| by | Filed under Apps & Games, Tips & Tutorial.

bbm

Koneksi data seluler telah aktif di Android, dan sejumlah aplikasi sudah dapat terhubung ke jaringan internet, tapi kenapa hanya BlackBerry Messenger (BBM) saja yang tidak bisa terkoneksi atau tidak dapat dipakai untuk kirim dan terima pesan? BBM dapat berjalan normal hanya jika menggunakan jaringan WiFi, mengapa demikian?.

Yah, itulah pertanyaan bagi sejumlah pengguna Android yang mendapatkan pesan “Tidak Ditemukan Koneksi”, atau bisa juga tampilnya sebuah informasi berupa “Pengaturan BBM” disertai gambar loading yang secara terus menerus berputar saat aplikasi BBM coba dijalankan.

Selain itu walau ada yang masih dapat membuka aplikasi BBM, namun terkadang saat mencoba mengirim pesan, maka akan selalu muncul icon jam berwarna merah disampingnya yang menandakan bahwa pesan sedang dalam keadaan pending (belum terkirim).

Mengatasi BBM Android Tidak Terkoneksi Internet dan Pesan Selalu Pending

Penyebab

Banyak faktor menjadi penyebab, salah satunya ialah masalah penggunaan proxy. Jelasnya dalam kasus tertentu, BBM terkadang tidak mendukung dengan penggunaa proxy pada settingan APN yang digunakan oleh beberapa operator seluler, sehingga jika setting proxy tersebut diaktifkan di Android, maka otomatis BBM juga akan menjadi ngandat.

Solusi

Untuk mengatasi masalah BBM yang tidak dapat menemukan koneksi internet atau pesan yang dikirim selalu pending, bisa dilakukan dengan cara mengedit dan menghapus proxy yang ada di settingan APN Android.

Namun untuk menjaga keasliannya, baiknya APN yang sudah ada tidak perlu di edit, tapi buat saja APN baru untuk dipakai. Cara membuatnya pun cukup gampang, lengkapn berikut contoh seperti yang dilakukan pada Samsung galaxy S3 Mini.

  1. Diskonek sementara jaringan data seluler (internet).
  2. Buka “Pengaturan > Nirkabel dan Jaringan > Jaringan seluler > Nama Poin Akses > APN Baru”. Atau versi inggrisnya “Setting > Wireless & Network > Mobile Network > Access Point Name > New APN”.
    Setting Access Point Name Android

    • Masukkan kode APN sesuai dengan jenis operator yang dipakai, (lihat daftar kode APN disini).
    • Ingat pada pengisian Proxy dan Port, biarkan saja kosong!
  3. Setelah pengisian APN sudah lengkap, simpan hasilnya lalu silahkan gunakan (aktifkan) APN yang baru saja dibuat tersebut.
  4. Koneksikan kembali jaringan data seluler, lalu coba lihat hasilnya.

Pada bagian pengisian Nama/Profile Name diatas silahkan diberi nama apapun (bebas), namun untuk pengisian APN, Nama Pengguna/Username, dan Kata Sandi/Password tidak boleh salah/harus sesuai dengan jenis operator seluler yang dipakai.

40 Responses to “BBM di Android Tidak Konek Internet atau Pesan Selalu Pending”

  1. Sama,mpunyaku juga kyk gitu . Bbm nya susah terhubung , Menyambungkan trus , PM nya jarang keluar . Chat susah masuk . Blsi bbm e gag bisa / gagal . Knpa ya ? Kuota masih 4gb . Solusinya gimana ? Udh pkk cara yg buat APN baru tetp gak bisa

    • mau nanya kok saya udh coba kok tetep gak bisa chat’an gak bisa trus pm gk masuk masuk , tolong dong minta solusinya

  2. Terima kasih banyak informasinya, saya pikir hp saya yg error karena pake Telkomsel bisa bbm tapi pake IM3 ga bisa connect ternyata cukup bikin apn baru aja toh habis itu langsung bisa connect. Sukses selalu selalu buat website ini! ^^

  3. Aku hp nya Polytron w7531 pengaturan nya beda banget sama samsung yg contoh diatas tolong kasih tau ya cara kalo di hp polytron gimana.makasih

  4. Many thanks indeed for ikeni.net! Saya windra, crew dari perusahaan kapal pesiar swasta USA. Banyaknya tempat yang dikunjungi di seluruh dunia buat saya harus ganti-ganti simcard lokal yang aktif di negara tertentu. Untuk kasus ini saya sedang berada di Tenerife Spanyol, operator yang saya gunakan adalah Mundo/Orange. Awalnya BBM tidak aktif, tapi setelah mengikuti petunjuknya yang jelas, sekarang terhubung dan buat saya bisa kembali berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di Indonesia. Again, thanks ikeni.net, u are EXCELLENT.

  5. Coba aja setelah masuk apn setting pilih kartu untuk jaringan internet pilihan/tombol task 1 kali saja seteleh itu tekan setel ulang ke default selesai.
    Semoga work

  6. Saya dah pake kartu di 4g di 3g pake wifi spedy
    Pake wifi andromax 4g di internet smua normal tp di bbm sll akes terbatas harus slalu stanbay hp layar hidup dan d aplikasi bbm terus baru conec kalow d tutup aplikasi jadi ga conec lagi.. apa penyebab nya

Leave a Reply