| by | Filed under Apps & Games, Tips & Tutorial.

Default Apps Untuk Selalu Buka Foto

Jika sobat hendak membuka suatu dokumen misalnya sebuah attachment foto, dan ponsel Android sobat terinstall beberapa (lebih dari satu) aplikasi yang berfungsi dapat membuka file gambar, maka dilayar akan muncul sebuah dialog mengenai aplikasi apa yang ingin digunakan.

Pada dialog pertanyaan tersebut, sobat dapat memilih salah satu aplikasi dengan status “Hanya sekali” atau “Selalu”. Bila memilih hanya sekali berarti aplikasi yang dipilih hanya akan berfungsi untuk membuka foto pada saat itu saja, namun jika memilih selalu maka aplikasi secara otomatis dijadikan default open yang akan otomatis selalu terpakai setiap sobat membuka foto.

Bagi yang sudah terlanjur memilih pilihan selalu menggunakan aplikasi tertentu, namun ingin menghapusnya agar aplikasi tersebut tidak lagi menjadi default open, maka untuk mengembalikannya seperti semula dapat dilakukan melalui tips dibawah ini.

Menghapus Pilihan Default Aplikasi Android

Bila ingin menghapus default aplikasi tertentu yang sudah terlanjur dijadikan untuk membuka suatu dokumen, maka cara untuk melakukannya silahkan masuk ke “Pengaturan -> Kelola aplikasi -> arahkan ke tab Semua -> pilih Aplikasi yang dimaksud -> Hapus default”.

Cara Hapus Default Apps Android

Memilih Aplikasi Default Open (Action) Baru

Untuk memilih aplikasi default baru, maka sobat hanya perlu mencari suatu dokumen misalnya foto, setelah itu buka lalu pilih “Selalu” menggunakan aplikasi tertentu sesuai dengan keinginan sobat.

15 Responses to “Mengatur Pilihan Default Open Aplikasi di Android”

  1. Jika ,pngaturannya bukan kelola aplikasi,tapi manager aplikasi,pengaturan default nya pun tidak adaa macam mna tu gan ??
    Mnta solusinya gan .

Leave a Reply