| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

OPPO Gesture

Hal menarik yang dapat dijumpai pada ponsel OPPO ialah adanya fitur Screen-of Gesture atau biasa juga disebut Gerakan layar mati. Fitur ini terbilang cukup keren, dikarenakan anda dapat menggunakannya untuk keperluan mengakses secara cepat beragam konten seperti aplikasi maupun fungsi-fungsi tertentu pada ponsel.

Cara kerja dari screen-of gesture ini ialah, anda hanya cukup menuliskan pola atau gerakan isyarat tertentu ketika layar ponsel sedang dalam keadaan mati, maka hal-hal penting secara otomatis langsung ditampilkan tanpa perlu lagi capek-capek mencari letak aplikanya.

Perlu diketahui, screen-of gesture sebenarnya merupakan fitur khas dari “ColorOS”. ColorOS sendiri merupakan UI dari sistem operasi Android yang telah dikustomisasi oleh OPPO dengan beberapa tambahan dari sisi grafis, fitur, serta keamanan (ini mirip seperti MIUI Android pada ponse Xiaomi).

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Screen-of Gestures di OPPO?

Untuk dapat menggunakan fitur ini, hal pertama yang perlu dilakukan ialah terlebih dahulu anda harus menetapkan pola layar untuk menjalankan aplikasi atau fungsi tertentu (dalam hal ini penulis contohkan ialah mengaktifkan lampu senter).

  1. Untuk membuat pola gesture, caranya masuk ke “Setting > Gesture & motion > Screen-of gestures” atau bahasa indonesianya “Peganturan > Gerakan > Gerakan layar mati
    Screen-off Gesture OPPO
  2. Tentukan tipe pola yang diinginkan (contoh “Downward Arrow/Panah bawah”), lalu pilih apa yang ingin anda aktifkan misalnya “Turn on flashlight/Membuka senter” untuk mengaktifkan lampu senter (jika ingin membuka aplikasi, anda dapat memilih pada pilihan “Open aplications/Buka apl”).
    Motion Gestures OPPO
  3. Jika pengaturan pola berhasil ditetapkan, silahkan tutup semuanya lalu coba gunakan fitur gesture dengan cara, matikan layar ponsel dengan menekan tombol power sekali saja, lalu tulis pola panah bawah (V) pada layar (menggunakan jari) atau sesuai dengan pola yang telah anda buat sendiri.
    Pattern Screen Gestures OPPO

Note: Fitur ini dicontohkan pada Oppo Joy. Ini juga juga dapat diterapkan di Oppo Find 5, N1, Neo 3, Oppo Yoyo dan tipe ponsel OPPO lainnya yang menggunakan ColorOS.

Detail mengenai cara mengaktifkan fitur gestures juga dapat dilihat melalui video dibawah ini.

4 Responses to “Tips & Trik OPPO: Cara Menggunakan Fitur Screen-of Gestures”

Leave a Reply