| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Android Kitkat ART

Android Kitkat muncul dengan fitur yang unik, salah satunya yaitu ART (Android Runtime) yang merupakan suatu sistem landasan apa aplikasi Android nantinya. ART pada KitKat adalah suatu revolusi yang akan terjadi pada kinerja Android, sehingga akan termasuk menjadi runtime baru dan juga mesin virtual Android yang akan menggantikan Dalvik VM yang telah menjadi Virtual Machine pertama yang digunakan Google.

Pada dasarnya, ART mengkompilasi semua data aplikasi sehingga pengguna lebih cepat ketika mulai menjalankan aplikasi dan hal ini dapat meminimalisis penyebab Android mengalami lag. Pada Android 4.4, ART telah dibenamkan kedalam Nexus 5, tapi pengaturannya tidak secara default dan masih memakai Dalvik yang disebabkan karena belum semua aplikasi di Play Store support untuk mengadopsi compiler ART serta masih adanya masalha stabilitas. Kendati demikian, ART kini lebih stabil di Android 4.4.2 dan jika ingin mencobanya di Nexus 4, 5, 7 atau Nexus 10 berikut caranya:

Aktifkan Developer Option:

Untuk dapat menggunakan Virtual Machine ART pada Nexus, pertama-tama yang dibutuhkan ialah Developer Option harus dalam keadaan enable, intuk itu silahkan aktifkan dulu fitur tersebut dengan cara

  1. masuk ke menu “Settings > About“.
  2. Berikutnya cari menu “Build Number“, lalu silahkan klik menu tersebut sebanyak 10 kali hingga pop-up bertulis “You are now a developer” muncul.

Gambar1

Aktifkan ART (Android Runtime):

Jika hal diatas sudah dilakukan, kini ART sudah siap diaktifkan dengan cara

  1. Pada halaman Setting, pilih opsi menu Developer.
  2. Selanjutnya pilih menu Select Runtime > Tekan dan ubah ke Use ART.
  3. Setelah itu, perangkat akan melakukan reboot dalam jangka yang agak lama, tergantung banyaknya aplikasi dalam perangkat (Selama proses tersebut, Sistem Operasi akan mengubah semua aplikasi kamu ke ART, namun jangan kuatir semua data aplikasi akan aman dan dapat digunakan seperti biasanya setelah reboot).

Cara ART Nexus 4-10

Perlu juga diketahui bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak bekerja dengan baik sampai pengembang aplikasi tersebut menyesuaikan dengan runtime ART ini.

Leave a Reply