| by | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Di Android Marshmallow, kamu tidak perlu takut lagi dengan yang namanya memori internal sesak karena menginstal banyak aplikasi. Sebab di Android versi 6 ini, kamu sudah diberikan keleluasaan untuk menyimpan sebagian aplikasi dan game ke Micro SD (Kartu SD). Jadi selama kamu punya Micro SD berkapasitas besar dan masih cukup ruang, maka aplikasi apapun dapat disimpan didalamnya.

Android Marshmallow

Agar dapat menikmati fitur dari Android Marshmallow ini, syaratnya terlebih dahulu kamu hanya perlu memformat dan mengubah Micro SD agar terbaca sebagai memori internal perangkat (Baca: Cara Mengubah MicroSD Jadi Penyimpanan Internal di Android Marshmallow). Jadi pastikan syarat ini sudah dipenuhi sebelum memulai.

Setelah syarat terpenuhi, maka untuk memindahkan aplikasi/game ke Micro SD sudah dapat kamu lakukan dengan mudah. Contoh bila ingin memindahkan aplikasi Mandiri Mobile dari memori telepon ke Micro SD, maka cukup masuk ke menu “Pengaturan > Penyimpanan & USB > Penyimpanan Internal > Aplikasi > lalu pilih mandiri mobile”.

Move App to Micro-SD in Marshmallow

Dari situ tap tombol “Ganti” lalu ganti penyimpanan ke “Kartu SD”. Nanti akan mencul sebuah persetujuan, lanjutkan saja untuk memulai proses pemindahan aplikasi.

Android Marshmallow: Memindahkan Aplikasi ke Micro-SD

Bagaimana, cukup mudah bukan? Yaps… terlepas dari adanya fitur baru ini, Intinya dengan adanya dukungan full akses (read & write) Micro SD di Android Marshmallow, kini kamu sudah tidak perlu repot lagi melakukan root hanya demi menginginkan ruang penyimpanan aplikasi yang besar.

37 Responses to “Tips Android Marshmallow: Cara Memindahkan Apps ke Micro SD”

  1. Tapi apa setelah msd card dirubah menjadi internal storage masih memungkinkan menyimpan data2 yang lainnya (such as : foto,video,file,dll) didalam sd card?

  2. sudah dijelaskan diatas gan, format dulu ext SD card nya, masuk ke penyimpanan & USB, pilih kartu SD agan, lalu tekan titik tiga di kakan atas. pilih format sebagai portable.

  3. Wahh thanks banget punya aku mirip yg di atas, semua bisa akhirnya aku bisa simpan game sebnyak munkin n download flm semau aku hahaha thanks gan, membantu banget

  4. Ka saya pake samsung galaxy tab a 8.0 marshmallow. Bbrp aplikasi saya pindah ke eksternal namun tdd bs d buka..Peringatan nya ” aplikasi belum di install” & ” aplikasi tidak tersedia”.
    Icon aplikasi berubah jd logo android dan ada tulisan SD kecil.
    Semua file d kartu SD masi terbaca. Please help…thnks

  5. Kalo buat hp asus zenfone laser gimana kak? Pertama pas androidnya lolipop masih bisa dipindahin ke kartu sd abis saya upgrade ke marshmallow tiba tiba option move to sdnya ilang gimana ya kak memory internya udhh benjol ini wkwkwk

  6. Ka gimana buat yg hp Asus Zenfone Selfie? Tampilannya beda, dari awal punya hp sudh ga bisa pindah apl ato game ke kartu memory. Help dong, storagenya emang gede si, tapi kalo kbnyakan juga bkal lemot.

  7. hp saya asus Z00uD atau zenfone selfie sdh di upgrade sama dealer servis centrenya dari lolipop ke marsmallow (krn sempat eror /rusak sistemnya) tapi skrg kendalanya semua aplikasinya tdk bs menyimpan ke external sd card,semua menumpuk di internal..padahal rom yg 16gb tersedia kan oleh pabrikan cm 11gb dan ruang kosong yg tersediahkan pabrik cuma 8gb -9gb sisanya gk tahu apa untuk aplikasi sistem bawaan pabrik..mnt tolong mas2 gimana caranya spy aplikasinya bs di pindahkan ke external sd card,sayasediahkan sd card 32gb…semua kosong hny terisi music/lagu2 dan video hasil dari inputan (copi)dari komputer saya yg cm windosw seri lama , pentium 4 aja..tolong yabgmn caranya mindahkan file aplikasi2 download ke memori external …tanpa root..(di root pun susah kalo OS 6.0 lbh gampang OS.4.4.4 atau OS 5.0/5.1)

    • Caranya kaya diatas gan,punya istri saya hapenya lenovo a 7000 kasusnya sama kaya agan. Tp setelah saya baca tutorial diatas & saya otak atik hpnya baru saya tau.. bisa dipindah gan cuman harus format memory micro sd dulu..
      Yg jadi pertanyaan saya gimana caranya pindah aplikasi tanpa format?kalo di backup kelamaan gan..

  8. kok gk ada option “Penyimpanan &USB” ya?
    adanya cm “penyimpanan” terus adanya cm pilihan format sm Lepas.
    gmn solusinya gan?

  9. Gan saya pake hp lg k8 kok enggak ada menu pilihan untuk memindahkannya padahal saya udah ngikutin tips yang diatas mohon pencerahannya

  10. sy pernah mengalaminya. saya pake evercoss b75a winnter y 4g, klo punya sya harus masukin sd card merk sandisk 16gb nanti muncul new sandisk sd card saya tekan itu masuk ke pilihan portable memory sma internal storage. sya pilih internal storage ada muncul peringatan (saya translate) “jika kamu memilih internal storage memory card akan diformat dan memory card hanya berfungsi di device ini(Evercoss b75a winner y4g)

Leave a Reply