi Internet stabil yah agar semuanya lancar.

Cara Download CSO

  1. Nonaktifkan sementara Antivirus maupun aplikasi Firewall di PC/Laptop anda.
  2. Silahkan kunjungi http://cso.megaxus.com/v1/page/download.
  3. Download file yang dibutuhkan seperti

    Full Client CSO
    Ini dibutuhkan sebagai file installer clien untuk di install dan dimainkan pada PC/Laptop anda.
    Download CSO Full Client
    Keterangan:
    Pilih salah satu yang ingin didownload.

    • Jika mempunyai koneksi Internet stabil, cukup download saja installer full cilent yang hanya dalam 1 file .exe (saat artikel ini ditulis ukurannya filenya berkisar 1.5 GB).
    • Jika koneksi Internet lagi tidak stabil, download semua file installer client dalam bentuk part .rar (nantinya setelah didownload, semua part harus di extract lalu digabungkan dalam satu file).

    Sebagai catatan saja, jika tidak kuat mendownload, file installer full client CSO juga dapat diperoleh di toko-toko game terdekat diwilayah anda.

    Manual Patch
    Manual Patch ini sangat dibutuhkan agar nantinya dapat memperkecil proses update secara online ketika anda pertama kali memainkan game CSO.
    Download CSO Manual Patch
    Agar lebih mudah, disarankan untuk download saja manual patch yang dalam 1 file (saat artikel ini ditulis, ukuran filenya berkisar 493 MB).

Install Full Client & Manual Patch CSO

  1. Pertama-tama, Install terlebih dahulu Full Client CSO

    Keterangan:

    • Jika anda memperoleh Installer dari cara mendownload full client dalam 1 file, atau membeli CD/DVD nya, langsung jalankan saja file installer (CSO Installer Full IDN) terlebih dahulu.
    • Jika mendownload Installer dalam bentuk part file, silahkan satukan semuan filenya terlebih dahulu dalam satu folder. Kemudian setelah itu extract part01.rar misalnya (CSO_Installer_Full_IDN_131023.part01.rar) difolder yang sama, lalu silahkan jalankan.

    Dalam proses instalasi, pilih “Browse” jika ingin mengubah direktori / folder tempat Counter-Strike Online akan di instlall atau biarkan saja default, dan tekan “Install” untuk melanjutkan. Berikutnya silahkan ikuti saja petunjuk instalasi.

  2. Berikutnya untuk mempermudah agar tidak kesusahan melakukan update online, Install lagi Manual Patch CSO.

Memainkan Counter Strike Online

  1. Pastikan PC/Laptop dalam keadaan terhubung dengan Internet.
  2. Jalankan Counter Strike Online dengan cara mengakses menu “Start Menu > Programs > Megaxus > Counter-Strike Online” di PC/Laptop.
  3. Saat pertama kali dijalankan, Counter Strike Online akan mencoba melakukan update otomatis. Nah disinilah gunanya Manual Patch yang sudah didownload dan di install sebelumnya agar proses update otomatis ini dapat berjalan lebih cepat.
  4. Setelah proses update selesai, klik tombol “Game Start”.
    CSO Game Start
  5. Selanjutnya isi form Login menggunakan Account Megaxus ID anda. Jika belum punya akun silahkan daftar dulu yang caranya dapat dilihat diartikel Cara Daftar Game Online di Megaxus.
    CSO Login
  6. Jika anda belum mempunyai Nicname, maka akan disuruh membuatnya terlebih dahulu. Untuk itu silahkan buat saja.
    CSO Nickname
    Sebagai catatan, Nickname berbeda dengan Username/Megaxus ID. Nickname sendiri merupakan nama akun yang akan ditampilkan saat bermain game.
  7. Jika muncul halaman semacam news atau halaman selamat datang, silahkan “Close” atau “Ok” untuk menutupnya.
  8. Pada bagian “Server list“, silahkan tentukan Server permainan untuk memainkan game. Sebagai pemain baru maka untuk belajar pilih saja Newbie Server dengan cara double click.
    CSO Server List
  9. Selanjutnya, pilih lagi salah satu “Channel list” server dengan double click juga channelnya.
  10. Berikutnya akan ditampilkan “Games list” yang sedang dimainkan oleh orang, pilih salah satunya lalu klik “Join Game”. Disini juga anda bisa membuat game sendiri dengan cara mengklik “Create Game”.
    CSO Game List

Ok sampai disni tutorial Counter Strike Online (CSO) Indonesia ini rasanya sudah cukup lengkap, namun demikian bila masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tuangkan melalui kotak komentar.

11 Responses to “Download & Cara Install Counter Strike Online (CSO)”

  1. This will make your account will be the one responsible for its success.
    FlyVPN highly recommended If you want to play LOL Korean account game servers as photo.
    So there is a 247 connected computer to read data and transmit large amounts of data transferGame servers are servers dedicated servers
    and dedicated servers. Finding cheap game server to host and play against
    the source of the Counter Strike: Source servers are very intensive bandwidth.

  2. Gan ane kan dah masuk Megaxus ada yang Manual Patch ada juga yang All-In-one
    saya terus pilih yang mana ya min?

Leave a Reply