| by | Filed under Apps & Games, Gadget, Tips & Tutorial.

Google Apps for Android

Google Apps (Gapps) merupakan layanan buatan Google yang terdiri dari sekumpulan aplikasi seperti Google Play Store, Gmail, Google Search, browser Chrome, YouTube, Google+ dan lain sebagainya. Nah diperangkat Xiaomi, aplikasi-aplikasi tersebut bisa ditemukan dengan mudah apabila kamu sudah menginstall Google Installer.

Namun yang jadi permasalahan, Google Installer saat ini sudah tidak lagi disediakan oleh Xiaomi. Yah Google Installer memang tadinya dapat diperoleh melalui Mi Market, namun sayang setelah Xiaomi memberikan update baru di MIUI 6, Google Installer ternyata sudah dicabut keberadaannya dari bursa aplikasi besutan Xiaomi tersebut.

Bagi kamu yang pengen menginstall Gapps namun kesulitan memperoleh Google Installer, maka untuk mempermudah silahkan lihat caranya seperti dibawah ini.

Cara Install Google Apps di Xiaomi Menggunakan Google Installer

Step 1: Diperangkat Xiaomi , aktifkan sementara penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui. Caranya cukup masuk ke menu “Setting > Security” lalu on-kan opsi “Unknown source”.

Unknown source Xiaomi

Step 2: Download file apk Google Installer disini, lalu install ke perangkat Xiaomi. Apabila Google Installer berhasil di install, langsung tab tombol “Launch” untuk menjalankannya.

Install Google Installer di Smartphone Xiaomi

Step 3: Pada Google Installer yang sudah terbuka, kamu akan melihat beragam aplikasi Android buatan Google. Disarankan yang diinstall cukup Google Play Store nya saja. Mengapa? karena aplikasi lain nantinya bisa kamu install lewat Google Play Store itu sendiri.

Google Play Store Xiaomi Redmi 1S

Step 4: Ingat saat pertama kali menginstall Google Play Store, kamu juga akan disuru untuk menginstall Google Services Framework. Jadi cukup tap “Ok” untuk melanjutkan, lalu install semua aplikasi yang dibutuhkan (biasanya ada 4 apps) seperti gambar dibawah ini.

Xiaomi - Google Services Framework

Catatan Mengenai Gapps di Xiaomi

Di Indonesia sudah banyak jenis perangkat Xiaomi yang beredar, diantaranya seperti smartphone Xiaomi Redmi 1S, Mi3, Mi4 dan yang terbaru yakni Redmi 2. Hampir semua perangkat Xiaomi tersebut sudah menggunakan ROM MIUI versi global, namun demikian beberapa diantaranya ada juga yang masih memakai ROM versi China.

Perbedaan antara ROMI MIUI versi global dan china terletak dari ketersediaan Gapps didalamnya. Bila kamu menggunakan perangkat Xiaomi yang statusnya menggunakan MIUI versi China, maka dipastikan Gapps dan beberapa layanan Google lainnya tidak akan ditemui di perangkat kamu tersebut.

Untuk itu apabila kamu adalah pengguna perangkat Xiaomi yang memakai ROM MIUI versi China, maka cara termudah menginstall Gapps dapat kamu lakukan dengan menggunakan Google Installer seperti diatas.

17 Responses to “Install Google Apps di Xiaomi Menggunakan Google Installer”

  1. Gan, saya baru beli xiaomi redmi note 2 di distrubutor WII, kemaren sempat hilang juga play store nya. Sempat utak atik dengan petunjuk di Halaman Ini, saya berhasil kembalikan play store lagi. TERIMA KASIH BANYAK ATAS TUTORIALNYA GAN?

    Tapi masih ada beberapa problem yg ingin saya mintakan pencerahannya sbb
    1. Saya tidak bisa download THEMES ( bawaan MIUI 6 )selalu failed serta can’t preview
    2.. Juga tidak bisa download RINGTONES bawaan MIUI
    3. Biasanya kalau ingin merubah Ringtones, kita kan bisa pilih dari daftar music, terus pakai sebagaiRing tones. Kenapa di Redminote 2 ini gak ada pilhan itu. ?

    Sekian pertanyaannya gan. Maaf kalau tanyanya borongan ya.Sekali lagi mohon pencerahannya.

  2. Gan saya berhasil instal playastore dengan mengikuti cara di atas..tapi pas di pakai tidak conek server gan..trus forsclos juga..knp tuh

    • Kalau masalah seperti ini, Coba lakukan celar data pada Google Play Store dan Google Service Framework.

      Caranya:

      Masuk ke “Setting > Applications > Manage Applications”. Dari situ, pilih “All” tab.
      Cari “Google Play Store” dan tekan tombol “Celar Cache”, setelah itu paksa berhenti dengan menekan tombol “Force Stop”. (Lakukan hal sama pada Google Service Framework).

      Setelah clear data, buka kembali Google Play Store, maka pesan kesalahan akan muncul.
      Disini kamu tinggal reboot perangkat saja.
      Setelah reboot, coba jalankan lagi Google Play Store, dan harusnya masalah sudah terselesaikan

      Tambahan bagi yang membutuhkan Google Installer versi baru bisa download disini:
      http://en.miui.com/forum.php?mod=attachment&aid=NTgxMzA5fGRlZDUyZmUxfDE0NjA5NTMzMzJ8NTQyOTQ4MzM5fDIzMzQyNg%3D%3D

  3. Di ane lancar jaya…sempet lemes juga playstore nya hilang,gak nyaman aja android tampa gapps, tapi setelah ane ikutin steps nya,redmeong 2 ane jadi okeh lagi…thx y min tutor nye…thumb up

  4. Bos, saya sudah install google installer nya..
    Terus udah download juga tuh 4 apps yg diminta, tapi downloadnya ber-format .bin dan saya cari2 di file explorer kaga ada. Terima kasih mohon pencerahan

  5. Gan saya punya mi4,cuma saya bermasalah install salah satu dari 4 apps, google play error gak bisa install.ada solusi gan?

  6. Gan gimana cara disable playstore xiaomi ya?
    Karna klo mw instal aplikasi dari web selalu diarahkan ke playstore xiaomi
    Mohon pencerahannya
    Makasih gan

  7. Thanks bgt informasinya artikel ni pas bgt ane baru beli xiomi redmi 3 pro dapet rom china gak bisa instal aplikasi dari play store tau nya gak da Google inataler hampir aja ane cuci pake pemutih ni hp hahahaha

  8. Permisi gan. Ane mau nannya nih, kenapa ya ko ane ga bisa instal google services framework, parse error peringatan nya saat ane instal.
    Tolong bnget donk bantuannya. Terimakasi

Leave a Reply