| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Samsung Firmware Update

Upgrade firmware Android umumnya akan disediakan dua cara yaitu via OTA (Over The Air) atau melalui aplikasi pihak ketiga dengan cara mengunduh lalu menginstallnya di perangkat smartphone, kalau untuk smartphone besutan Samsung bisa menggunakan Kies.

Mungkin ada yang bertanya apa keuntungan jika update android dilakukan via OTA dibandingkan aplikasi pihak ketiga, misalnya Kies milik Samsung?

Yah jika itu pertanyaannya mungkin jawaban tepat yang bisa kami berikan diantaranya ialah:

  • Jika melakukan update via OTA, File firmware yang di download jauh lebih kecil dibandingkan jika melakukan update dengan aplikasi Kies, sehingga tentu bisa jadi alternatif untuk menghemat kuota Internet.
  • Hasil dari update via OTA biasanya jauh lebih stabil karena firmware yang di download dan install sudah merupakan versi pembaruan resmi dari vendor smartpone tersebut.
  • Update via OTA jauh lebih mudah karena hanya membutuhkan paket data serta koneksi Internet stabil saja, dalam hal ini tidak perlu menggunakan PC/Laptop untuk proses updatenya.

Bagi pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan ingin mencoba melakukan sendiri upgrade via OTA (Over The Air), lengkapnya berikut langkah-langkahnya:

Persiapan Upgrade

  1. Pastikan smartphone dalam kondisi terkoneksi dengan Internet, terserah mau pake WiFi atau operator celullar juga bisa.
  2. Pastikan koneksi Internet dalam kondisi Stabil, dan ingat jika anda berencana melakukan update via koneksi Internet dari operator cellular, paket data Internet harus mencukupi (tergantung ukuran size file firmware yang akan didownload). dari pengalaman penulis biasanya file update hanya berukuran paling tinggi 50MB.
  3. Pastikan Baterai dalam keadaan terisi penuh.

Cara Upgrade

  1. Masuk ke menu “Settings > About device > Software update > check now” atau dalam menu bahasa Indonesianya “Pengaturan > Tentang Perangkat > Perbarui Perangkat lunak > perbarui
  2. Jika tidak terhubung dengan Wi-Fi, maka akan muncul pilihan “Pengaturan Wi-FI” dan “OK”. Disini jika anda berencana melakukan update via operator cellular cukup tekan pilihan “Ok”.
  3. Perangkat akan terhubung keserver untuk mengecek apakah ada update terbaru atau tidak.
  4. Jika ada update terbaru ditemukan, maka secara otomatis perangkat akan mendownload paket update tersebut yang berisi file firmware untuk di Install.
  5. Setelah proses download selesai, akan muncul pesan untuk melakukan Instalasi paket update tersebut, tekan saja pilihan “Install” dan secara otomatis perangkat akan Reboot/restart untuk memulai proses upgrade.
  6. Dalam proses upgrade, semua akan berjalan otomatis dan perangkat anda mungkin akan mengalami beberapa kali reboot, jadi tunggu saja hingga semua proses selesai.
  7. Jika sudah ada pesan yang menyatakan proses update software telah komplit, iu berarti Proses telah selesai, tekan saja pilihan “Ok”.

Untuk memperjelas, silahkan lihat langkah-langkah cara update Android via Ota (Over The Air) pada video dibawah ini (contoh dilakukan pada Samsung Galaxy Fame).

52 Responses to “Keuntungan dan Cara Upgrade Android via OTA (Over The Air)”

  1. file update kadang belum tentu seperti yg qt harapin kan gan,, kadang malah ada bug baru,, nah pertanyaan saya, semisal saya udah selesai update Firmware via OTA dan ternyata saya ga suka ama update tersebut, bagaimana cara ngerestore firmware ke sebelum kita update via ota tsb tanpa flashing ulang ROM… terimakasih

    • Wah kalau mau downgrade ke semula sebelum update firmware tanpa flashing, kayaknya agak sulit gan, tapi ngga tau juga kalau ada cara lainnya.

