| by | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Google Plus Picasa

Ketika pertama kali menggunakan aplikasi Google plus di Android, maka secara otomatis fitur “Auto Backup” nya juga akan aktif. Ini tentu akan menjadi masalah bagi sebagian orang, pasalnya dengan aktifknya auto beckup maka ketika handphone terhubung dengan koneksi Internet, secara otomatis semua foto maupun video di Gallery handphone akan di upload di Google+ photos.

Memang secara default Google+ photos hanya akan membeckup semua file dari Gallery ketika handphone sedang terhubung dengan jaringan Internet WiFi, selain itu semua foto dan video yang di upload otomatis ke leyanan cloud Google+ foto juga statusnya private atau dengan kata teman-teman di google plus anda tidak akan dapat melihatnya sebelum statusnya diubah menjadi public.

Namun demikian bagi yang sering membuat foto selfie dan video aneh-aneh, tentu hal ini juga bisa membahanyak jika semuanya terupload, maklumlah namanya dunia maya semuanya bisa saja terjadi. Jadi bagi yang tidka menginginkan auto backup Google+, maka solusinya ialah dengan cara menonaktifkan fitur tersebut.

Mematikan Fitur Auto Backup Google+

  1. Jalankan aplikasi Google+ di Android, kemudian akses “Menu > Settings > Auto Backup”, lalu ubah pengaturan auto backup dengan menggeser ke kiri pilihannya ke posisi “Off”.
    Google Plus Auto Backup
  2. Untuk memastikan fitur auto backup benar-benar di matikan, lanjutkan lagi melakukan setting terhadap akun google anda dengan cara.
    • Tutup aplikasi Google+ kemudian masuk ke halaman “Settings” handphone, setelah itu cari pengaturan dengan title Accounts, lalu pilih “Google”.
    • Pada halaman Account, pilih akun google anda yang biasanya ditandai dengan sebuah alamat gmail.
    • Berikutnya hilangkan centang setting dari pengaturan seperti “Sync Google+ Photos” dan “Sync Picasa Web albums”.

    Google Foto Sinkronisasi
    Sebagai catatan, Google+ maupun Picasa Web Album merupakan produk turunan yang sama, jika foto atau video di upload pada halaman Picasa, maka juga akan tersimpan serta dapat dilihat di Google+ dan begitupun sebalinknya. Maka dari itu sinconisasi Picasa Web albums juga harus di nonaktifkan.

Sampai tahap ini, foto maupun video yang ada di Gallery handphone Android sudah tidak akan lagi terupload otomatis, namun demikian setting ini belum menghapus semua file yang telah terlanjur terupload (sebelum auto backup dimatikan). Jadi untuk menghapus semua foto dan video yang sudah terlanjur terupload silahkan lanjut ke langkah dibawah ini.

Menghapus Foto dan Video Auto Backup

  1. Buka kembali aplikasi Google+ lalu akses halaman Photos setelah itu ketik di kotak pencarian dengan kata #AutoBackup. Atau lebih mudahnya, akses saja halaman https://plus.google.com/photos/search/%23AutoBackup di web browser handphone lalu buka menggunakan aplikasi Google+.
    Hapus Auto Backup Foto Google plus
    Nanti semua foto dan video yang telah dibackup akan muncul, tandai saja salah satu atau semuanya lalu pilih icon dengan tanda tiga titi di sudut kanan atas kemudian pilih “Delete photos”.
  2. Agar foto maupun video benar-benar terhapus, masuk lagi kehalaman photos “Trash”, atau mudahnya lagi akses saja halaman https://plus.google.com/photos/trash. Lalu hapus semua foto yang ada disitu.
    Google Plus Foto Trash

Khusus untuk yang pernah menghubungkan handphone dengan Picasa Web Albums, mungkin masih akan melihat beberapa folder dan foto picasa tersebut di Gallery handphone. Untuk menghilangkannya cukup melakukan clear data Gallery dengan langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Masuk ke “Settings” handphone, pilih “Application manager” arahkan ke tab “All” lalu cari dan pilih “Gallery”.
  2. Berikutnya pilih “Clear data”.
    Clear Data Gallery

59 Responses to “Mematikan dan Menghapus Foto Auto Backup Google+ di Android”

  1. Gan, ane mau nanya ngubah pengaturan view photo gimana?
    Kemarin pas buka photo di “file saya” ada pilihan buka dengan foto atau galery.
    ane klik foto trus muncul kotak dialog selalu atau sekali saja.
    ane pilih selalu.
    gimana ya cara ngubah kembali?
    Soalnya ribet amat.
    ane make samsung galaxy grand prime.

  2. mau tanyani… gimana cara ngembaliin foto dari google plis ke album galery.. di hpku uda gak ada foto semuanya ada di google plus..
    trimakasih sebelumnya..
    ku tunggu balassannya

  3. Makasih banget sharingnya..
    kebingungan gimana matiinya karen bikin jatah storage Google cepet habis.
    BTw untuk menghaspuskan photo yg di autoback up ga ada pilihan select all ya??
    tetep harus dipilih dan dihapus satu2??

  4. mantap gan Akhirnya Hilang juga tuh picasa yg ribet selalu muncul…sukses selalu gan.. D tunggu update terbarunya

  5. alhamdulillah, it helps much….sangat bermanfaat. setelah kesel bnget karena tiba tiba foto foto private ter upload ke publik…nyebelin banget. sepertinya banyak yang ga nyadar juga kalo foto2nya terupload ke publik.seharusnya ini jadi pertimbangan google+…idenya sudah bagus dengan back up foto, tp harusnya tidak secara otomatis terpublished…

  6. Terima kasih akhir nya bisa terhapus semua…terima kasih bro info dan pengetahuan anda sangat bermaanfaat bagi saya…. i like it…..

  7. Terimakasihh,,,
    Setelah muter2 bingung mau ngehapus file backup akhirnya nemu artikel ini…
    Sangat membantu… Terimakasihhhhhhh

  8. Mau tanya nih yang menghapus di gallery itu kan banyak folder foto nah yang saya mau hapus cuma yang folder auto backup..kalo dengan cara yang di atas apa tidak semua file di gallery terhapus?

  9. All nih aku coba kq qa bisa ya.. apa karna google+nya update baru…

    Foto dari google+ yg gak kita upload cara hapusnnya gmn, ad yg bisa bantu??

    Thx

  10. Mau tanya, kalo fotonya gak bisa ke pilih terus ada bacaan (anda tidak dapat memilih foto yang bukan milik anda) itu gimana ya? Makasih

Leave a Reply