| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Android 6 Marshmallow telah tersedia, dan kini saatnya perangkat dukungan Google menerima update OS Android versi baru tersebut. Tidak hanya seri Nexus saja, tapi juga smartphone low-end Android One juga tidak ketinggalan untuk diberi kesempatan mencicipi manisnya Marshmallow.

Upgrade Android 6 Marshmallow di Android One

Khusus pengguna Android One di Indonesia (Mito Impact A10, Nexian Journey One, Evercoss One X dan Infinix Hot 2), kamu sudah bisa melakukan upgrade langsung ke Android Marshmallow melalui update yang lebih simple yakni via OTA (Over-The-Air).

Berdasarkan pengalaman penulis, untuk update OTA sendiri bisa dipilih dengan dua cara yaitu melalui metode otomatis atau manual. Lengkapnya bisa dilihat seperti langkah-langkah dibawah ini

Untuk menghindari kegagalan, sebelum memulai proses update pastikan kapasitas baterai perangkat kamu dalam keadaan full (minimal 80%).

Cara Update Auto OTA

  1. Perangkat kamu tentunya harus terkoneksi dengan internet (WiFi/Data).
  2. Pastikan perangkat kamu sudah menerima notifikasi update. Bila belum, coba masuk ke menu “Pengaturan > Tentang ponsel > Pembaruan system > Periksa pembaruan”.
  3. Jika sudah terdeteksi ada update, silahkan download filenya lalu install dan ponsel akan langsung reboot dan menginstall secara otomatis
  4. Proses install akan memakan waktu. Jadi silahkan tunggu saja hingga selesai.

Bila metode diatas sudah dilakukan namun belum juga menerima notifikasi pembaruan, itu berarti perangkat kamu masuk dalam antrian nomor belakangan. Tapi tenang! karena jika kamu sudah tidak sabar ingin menikmati Marshmallow yang lebih cepat, kamu cukup lakukan update manual.

Cara Update Manual OTA

Pertama download terlebih dahulu full stock ROM OTA update dibawah ini sesuai dengan Oem perangkat kamu, lalu simpan filenya di Micro-SD smartphone (file dalam bentuk .zip).

Udpdate ini resmi dari Google dan dapat dipakai update meski versi Android perangkat kamu masih berada di Lollipop build LBY29G. Selain itu ini juga bisa dipakai bagi perangkat Android One Non Root maupun yang sudah di Root (bila sudah di Root, update ini akan mengembalikan Recovery sebelumnya menjadi Stock Recovery lagi).

Install Stock ROM lewat Recover Mode

  1. Silahkan masuk ke Recovery mode dengan cara:
    • Matikan perangkat kamu, lalu tekan dan tahan tombol “Power” + “Volume Up (pengeras suara)” secara bersamaan hingga ponsel menyala.
    • Pada menu yang muncul dilayar, silahkan pilih menu “Recovery mode”.

    Gunakan tombol “Volume Up/Volume Down” untuk menavigasi menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksekusi/masuk kemenu yang diinginkan.

  2. Setelah kamu masuk ke Recovery mode, pilih menu “apply update from SD card
  3. Berikutnya kamu akan diarahkan ke directory untuk memilih file. Silahkan pilih file Stock ROM yang sudah kamu download sebelumnya di SD-Card.
  4. Proses upgrade/update akan dimulai. Disini akan sedikit memakan waktu, jadi tunggu saja hingga prosesnya selesai.
  5. Jika proses upgrade/update telah selesai, perangkat akan kembali diarahkan ke halaman Recovery mode. Disini kamu cukup lakukan reboot saja dengan memilih menu “reboot system now”.

Perhatian:
Kedua proses update OTA diatas tidak akan menghapus data di memori Internal perangkat. Namun data di memori External (Micro-SD), ada kemungkinan akan terhapus apabila setelah proses upgrade kamu melakukan konfigurasi mengubah Micro-SD menjadi internal storage (pengaturan ini memang ada di Android Marshmallow dan sekaligus menjadi fitur baru yang kedepannya bisa kamu gunakan untuk memindahkan app/data ke Micros-SD).

30 Responses to “Upgrade OTA Android One ke Marshmallow (Auto & Manual)”

    • Kalau muncul seperti itu gambar robot Android lagi tiduran disertai adanya tanda seru (!). Tekan aja lagi tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan, entar bakalan masuk kok ke recovery mode

  1. Gan, mana nih yang buat infinix nya? hehe, ane abis root nih gan, trus ane gabisa nge unroot nya lagi, gagal mulu gan. apa masi bisa buat di update marshmallow gan? tengkyuuh gan

    • Infinix belum keluar Marshmallow nya gan. Denger2 sih katanya entar awal tahun 2016 baru hadir update OTA tuh Infinix hot 2

  2. Mas OTA yg manual itu ROM nya resmi dari google ya? jadi klo udah di update marsmallow bisa update lagi selama 2tahun kayak yg di janjiin google

  3. gan, ini saya udh update ke 6.0 di infinix hot 2 tapi jadi banyak bug gan dan gak bisa buka kalender gan, utk update 6.0.1 kapan yah tau gak gan ? thanks

  4. Hh ane evercoss one x, masih perawan (belum pernah di root) blm dapet upgrade marshmallow, terus coba upgrade manual via recovery mode kok muncul tulisan tidak ada perintah, apakah untuk menggunakan recovery mode, hh harus di root dulu?

    • Ketika mencoba maasuk ke Recovery Mode dan muncul gambar robot Android lagi tiduran dan disertai tulisan “Tidak ada perintah”.

      Coba lakukan langkah berikut:

      Pada layar yang muncul (robot ijo lagi tiduran), Tekan lagi tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan. Nanti dengan sendirinya hh akan masuk ke recovery mode.

      Jika masih belum masuk ke recovery mode, ulangi lagi menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan. pokoknya sampai hh bisa masuk ke Recovery Mode.

  5. Mas waktu saya coba update ota manual evercoss one x saya waktu reboot loading memang lama ya. Sampe 1 jam lebih gak selesai. Apa memang begitu prosesnya?

  6. gan hp sya mito A10 udah ada pemberitauan updat. udh sya lkukan updat tpi kok masih blm ke marshmallaow. gmna caranya gan mksih

  7. gan hp Abe udh berhasil sya upgrd TPI pas buka pembaruan sistem kok ada lagi. sya downloads kok GA bisa gan gimana nih… mohon bantuannya.

  8. gan pnya saya gak bisa di update OTA , begini isi pesannya

    E : failed to verify whole-file signature
    E : signature verification failed
    installation aborted

  9. om..bantu dong buat oem hape evercross a75L series Y power.. mana jauh kalo mesti ke pusat servis.. masih kit kat..mau ke loli apa bisa..lagian di uodate menu andro nya..gak pernah lama ada pembaharuan..trims bgt

  10. guys hp ane avercoss one x habiz selesai diperbarui.. dan setelah selesai download hp saya langsung reboot dan ada tulisan ‘memasang pembaruan sistem’ saya jadi takut langsung baterai hp saya langsung saya copot..
    tapi ketika saya hidupkan lagi tulisan “memasang pembaruan sistem”
    tapi kok habis loading berjalan tiba tiba hp saya mati lalu hidup lagi kemudian mati lagi dan seterusnya
    tolong bantuanya ya??

Leave a Reply