      Namun sepengetahuan saya sih kalau ada updat firmware yang mengalami bug, biasanya akan segera di patch lagi melalui update yang datang selanjutnya.

      • jadi ya solusix tinggal nunggu vendor ngeluarin update terbaru ya gan… hahahha
        kadang hal ini jd sulit untuk orang yg ga’ sabaran kaya ane gan… wkwkwkkw.. thanks

        • Ia gan, soalnya saya sendiri pernah ngalamin juga, waktu update malah browser chrome blank screen.
          Tapi tidak lama kayaknya setelah update Android lagi, permasalahannya langsung teratasi

    • Backup dulu gan OS HH nya sebelum diupdate. Buat jaga-jaga.
      Klo ntar ada eror entah bug ato yg lainnya, tinggal restore aja os yang lama. 😉

  2. M Zainul Muttaqin

    biasanya bro kalo wifi only dihilangkan tanda centangnya,
    lalu ketuk di periksa untuk update

  3. Mario Christian
    Kaunang
    Masih gak bisa unable conection network padahal koneksi internetnya udh nyala

    • Kurang tau juga mas Mario, tapi jelasnya kalau upgrade via OTA, file yang akan didownload itu jauh lebih kecil filenya dibanding kalau upgrade via Samsung Kies atau harus download full firmwarenya lalu flashing pake odin
      Tapi berdasarkan pengalaman sih kadang juga filenya lebih dari 200mb, tergantung upgrade yang ada, kalau memakan banyak perbaikan pasti cukup besar deh.

    • Apa hh nya udah di root? kalau udah biasanya update via Ota tidak bisa

      Selain itu, terngantung dari vendor (pembuat) hh itu sendiri apakah emang menyediakan update atau tidak.

      Oh ya, csl Mi 350 itu masih pake Andro Gingerbread yah sob? kalau untuk versi Android ini saya juga kurang tau

  4. gan aku download ota terbari koq gak bisa padahal sinyal h+ trus aku pakai wifi error klo download ota !trus aku juga gak bisa updte software aku pakai wifi “enauble to connect”dan pakai sinyal internet h+ “enauble to connect”tolong donk ksh tau!!!!(hp ku galayoung setelah di upgread jadi gk biasa updatw software dan ota juga!!!!!) ksh tau yaaa

    • Coba cek dulu apakah koneksi jaringan bisa tersambung, misalnya browsing.
      Tapi kalau tidak bisa, Pastikan Mode terbang (Airplane Mode) non aktif. cara mudah ceknya silahkan pencet tombol power sekali saja, lalu lihat yang ada gambar pesawat, kalau nyala maka agan non aktifkan itu.

  5. Maaf Saya Mau Bertanya … ???

    Apakah Semua Data Akan Hilang Setelah Update Melalui OTA .. Kan kalau Lewat Odin Semua Data Akan Hilang Seperti Hard Reset ….

    Mohon Bantuannya ??

    • Sudah dijelaskan tuh pada komentar diatas,
      Jelasnya. Update via OTA ataupun menggunakan KIES, data 100% aman (tidak terhapus)

  6. tanya gan… update os melalui ota klu jaringan ngak stabil apa resikonya…?? umpama ditengah jalan sinyal hilang…kira2 klu lancar sinyal berapa lama…?? Berapa kuota yg diperlukan utk tab 3.7 0.trims gan.

    • Meneurut pengalama sih, kalau masih dalam proses download firmware terus tiba2 jaringan terputus, palingan update akan dibatalkan! (tidak merusak device)

  7. tanya lg gan…sy udah coba upgrade via ota…tp stlh dowload spi 100%…muncul di layar tak ada unduhan..?? Apa hrs diulang…?? padahal sy udah dpt notifikasi utk perbaharuan perangkat lunak…apa via ota resiko kegagalan cukup besar…?? 2 jam lebih mendowloud upgrade via ota dgn file 625 MB utk tab 3.70. Apa yg sy lakukan klu diulang gagal lg gan…?? Trims sebelumnya.

