| by | Filed under PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Windows 8.1

Pembaruan Windows 8 dan Windows RT, yakni Windows 8.1 merupakan sistem operasi terbaru dari produsen software Komputer terbesar dunia yang dibuat untuk mengatasi keluhan dari pengguna Windows sebelumnya. Namum apa boleh dikata, new operation sistem Windows tersebut kembali dihampiri kritikan akan kerumitan yang digunakan pada PC/Laptop tradisional serta beberapa problem classic lainnya.

Salah satu masalah pertama adalah lambatnya ketika Windows pada PC atau Laptop dijalankan atau dimatikan meski belum dilakukan penginstalan aplikasi lain didalamnya. Oleh karena itu, Ikeni.net mau memberi solusi cara mengatasi Windows 8.1 yang lambat ketika Startup.

Pendahuluan

Seperti diketahui, banyak hal yang menyebabkan Windows lambat saat startup, seperti ada aplikasi software yang berjalan saat OS pertama kali dijalankan serta beberapa hal lainnya (Driver, Memory, atau Malware). Namun, jika OS dalam keadaan baik-baik saja maka sebaiknya lakukan langkah berikut.

Solusi

  • Hidupkan PC/Laptop dan pastikan semua disket, CD dan DVD yang ada di dalam driver sudah dikelurakan.
  • Kemudian pada layar Start Screen atau Desktop UI, Sapu layar dari kanan ke kiri (untuk PC layar sentuh) atau tekan tombol Windows + C di keyboard secara bersamaan untuk menampilkan Charms Bar, lalu pilih menu Setting.
    Start Screen Charm Bar Windows 8
  • Berikutnya pilih lagi Change PC Settings (kalau di Win 8 tulisannya More PC Settings).
    Change PC Settings Windows 8.1
  • Ketuk atau klik Update or Recovery.
    Windows 8.1 PC settings
  • Kemudian pilih lagi Recovery, lalu di bawah Advanced startup, ketuk atau klik Restart now button.
    Windows 8.1 Recovery

    Catatan: Jika Anda menggunakan Windows 8, pilih General. Lalu di bawah Advanced starup, ketuk atau klik tombol Restart now (Restart Sekarang).

  • Setelah komputer restart, layar akan menampilkan Choose an option.

    Catatan: Jika komputer memiliki lebih dari satu sistem operasi, gunakan tombol panah untuk menyorot sistem operasi yang ingin diperbaiki, dan kemudian layar “Choose an option” akan ditampilkan.

  • Langsung saja akses tools “Troubleshoot > Advanced options > Automatic Repair” untuk memperbaiki OS Windows 8.1 yang lambat.
    Windows 8 Choose an option
    Windows 8 Troubleshoot
    Windows 8 Advanced options

    Catatan: Jika perbaikan tidak berhasil, Anda akan melihat ringkasan masalah dan tautan untuk menghubungi dukungan.

Tips diatas adalah salah satu cara dari sekian banyak solusi yang diberikan oleh media lainnya, namun trik ini merupakan cara aman karena berdasarkan rekomendasi dari Windows. Selamat Mencoba.

8 Responses to “Mengatasi Windows 8.1 Lambat Startup/Booting”

  1. saya coba troubleshoot malah lari ke reset pc yg artinya saya harus menginstall ulang dan saya disuruh untuk memasukkah media installan. apa benar begitu?

  2. MIIN tolong bantu dong solusinya gimana itu buat mengembalikan UEFI FIRMWARE SETTING yang ilang/gk ada di ADVANCE OPTION.

    THANKS

Leave a Reply