| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Flashing (Reinstall, Upgrade & Downgrade) BlackBerry 10

Ingin melakukan flashing (install ulang) karena ponsel BlackBerry 10 kamu mengalami error/stuck on booting? ataukah kamu hanya ingin sekedar melakukan upgrade/downgrade BB10 secara bersih dengan metode fresh install? Kalau begitu, silahkan gunakan Autoloader OS sebagai salah satu jawabannya.

Sekedar diketahui, autoloader merupakan file firmware BB10 yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan reinstall, upgrade atau downgrade sistem operasi di perangkat BlackBerry Z10, Q10, Q5, Z30, Porsche Design atau BB10 tipe lainnya.

Proses flashing menggunakan autoloader sendiri dapat dilakukan dengan beberapa tahap dan tentunya sangat mudah dilakukan. Jelasnya detail mengenai cara penggunaannya bisa dilihat seperti dibahwa ini.

Perlu Diperhatikan

Sebelum memulai proses flashing, terlebih dahuluh perhatikan beberapa hal berikut ini supaya BB10 tidak mengalami masalah yang dapat menimbulkan kerugian buat kamu.

  • Siapkan satu buah komputer/laptop yang didalamnya sudah terinstall Blackberry Link. Mengapa? agar driver BB10 dapat dikenali saat nantinya dihubungkan ke PC.
  • Pastikan daya baterai pada perangkat BB10 sudah terisi minimal 80%.
  • Proses flashing akan menghapus data-data di ponsel BB10, jadi pastikan backup data terlebih dahulu misalnya menggunakan BlackBerry link.

    Jika flashing dilakukan untuk tujuan downgrade, maka backup data yg ada di BlackBerry link tidak bisa di restore ke versi OS yang lebih rendah. Jadi untuk solusinya lakukan saja backup menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti backup pro (simpan file backup-nya di sd card).

Download File-file yang Diperlukan

Download semua file yang dibutuhkan dibawah lalu simpan di komputer/laptop.

  • Download SIC Multiwipe v1.2 atau SIC Multiwipe v1.3 (untuk tambahan pilihan BlackBerry Passport).
  • Download Autoloader OS BB10 disini yang sesuai dengan model perangkat BB10 kamu. Untuk model perangkat BB10 dapat dilihat melalui menu “Settings > About” (Contoh untuk Z10 saya tipenya STL100-1).
    BB10 About Menu

    Pilih autoloader versi yang paling tinggi bila ingin upgrade, atau versi yang rendah dari OS BB10 yang saat ini sedang kamu pakai bila mau downgrade.

Bersihkan Dahulu BB10 Kamu Menggunakan SIC Multiwipe

Untuk mendapatkan hasil optimal di OS BB10 kamu nantinya, maka disarankan lakukan proses cleaning terlebih dahulu menggunakan SIC Multiwipe.

  1. Matikan (turn-off) BB10 kamu.
  2. Ekstrak SIC Multiwipe yang sudah didownload di PC menggunakan 7zip atau winrar dalam satu folder. Setelah itu jalankan programnya.
  3. Akan muncul jendela MS-DOS. Untuk yang menggunakan SIC Multiwipe v1.3, silahkan pilih tipe device yang akan di wipe.
  4. Pada saat keterangan “Connecting to Bootrom” muncul. Silahkan hubungkan ponsel BB10 ke PC menggunakan kabel data USB original.
  5. Lampu LED BB10 akan menyala menjadi hijau dan bersamaan dengan itu proses wipe akan langsung berjalan secara otomatis.
    SIC Multiwipe BlackBerry 10
  6. Tunggu saja hingga jendela MS-DOS tertutup sendiri yang menandakan proses wipe selesai (bila proses wipe selesai, lampu LED BB10 akan berkedip merah dengan pola tetap 2x…2x).

Bila proses wipe selesai, jangan dulu copot koneksi data USB BB10 ke PC (biarkan tetap tehubung), karena masih akan dilanjutkan kelangkah flashing seperti dibawah.

Langsung Flashing BB10 Menggunakan Autoloader

  1. Pastikan BB10 masih terhubung ke PC.
  2. Jalankan Autoloader OS yang sudah kamu download sebelumnya di PC.
  3. Jika tidak ada masalah, maka program autoloader (tampilannya berupa MS-DOS layar hitam) akan langsung berjalan otomatis untuk menginstall OS diperangkat BB10.
    Autoloader-BlackBerry-10
  4. Tunggu hingga MS-DOS autoloader tertutup sendiri yang menandakan prosesnya telah selesai dan bersaman dengan itu BB10 kamu akan reboot dan masuk ke setup awal.

    Saat BB10 masuk ke setup awal layaknya seperti ketika pertama kali dibeli, itu tandanya proses install ulang ponsel sudah berhasil dilakukan. Jadi silahkan atur saja sesuai keinginanmu.

Ingat! pada saat proses wipe dan flashing sedang berlangsung, jangan sekali-kali melepas sambungan kabel data USB BB10 yang terhubung PC sebelum prosesnya selesai.

Sebagai bahan tambahan…
Apabila hanya ingin melakukan upgrade atau reload OS BB10, selain cara diatas kamu juga dapat melakukan instalasi dengan metode yang sudah ditulis sebelumnya (baca: 2 Cara Mudah Update OS BlackBerry 10).

77 Responses to “Flashing (Upgrade & Downgrade) BB10 Menggunakan Autoloader”

  1. Process Autoloader sudah komplit… lampu hijau berubah lagi kedip2 2X…..2X
    Tapi gak reboot reboot…
    ada masalah apa yah…
    BB Q5

  2. Process Autoloader sudah komplit… lampu hijau berubah menjadi merah lagi kedip2 2X…..2X
    Tapi gak reboot reboot…
    ada masalah apa yah…
    BB Q10

  3. saya baru beli bb bekas, pas mau login eh bb anti thefnya aktif jd harus memasukkan id pertama saat set up.. tp saya tanya sama yg jual udh lupa ktanya.. kira2 bisa pake cara ini ga gan?