    • Diulang lagi aja gan,

      Jelasnya udate via OTA itu ada dua tahapan yang perlu dilalui,
      pertama proses download firmware (update terbarunya),
      setelah itu yang keduanya yah itu proses instalasi firmware.

      Kalau pada saat proses download firmwarenya saja yang ngandat yah ngga ada masalah. Tapi kalau saat installasi firmware sudah berjalan terus tiba2 ngandat, misalnya karena HH kehabisan daya baterai, maka ada kemungkinan HH nya bisa mengalami bootloop.

  8. Malem .
    Saya update perangkat lunak pas firmwarenya berjalan mulus .
    Nah abis itu ada paket pembaruan lagi 384 mb .
    Pas saya instal udh 100% ehh unduhan tdk ada .
    Itu kenapa yaa ?? Apa hrs ulang atau gimna ??
    Hp ku samsung galaxy grand duos .

    • Kalau hanya update via OTA, nggak perlu backup gan.
      Tapi kalau takut kenapa2, yang nggak apa juga sih. yang pasti kalau saya sendiri ngak pernah backup data kalau mau update lewat OTA

  9. gan hp saya kok gk ada paket selular adanya cma wifi nya aj gmna cranya ganti ke paket celular?? nah terkadang juga dia tiba2 mncul pemberitahauan kegagalan dalam perbarui perangkat lunak, padahal saya gk perbarui loh munculnya jugak banyak banget gk henti2

  10. gan kalo udah d update os’nya tp setelah itu layar’nya ngblank gmana?
    hp ku gx bisa ngerestore os yg lama!

    hp ku samsung galW!

  11. Gan… ane pake n900 tp os nya msh jelly bean. ane sering cek software update, Dan selalu update firmwarenye via OTA tp msh jelly bean jga. Gk gnti k Kitkat. Napa ya… mohon bantuannya Gan. Trims.
    O. Ya.. ane d Plg. Salam knal semua.

  12. suhu kalo samsung galaxy core duos gt-I8262 bisa di upgrade ke kitkat ga?minta bantuanya pas saya cek di sofware update katanya gada pembaharuan os..mohon dijawab yah gan

  13. Gan.ane mo tanya. os saya kalau di perbaru via ota tidak bisa .trus tulisanya yg keluar”sistem oprasi perangkat lunak telah di modifikasi tanpa izin coba perbarui perangkat dgn kies via pc” itu knapa ya gan kok ota.nya gak jalan padahl dulunya bisa dan tidak pernah ku root .tp sering ku restar pabrik agar bisa di perbarui perangkatnya tp sama saja..minta solusi y gan 😀 ..???

  14. gan aku barusan upgrade via OTA dari Lollipop ke Marshmallow, tapi kenapa malah file di memory internalku pada ngilang??
    solusinya tolong gan..

  15. Gan, saya sudah upgrade ke marshmallow.via OTA. Cuman filenya OTA antara hilang atau tersembunyi. Padahal di memori ada isinya. Pas dibuka, filenya gak keliatan. Ada solusi?

  16. Great love your work Sean ! Flow , and wonderful times , and oethrs its a great project..it was great honor can play with u!Lets make spread music and Independent jazz Its the best ..Warm RegardsAchmad Ananda

  17. Hp ane udah di root jadinya ngga bisa update via ota lagi….
    Kalo ane flash HH ane, apakah bisa update via OTA lagi ya???

  18. Saya upgrade dari lolipop ke masmallow lewat OTA tapi error 7, nah kenapa tuh gan trus cara mengatasinya gimana ?
    Saya coba pembaruan sistem ngga ada respon lagi tuh, gimana gan ?

  19. Bang ko sistem otanyah gak ada .udah dicoba 4× udah diroot baru unroot lagi,ko gak adayah disetelan – info ponsel – baru gak ada bagiqn pembaruan perangjat lunak .bagaimana ni dihp evercoss a7b apa pake cwm

Leave a Reply