| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Ponsel BM

Memiliki handphone dengan kualitas terbaik memang sudah menjadi dambaan bagi setiap orang, namun karena semakin banyaknya hp dengan status black market atau palsu, tentu akan menimbulkan tanya apakah handphone yang kita miliki saat ini asli atau tidak.

Guna memastikan apakah handphone yang dimiliki saat ini palsu atau tidak, untuk itu tidak ada salahnya memastikan keasliannya dengan cara mengecek IMEI baik untuk handphone dengan vendor Nokia, Samsung, LG, dan sebagainya.

Cek Keaslian Handphone Dengan IMEI

Tahap Pertama:

  1. Dalam keadaan handphone menyala, akses halaman panggilan lalu ketik *#06#, Nanti otomatis nomor IMEI akan ditampilkan yang biasanya berjumlah 15 digit, silahkan diingat atau perlu dicatat.
    Cek Kode IMEI HP
  2. Turn off/Matikan lalu buka tutup belakang handphone dan copot baterai, setelah itu lihat kode IMEI yang ada dibalik hanpdhone.
    Kode IMEI Handphone
  3. Samakan kode IMEI yang telah dicatat pada langkah satu dengan yang ada di belakang handphone. Jika kode IMEI berbeda berarti handphone merupakan hasil dari modifikasi dan palus. Namun jika sama maka lanjutkan lagi ketahap kedua seperti dibawah ini.

Tahap Kedua:

IMEI merupakan singkatan dari The International Mobile Station Equipment Identity, yang berarti merupakan identitas dari setiap perangkat yang dirilis oleh vendornya. Untuk memastikan bahwa kode IMEI memang resmi terdaftar di vendor pembuatnya atau tidak, maka ikuti langkah berikut ini.

  1. Pastikan mengingat kode IMEI seperti pada langkah pertama diatas yaitu dengan cara mengakses halaman panggilan lalu ketik *#06#.
  2. Buka situs http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr.
  3. Pada halaman situs itu, masukkan kode IMEI pada input textbox yang ada dibawah tulisan “Enter IMEI number below”, lalu klik tombol “analyse”.
  4. Jika nomor IMEI yang dimasukkan benar, akan muncul sejumlah informasi mengenai Vendor, Type dan informasi lain mengenai handphone. Untuk itu silahkan disesuaikan saja informasi tersebut dengan data-data yang ada di handphone apakah benar atau tidak.
    Cek IMEI HP Asli atau Palsu
    Catatan:
    Jika saat mengecek IMEI dan muncul informasi seperti dibawah ini.

    “Note: This IMEI number seems to be correct, but we do not have any information on this specific handset. Please add the missing information below.”

    Jangan khawatir, itu tandanya kode IMEI masih dianggap asli hanya saja informasi mengenai handphonenya belum terdata.

Kedua cara mengecek keaslian handphone dengan menggunakan IMEI diatas merupakan salah satu dari sekian banyak solusi untuk mengetahui apakah handphone asli atau palsu sekaligus mewanti-wanti jika suatu saat Aturan Blokir IMEI telah diberlakukan di Indonesia.

Oh ya satu lagi, untuk pengguna smartphone iPhone, ada cara lain untuk membedakan asli atau tidak, lebih jelasnya bisa dilihat pada artikel 5 Kiat Mudah Membedakan iPhone Asli dan Palsu.

41 Responses to “Cara Cek IMEI Handphone Asli atau Palsu”

    • Maaf baru bisa balas commentnya.
      Setahuku LG bisa juga tuh menggunakan kode *#06#
      Tapi ngga tau juga untuk tipe2 tertentu LG. mungkin aja ada yang nggak bisa.

  1. Hp gue nokia 5130 xpress musik Kalau kode imei gue seperti ini 12345610654321? gimana gan itu palsu apa gk

  2. Hp saya cek sony xperia m http://www.numberingplans.com

    tapi yg muncul : This IMEI number seems to be correct, but we do not have any information on this specific handset. Please add the missing information below.

    Kenapa ya ga muncul keterangan seperti saya cek di blackberry 9810 keluar keteranagn sejelasnya apa hp saya Asli atau tidak

  3. Kenapa HP saya imei nya cuma satu ,padahal dual sim. Hp ni loh ,A7 2016. Mohon penjelasan ,hp saya ori apa tidak ?

  4. Gan, mau nanya,
    HH ane dual sim, trus nomor IMEI 1 dan IMEI 2 sama,
    apakah itu gak apa2, atau akan bermasalah pada kedua sim card ???
    mohon di reply !

  5. Gan minta pencerahannya…ane coba cek imei lewat situs di atas tapi kalo di analisys imei nya menunjukin tye modelnya beda sama di CPU Z atau antutu gimana nih???
    ane pake S5Lte A kalo di CPUZ dan antutu type model nunjukin model SM G900f tapi dilihat di situs imei modelnya 906S mana yang benarrr ya???

Leave a Reply