| by | Filed under Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Internet Tri (3)

Beberapa masalah koneksi Internet memang kerap terjadi pada pengguna kartu Tri (3). Contohnya saja ketika anda menggunakan kartu perdana Tri di ponsel Android, mungkin error akan sering anda dapati saat ingin mendownload aplikasi ataupun game di Google Play Store.

Begitupun juga saat menggunakan kartu Tri di Modem komputer, masalah terkadang muncul berupa jaringan Internetnya yang sangat lambat saat dipakai untuk browsing.

Pada umumnya masalah ini timbul dikarena Access Point Name (APN) kartu Tri yang digunakan pada ponsel maupun modem anda mungkin adalah APN “3gprs”. Sebagaimana diketahui, settingan tersebut memang merupakan APN default yang direkomendasikan saat menggunakan kartu Tri.

Nah untuk itu sebagai solusi agar masalah jaringan internet kartu Tri ini tidak terjadi lagi, silahkan ganti APN tersebut dengan APN yang direkomendasikan seperti dibawah ini.

Alternatif Pertama untuk APN Tri
Profile Name : Isi dengan nama bebas
APN : 3data
Username : 3data
Password : 3data

Alternatif Kedua untuk APN Tri
Profile Name : Isi dengan nama bebas
APN : internet
Username : kosongkan
Password : kosongkan

Silahkan masukkan salah satu APN Tri diatas di ponsel anda. Misalnya untuk ponsel Android, anda dapat menambah setting APN baru Tri dengan cara masuk ke “Pengaturan > Nirkabel dan Jaringan > Jaringan seluler > Nama Poin Akses > APN Baru”.

Setting Access Point Name Android

Untuk penggunaan di Modem komputer, contoh untuk modem Huawei silahkan masuk ke menu “Tools > Options > Profile Management” lalu buat APN baru untuk memasukan salah satu kode APN diatas. (penggunaan APN Tri di Modem, tetap gunakan kode *99# untuk isian Acces Number nya).

Setting APN Modem Huawei

27 Responses to “Koneksi Internet Kartu Tri (3) Sering Error? Ini Solusinya!”

  1. Kalo sya make modem mobily dan settinganya beda dengan modem mobile partner, tapi setelah sya coba2 memang benar untuk akses nombernya *99# ternyata tutorial ini work. ijin bookmark gan,, terima kasih.

Leave a Reply