| by | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Google Play Store

Alasan mengapa Xiaomi tidak menyediakan Google Play Store di beberapa handphone Android buatannya ialah karena pabrikan asal Tiongkok tersebut telah mempunyai bursa aplikasi milik sendiri yakni Mi store yang secara default telah ditanamkan ke sejumlah hp rancangannya.

Terus bagaimana cara menginstal Google Play Store misalnya seperti pada HP Xiaomi Mi4, Mi3, Redmi 1S, Redmi Note, atau di model lainnya, jika anda ternyata tidak menyukai bursa aplikasi default milik Xiaomi tersebut? Jelasnya ada dua metode yang dapat dilakukan. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat seperti dibawah ini.

Cara 1: Menginstal Play Store melalui Google Installer

Anda dapat menginstall Google Play Store dengan memanfaatkan aplikasi Google Installer yang dapat didownload langsung melalui Mi store.

  1. Pada hp anda, buka Mi store. Setelah terbuka mungkin anda disuruh login, jadi silahkan login menggunakan Xiaomi Account, atau jika belum punya maka buat dulu Account nya langsung didalam bursa aplikasi tersebut.
  2. Setelah masuk di halaman Mi Store, cari aplikasi dengan nama Google atau lebih lengkap ketik saja dikotak pencariannya “Google Installer”. Kalau sudah ketemu, silahkan di install.
    Mi store Google Installer
    Keterangan:
    Jika tulisannya bahasa China, tandai saja Google Installer yang icon nya berlogo merah seperti gambar diatas. Dan ingat saat menginstallnya mungkin akan disuruh juga untuk memasang Google Framework services. Jadi di Yes saja agar keduanya ikut terinstal.
  3. Setalah terinstal, akan tampak sebuah icon Google Installer di home screen hp anda. Nah dari sini anda hanya perlu menjalankan aplikasi Google Installer tersebut untuk menemukan dan menginstal “Google Play Store”.
    Google Play Store Xiaomi Redmi 1S

Cara 2: Menginstal Google Play Store menggunakan file apk

Selain cara diatas, anda juga dapat memasang Google Play Store dengan cara menginstalnya melalui file installer apk, caranya seperti berikut.

  1. Pada hp Xiaomi anda, masuk ke meu “Settings > Security” lalu non aktifkan pilihan “Unknown source”.
    Unknown source Xiaomi
  2. Download file apk Google Play Store versi terbaru disini, lalu simpan filenya di memori eksternal hp anda.
  3. Lakukan instalasi dengan cara tap/sentuh file apk Google Play Store yang telah didownload tersebut.

NB: Google Play Store umumnya tidak tersedia pada hp Xiaomi yang dibeli dari toko-toko China. Namun dalam beberapa kasus, untuk tipe yang secara resmi dibeli dari hasil jalur import resmi pemerintah Indonesia, maka Play Store biasanya sudah terinstal didalamnya.

59 Responses to “Install Google Play Store di Xiaomi? Ini Cara mudahnya!”

  1. gan, xiaomi redmi 1s yang sy beli sudah ter-instal play storenya, sebelum digunakan harus masukin gmail dulu kan,, nah ini udah sy masukin gmailnya tapi gagal terus,
    pesan error-nya :
    can’t establish a reliable connection to the server.
    this could be a temporary problem or your android device may not be provisioned for data services.

    untuk jaringan tidak masalah, wifinya lancar, sy cb pake browser-nya lancar,
    tapi utk yg kaitan sm app google tidak bisa dipakai,, gimana ya?

      • coba utak atik mas.. saya prtmanya gitu.. saya make hape xiaomi note.. caranya masukin kartu internet mas d slot yg ada ukiran lte nya.. nah trus setting internya sim1.. yg sim 2 yg d bawah external memory.. jngan kebalik

    • mas ini kasusnya sama sama saya muncul pesan error can’t establish a reliable connection to the server.
      this could be a temporary problem or your android device may not be provisioned for data services.
      solusinya bagaimana ya. makih

    • Yang nggak ada Play Store nya itu khusus untuk ponsel Xioami yang menggunakan ROM MIUI versi China. Tapi kalau yang udah make ROM versi global udah ada play store didalamnya.

