| by | Filed under Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Twitter SMS

Mendaftarkan Nomor Ponsel/Handphone di akun Twitter terkadang dibutuhkan dengan tujuan bermacam-macam, misalnya hanya sekedar untuk mengaktifkan SMS Twitter atau ada keperluan lain seperti karena ingin membuat Twitter Apps yang memerintahkan terlebih dahulu No HP harus sudah terdaftar pada social media 140 karakter itu.

Sekedar diketahui, untuk mendaftarkan no hp, ada dua cara yang dapat ditempuh, lebih lengkapnya silahkan lihat dibawah ini.

Cara 1: Memasukkan no hp lewat registrasi.

Cara pertama ini sangat mudah, hal yang perlu dilakukan hanyalah cukup dengan melakukan registrasi sms via handphone dengan tahap sebagai berikut

  1. Ketik pesan sms MULAI lalu kirim ke nomor 89887 (untuk semua operator Indonesia).
  2. Tunggu sms balasan yang berisi perintah persetujuan. Jika sudah ada balasannya, silahkan lanjutkan dengan mengetik pesan YA.
  3. Sms balasan muncul. Selanjutnya kirim user name anda, misalnya untuk akun twitter @IkeniNet, cukup mengetik pesan IkeniNet.
  4. Jika ada sms balasan lagi, silahkan kirim password twitter anda, disini perhatikan jangan sampai salah yah, perhatikan dengan seksama password dari huruf besar dan kecil.
  5. Sampai disini, jika semua laghkah-langkahnya telah dilakukan dengan benar, maka akan muncul sms yang meyatakan bahwa no hp yang didaftarkan telah berhasil terdaftar di akun twitter anda.

Cara 2: Memasukkan no hp lewat akun twitter.

Cara kedua ini bisa dilakukan dengan memasukkan no hp ke akun twitter langsung melalui web browser dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Akses halaman http://twitter.com/ melalui Mozilla, Google Chrome, Internet Explorer atau web browser lainnya.
  2. Jika sudah login, masuk ke menu setting ponsel melalui link https://twitter.com/settings/devices
  3. Akan muncul form seperti gambar dibawah
    Daftar Twitter SMS 1
    Atur form:

    • Negara/wilayah: Indonesia (Jika no hp menggunakan operator Indonesia)
    • Nomor ponsel: masukkan no hp tanpa angka nol, misalnya no hp 082195123456 maka cukup isi dengan 82195123456.
    • Operator: pilih jenis operator selular (sesuai dengan operator kartu anda)

    Jika semua telah terisi, lanjutkan dengan menekan tombol Aktifkan ponsel.

  4. Akan muncul perintah agar anda mengirimkan pesan melaluI no hp yang didaftarkan.
    Daftar Twitter SMS 2
    Ketik sms SAMBUNG melalui no hp yang telah didaftarkan kemudian kirim ke nomor 89887 (untuk operator Indonesia)
  5. Setelah sms terkirim, selanjutnya akan muncul halaman pengaturan. Disini silahkan atur bagaimana Twitter mengirimkan pesan ke nomor handphone anda.
    Twitter SMS Pengaturan

Kelebihan mendaftar SMS Twitter

Beberapa pesan notifikasi dari akun twitter akan dapat langsung masuk ke nomor ponsel. Selain itu, anda juga dapat berinteraksi, mengirim tweet maupun pesan ke pengguna twitter lainnya hanya lewat hp.

Kekurangan mendaftar SMS Twitter

Kekurangan SMS Twitter tidak lain ialah karena notifikasi maupun tweet melalui hp dapat memakan biaya, jadi hati-hati saja jangan terlalu banyak menerima pemberitahuan lewat handphone karena bisa-bisa tanpa sadar pulsa akan kesedot habis.

Sekalian juga, bagi siapa saja yang ingin mengetahui format SMS Twitter, silahkan lihat pada artikel Cara Kirim SMS Twitter dan Format Perintahnya.

One Response to “Mendaftarkan No HP di Twitter (SMS Twitter)”

  1. Kalau sudah terlanjur daftar lewat internet, tapi gagal di verifikasi gimana? Masih bisa diperbaiki tidak selain ganti alamat e-mail?

Leave a Reply