| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Apple iOS

Kebetulan Apple baru saja meluncurkan iOS 8.2 ke seluruh dunia, untuk itu apabila perangkat iPhone, iPad maupun iPod sobat masih menggunakan iOS 8.1.3 atau versi dibawahnya, maka sekaranglah saat yang tepat untuk melakukan update iDevice tersebut ke firmware versi terbaru.

Untuk melakukan update iOS sendiri banyak caranya, namun demikian salah satu metode yang sering dilakukan kebanyakan orang ialah update melalui metode Over The Air (OTA). Update via OTA sangatlah mudah karena tidak membutuhkan perangkat pihak ketika seperti komputer. Adapun langkah-langkahnya dapat dilihat seperti dibawah.

Langkah dibawah dapat dilakukan tidah hanya untuk memperbarui iPhone, iPad dan iPod ke versi iOS 8.xxx, tapi juga dapat dilakukan untuk keperluan update iOS 9 yang rencananya akan diluncurkan Apple beberapa bulan mendatang.

Persiapan

  • Pastikan baterai iDevice dalam keadaan terisi penuh.
  • Siapkan jaringan WiFi yang stabil untuk keperluan download software updatenya.
  • Sebelum melakukan update, jangan lupa backup data terlebih dahulu misalnya ke iCloud atau iTunes untuk jaga-jaga jika terjadi masalah.

Cara Update Software iOS versi Terbaru via OTA

  1. Koneksikan iDevice ke jaringan WiFi.
  2. Buka menu “Settings app
  3. Pilih “General > Software Update
    General Setting iPad
  4. Tunggu beberapa saat hingga menu “Download and Install” muncul. Jika sudah muncul silahkan pilih menu tersebut untuk memulai proses download firmware (Nb: sobat akan dihadapkan sebuah halaman perjanjian, silahkan disetujui saja yah!)
    Download OTA Update iOS
  5. Bila proses download firmware sudah full, silahkan pilih “Install” lalu tunggu hingga iDevice selesai diupdate
    Update iOS via OTA

Tips Bila Kesulitan Memperoleh Jaringan WiFi untuk Keperluan Update

Untuk sobat yang kesulitan mendapatkan jaringan WiFi hanya untuk sekedar melakukan update (ini biasa terjadi di daerah pelosok yang tidak ada WiFi), maka solusinya coba saja manfaatkan jaringan seluler dari smartphone lain yang telah mendukung fitur tethering.

Contoh begini, cari smartphone milik keluarga, lalu jadikan sebagai media WiFi Hotspot (lihat caranya disini) untuk nantinya dipakai oleh iPhone atau iPad sobat dalam keperluan melakukan update.

Tapi perlu diperhatikan, pastikan jaringan seluler pada smartphone yang dijadikan WiFi Hotspot tidak mengalami gangguan yah, paling bagus kalau dapatnya HSDPA. Dan pastinya juga paket datanya mencukupi untuk keperluan download update.

Leave a Reply