  2. hp sya sdh ada play store trs tk isi email,pasword,trs mncul bbm,,q klik pasang,lalu btas waktu kneksi hbis,,lalu q bka play store lgi mlh mncul tlisan tukarkan,setelan,bantuan ma ttg google,,itu gmna ya sknjutnya,,??

  3. gan. Ane bene2 bingung. Begini cerita awal mulanya. Ane beli redmi note 4g 2sim lalu udah dikasi nih apk google playstore dan macem2 oleh pihak penjual hp.. Lalu aku pakai bisa semua google play mau mendeteksi lalu ada teman sy kameranya kok lebih bagus dan lebih canggih fiturnya, lalu dibantu oleh beliau untuk update versi OS nya download dari internet. Setelah itu direset & diupgdate.. Nah setelah itu google play ndak mau buka sama sekali. Dan ak lihat di situsnya agan untuk download., sudah sy coba & instal tapi kok tetep blom bisa dibuka ya? Mohon bantuannya gan, bener2 bingung ane. Terima kasih ya gan.

    • saya juga mengalami itu, saya pernah baca hal itu karena ROm yang di instal adalah rom yang ada huruf c di tengahnya berarti itu versi cina: Version: V6.6.4.0.KHKCNCF (MIUI6), nah kalau versi cina memang tidak aktif Google nya di penguturan akun kita. Katanya suruh ganti ROM global gitu, padahal rom terbaru untuk redmi note 4g ya terbaru ya yang ini: V6.6.4.0.KHKCNCF (MIUI6) (yang ada huruh c nya alias CINA versi)

  4. gan saya beli redmi note 4g semua normal tapi mau masuk ke setting – mi account selalu ngga bisa dan mau masuk ke mi could juga sama padahal sudah registrasi kalo pakai pc bisa tapi di hp nya ngga bisa? tolong bantuin

    • Sama gan saia jg ng bisa donwload google play gamesbyg baru ..kata.a d negara andabtdk tersedia ..mohon petunjuk.a gan ..

  5. gan kok udah di download playstore sesuai petunjuk no 2 setelah di intsall dan udah selesai tpi mau buka playsore nya kok gk bisa ya?

  6. Gan ceritanya ane udh masang playstore di ini hh tpi pas mau ngedonlod app/game dll di playstroe nya selalu ada tulisan “tidak dapat di unduh karena kesalahan ( kesalahan saat mengambil informasi dati servrr) . solusinya dong?

  7. Gan,tolng donggggg… Saya ga bisa dwnlad via playstre . udh di cba terus ttp aja loadingg ga siap2,bisanya pake muimarket. Jd saya ga bisa pke app pke akun gogle

  8. kak.. hp xiaomi ku jg punya masalah serupa.. rom nya versi china.. tp masih takut Buat ubah yg versi global.. ada efek sampingnya gk kalo gagal? soalnya repot banget ga bisa download app dari playstore.. kalo bisa minta kontak kakak dong biar enak nanya” nya.. #needhelp

  9. krn bbrapa hal,aq factory reset redmi note ku
    dan kayaknya auto update ke versi 4.4.4 KTU84P
    ini playstore nya ga ada
    udah coba download apk via PC dan sdh berhasil install
    tapi waktu di buka,ga bisa
    kyk force closed gitu
    ada solusi kah?

  10. Mau tnya dong..Klo mau log in account xiaomi di hp xiaomi redmi note 4g tu lwat aplikasi apa
    Kok aku bgung ya mlhan ..di bgian setting >xiaomi account gk bsa dibuka

  11. gan, ni saya pernah denger kalo mi note 4g dual sim kebanyakan langsung impor dari china, jadi Kalo ada update miui 7 itu say coba sebelume normal semua, setelh say update yg stable miui 7 jg malah playstore gabisa dibuka, ktnya china melarang apliksi playstore, jadi Saya solusinya gmn gan biar bisa buka playstore?

