| by | Filed under Apps & Games, PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Kamu pengguna browser Google Chrome di Windows 10, apakah merasakan kalau browser mu terasa lambat saat memuat halaman (load page) web? Dalam hal ini, jika menggunakan browser lain seperti Mozilla atau Edge halaman web cukup cepat terbuka, sementara jika menggunakan Google Chrome halaman web yang dimuat memakan waktu cukup lama, dan hal ini hanya terjadi di Windows 10 saja.

Jika masalah yang diterangkan diatas persis seperti yang kamu alami, maka ada tiga solusi yang bisa dilakukan agar browser Google Chrome yang kamu pakai bisa lebih ngebut di Windows 10.

Cara 1: Selalu Gunakan Google Chrome Versi Terbaru

Browser Google Chrome versi lawas memang ada sedikit bug untuk kompatibilitas pada Windows 10 yang mengakibatkan browser cukup lambat dalam me load halaman web tertentu, jadi untuk memastikan problem tersebut apakah sudah diperbaiki, ada baiknya pastikan kamu selalu menggunakan Chrome versi terbaru (latest version)

Untuk mengecek update terbaru Google Chrome caranya cukup klik menu (hamburger) di sebelah kanan lalu pilih > Help > About Google Chrome, atau langkah cepatnya kamu bisa mengetikkan chrome://settings/help di address bar.

Cara 2: Non Aktifkan Fitur Akselerasi Hardware di Chrome

Kinerja browser Chrome banyak di pengaruhi oleh fitur akselerasi hardware. Untuk itu kamu bisa coba me non aktifkan fitur ini dengan cara masuk ke Settings Chrome (atau ketik chrome://settings di addres bar) > Scroll kebawah lalu cari dan klik pilihan Advanced

Setelah Advanced setting terbuka, cari dan disable opsi Use hardware acceleration when available

Ini mungkin kurang berasa efeknya, namun tidak ada salahnya mengetes untuk memastikan apakah pc/laptop Windows 10 kamu cocok dengan menonaktifkan settingan ini untuk mempercepat load page Google Chrome.

Cara 3: Non Aktifkan Automatically Proxy di Windows 10

Beberapa kasus, Automatically Proxy yang secara default aktif di pengaturan Windows 10 menjadi sebab Chrome lambat dalam memuat halaman web. Kamu juga bisa coba me non aktifkan fitur di Windows 10 ini untuk mengetes apakah berdampak dalam hal mempercepat proses kerja browser Google Chrome.

Untuk mematikan fitur ini caranya, di Windows 10 masuk ke menu Settings Windows > Network & Internet > Proxy, lalu pada bagian Automatic proxy setup silahkan disable opsi Automatically detect settings.

Demikian tiga cara untuk mengatasi load page browser Google Chrome yang terasa lambat di Windows 10. Silahkan praktekkan satu persatu. Pastikan tiap setting yang sudah kamu lakukan, selalu restart browser Chrome terlebih dahulu sebelum mengetes untuk mengatahui perubahannya.

Leave a Reply