| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Jangan heran melihat memori internal ponsel OPPO kamu yang tidak sesuai dengan spesifkasi sebenarnya. Contohnya pada ponsel tipe OPPO Yoyo, Joy dan Find 5 Mini, spesifikasi yang seharusnya memiliki ROM (Read Only Memory) sebesar 4GB, namun ketika di cek ternyata kapasitas penyimpanan aplikasinya jauh lebih kecil, yakni hanya dikisaran 1GB saja.

Sekedar catatan, OPPO memang menggunakan sistem pembagian memori internal yang terpisah (non unified) pada beberapa ponsel besutannya. Misal memori internal benar 4GB, tetapi itu dibagi lagi menjadi beberapa bagian partisi dengan komposisi 2GB untuk sistem, cache, dan lain sebagainya, 1GB untuk aplikasi, dan 1GB untuk penyimpanan data.

Switch Partitions OPPO

Storage memori sebelum (kiri) & sesudah (kanan) Switch Partitions

Tapi apabila kamu kurang nyaman dan merasa memori internal ponselmu kekecilan, tidak perlu kuatir karena OPPO telah memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Adapun solusi itu ialah melalui Switch Partition seperti dibawah ini, yang tujuannya untuk membuat partisi memori internal menjadi unified atau dengan kata lain penyimpanan sistem, aplikasi dan data-data akan disatukan.

Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Switch Partition

Melakukan switch partition memerlukan persiapan yang baik, jadi perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum memulai proses switch partitions di ponsel OPPO.

  • Switch partition akan menghapus semua data-data yang ada di memori internal. Untuk itu pastikan kamu sudah melakukan backup data.
  • Pastikan ponsel OPPO kamu telah di update ke ColorOS versi baru. Ini dikarenakan menu switch partition di pengaturan ponsel hanya akan tersedia pada firmware yang sudah diperbarui sejak Januari 2015 (kalau tidak salah yah).

Cara Melakukan Switch Partition

Setelah persiapan sudah kamu penuhi, maka untuk melakukan switch partition caranya ialah sebagai berikut.

  1. Di ponsel OPPO, silahkan masuk ke “Settings > More > Switch partition” berikutnya aktifkan option “Confirm to erase” lalu pilih “Switch partition” (lihat gambar dibawah).
    Switch Partitions atau Ganti Partisi OPPO ColorOS
  2. Apabila ada keterangan warning, silakan pilih tombol “Ok” untuk memulai prosesnya.
  3. Jika proses switch partition selesai, maka memori internal ponsel OPPO akan disatukan menjadi satu partisi. Untuk memastikannya, lihat saja available space memori ponselmu.

Untuk diketahui, switch partition ini juga menjadi solusi jitu bagi kamu yang kerap menemukan pesan kesalahan “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat coba menginstall aplikasi di ponsel OPPO yang disebabkan karena keterbatasan penyimpanan aplikasi defaultnya yang kecil (sebelum switch partition dilakukan).

13 Responses to “Switch Partition, Solusi Bila Memori Internal OPPO Kekecilan”

  1. Kak, ini cuma aku aja apa gimana ya: setelah switch partition, sekarang ringtone-ku sering bgt balik ke default. Padahal aku nggak ngapain-ngapain. Kesel bgt jadinya, kak. Kakak pernah denger problem semacam ini? Apa kakak punya solusi? Trims.

  2. Kk mo tanya neh
    Hp aq oppo yoyo,, trus dy minta pembaruan
    Color os nya
    Tp pas aq perbarui slalu gagal
    Knpa itu kk,, tolong bantu ya kk

    • mungkin karena mbkny hapenya sudah diroot dan dipasang recovery bukan bawaan opponya , karena sebagian kasus oppo update failed karena sudah di root dan recovery di ganti .

  3. mba hp aq oppo yoyo,br 4 aplikasiaq instal udh pnuh.aq partisi kok stiap fto yg aq save slalu ajj g muncul di galery.tp di pgelola plikasi,mau upload fto g kliatan ftony mah di plihan galery ny.
    mhon jwabany,tks..

    • Mbak stelah di partisi udh bisa banyak applikasi yg diinstal ? Apa fotonya udh muncul di galeri skrg mbak?
      Hp ku oppo yoyo juga nanti aku partisi kasusnya sama kaya mbak pula.

  4. Saran aja mending jangan switch partion, resiko emmc kena.. ane pernah ngalami punya temen, liat d grub oprek oppo banyak yg gitu kasusnya.. hp oppo neo 3 g tau yg lain

  5. mbak mau nanya .. kenapa oppo joy r1001 saya kalau buat wiifi ketemu sama tipe handpone yng sama selalu ada yang salah dan susah buat konek internet makasih

Leave a Reply