  12. Gan, mau numpang nanya, saya pake mipad tp ga ada Google play nya, di mi marketnya jg gak ada, lalu sy install sendiri dr forum2 di google, play storenya ga bs fungsi, …apa ada teman2 yg bs bantu saya? Tks

  13. Min gw pakek redmi note 4g udah diinstall google play storenya tapi setiap di buka keluar terus.
    Mohon solusinya.
    Kalo gak bisa nyesel dah gw beli xiaomi

  14. Kalo aku masalahnya itu seperti kalo pemasukan koneksinya lewat gps gk bisa. Alasannya playstore telah berakhir..tapi slain gps itu bisa bisa aja..jadi ada yg kurang -_- bekas kena reset pabrik ahk

    • Kalau seperti itu, Coba lakukan celar data pada Google Play Store dan Google Service Framework.

      Caranya:

      Masuk ke “Setting > Applications > Manage Applications”. Dari situ, pilih “All” tab.
      Cari “Google Play Store” dan tekan tombol “Celar Cache”, setelah itu paksa berhenti dengan menekan tombol “Force Stop”. (Lakukan hal sama pada Google Service Framework).

      Setelah clear data, buka kembali Google Play Store, maka pesan kesalahan akan muncul.
      Disini kamu tinggal reboot perangkat saja. Setelah reboot, coba jalankan lagi Google Play Store, dan harusnya masalah sudah terselesaikan

      Tambahan:
      Untuk pasang Google Play Store juga bisa kalu lakukan dengan cara seperti yang saya share disini
      http://www.ikeni.net/install-google-apps-di-xiaomi-menggunakan-google-installer-1986/

  15. Gan saya sudah ikutin semua petunjuk yang disuruh tetapi google play nya tetap gak bisa kebuka.
    kenapa ya gan ?

    ketika sudah instal, mw masukin username dan password email tp malah muncul
    parse error
    there was a problem parsing the package

    mohon pencerahannya gan, kamsia, xie-xie, thank you, terima kasih.

    • Terimakasih banyak mas berkat info nya, saya ikutin cara nya akhirnya bisa ke instal lagi
      Caranya pun mudah dipahami dan nggak ribet sekali lagi makasih banyak mas

  16. Mas, ada masalah dgn xiaomi redmi 3 ku, misc filenya membengkak mpe 7 gb. Pdhl aplikasi cuman 3gb saja. Sangat mengganggu, makin lama makin meningkat misc filenya, akhirnya aplikasi di xiaomi satu per satu kuhapus supaya aplikasi yg lain bisa jalan, temenku menyarankan factory reset saja.
    Nah klo buat factory reset apakah google playstore di dalamnya ikut hilang?
    Dan apakah garansi xiaomi juga jdi tidak berlaku lagi karenanya?
    Mohon bimbingannya.

  17. gan, xiaomi saya mi4i. tiba2 google play store nya hilang. mau instal dari mi store (tapi mi store belum terinstal di xiaomi saya).
    ada saran gan? skrg google play dan you tube tidak bisa di buka karna play store nya gak bisa di proses.

  18. Gan mau nanya dong gw baru beli hp xiaomi redmi note 4 uda ada sih playstore nya tapi ada beberapa aplikasi yg gk bisa di download kyk coc, line dll keterangan nya aplk tsbt tdk tersedia di negara anda gmn ya gan biar aplikasi tsbt bisa di download?

  19. Gan, saya mau tanya.. saya sudah ada google play store nya, cuma default download nya selalu ke mi apps itu, bukan ke google play store.. gimana ya cara gantinya supaya default ke google play store?
    Thankyou gan!

Leave a Reply