    • sama gan ane jga begi kira” bisa di atasi dengan cara ini gk, mohon pencerahan dari agan dan masta” di marih..
      terimakasih

  4. gan punya saya juga g bisa kayak punya mas-mas di atas…. harap kasih solusi gan, kl memang g ada solusi postinganyya tolong di hapus biar g nambah korban.trims

  5. Pengalaman saya flashing Blackberry Z10 hanya memakai SIC multiwipe v1.3 dan Blackberry Link

    PRAKTEK flashing os Blackberry Z10 Berhasil tanpa kendala:

    # Persiapan :

    1. Siapkan komputer yang sudah terinstal Blackberry Link
    2. Koneksi internet yang stabil karena nanti akan mengunduh BB OS lebih dari 1 GB
    3. HP dan kabel data ori
    4. Secangkir kopi hangat biar gak ngantuk 🙂
    5. Mental dan kesabaran (positif thinking)

    # Siap tempur

    1. matikan HP
    2. copot batteray, sim, dan memory card
    3. koneksikan HP ke komputer yang sudah terinstal Blackberry Link dengan kabel data ori
    4. pastikanHP sudah terdeteksi di komputer
    5. jalankan aplikasi “SIC Multiwipe” dan lampu indikator berwarna hijau (<<>>)
    6. tunggu sampai tahap SIC Multiwipe selesai sambil anda menyeruput kopi hangat 🙂
    7. jika SIC Multiwipe telah selesai maka dia akan close dengan sendirinya dan lampu indikator HP berubah menjadi blink merah 2x yang menandakan system operasi sudah tidak ada
    8. jalankan Blackberry Link sampai terdeteksi HP anda
    9. nah jika sudah terdeteksi maka sekarang saatnya mengunduh Operasi sistem blackberrry dengan cara klik pada PREFERENSI BLACKBERRY LINK — MUAT ULANG PERANGKAT LUNAK UNTUK PERANGKAT — MUAT ULANG — OK — DAPATKAN PEMBAHARUAN dan tunggu sampai selesai dengan sendirinya. [<<>>]
    10. selesai, sekarang HP anda kembali baru lagi tetapi dengan operasi sistem blackberry yang terkini

    CATATAN:

    /// proses “downgrade” dengan “Blackberry 10 auto loader” tidak akan berhasil jika Blackberry OS sebelumnya adalah versi 10.3.2 dikarenakan dibawah OS 10.3.2 sudah diblok oleh device anda///

    ///flashing diatas dapat dipraktekkan pada HP Blackberry OS 10 yang “soft brick” dan hard brick”///

    …::::GoodlucK::::……::::GoodlucK::::……::::GoodlucK::::……::::GoodlucK::::……::::GoodlucK::::…

    • gan Yusufa Muxlim
      jadi solusinya gmn kalo mau downgrade ke versi sebelumnya?
      mau ke versi yg jadul soalnya versi baru kamera gak jalan

      tank”s

    • Gan minta Link buat download OS yang diatas 10.3.2.2789 BlackBerry ane aplikasinya pada ilang mohon bantuannya ane nyari di mbah google ga ketemu

  6. w berhasil kok flashing bb q5 w,pastiin os sesuai dengan handheld,pc dah ada bb link nya,tq ya gan tutor nya,sukses terus….:)

  7. mas mas yg baik hati tolong solusinya dong
    hp aku bb q5 dan kalau setiap saya restart data semuanya kembali ke pengaturan pabrik atau hilang udah aku coba wipe terus aku pakek bb link juga hasilnya sama aja data hilang semua saat saya restart.
    mohon solusinya

    • Kalau menu Musik dan Gallery tidak muncul usai flashing, itu biasanya karena agan pake OS Autoloader yang dikhususkan untuk Developper. Saya sarankan, coba lakukan flashing ulang dengan OS Autoloader lainnya (tapi tetap yang sesuai dengan perangkat agan)

      Untuk Autoloader yang cocok, coba search aja di Google, banyak yang udah share link Autoloader di forum2.
      Tapi pastikan cari yang bukan untuk Developer. Karena kalau yang untuk Developer, menu Musik dan Gallery emang biasanya nggak ada.

      • Cara bedain autoloader developer dgn yg bukan gimana mas? Mohon penjelasannya. Hp sy jg gak punya galeri dan pemutar musiknya

  8. Curhat dikit ah..
    1. Awalnya HP dalam keadaan stag di proses security wipe 98% gak naik2 sudah 2 hari gilaa.
    2. setelah baca tutorial mas diatas, modal nekat kalau rusak biarin rusak sekalian hehehe… Dalam kondisi nancap kabel data ke komputer (sudah ada BB linknya tentunya) tekan tombol power lama (sampai HP mati pokoknya).
    3. Sudah kondisi off, jalankan sic multiwipe 1.2. muncul lampu hijau di HP. prosesnya cepet cuma 5 menitan.
    4. setelah proses selesai lampu jadi warna merah.
    5. Konek ke BB link. Klik muat ulang.
    6. Proses download kira2 hampir setengah jam (pake wifi kantor)
    7. Selesai. BB dalam kondisi awal.

    Terima kasih mas.. blognya membantu sekali.

  9. nih info dapet dari lounge di kaskus

    PENTING : Buat yang sudah instal OS 10.3.2, berarti sudah tidak bisa downgrade / instal OS 10.3.1 atau 10.2.1 (Sudah Di Block Oleh BlackBerry) lagi dikarenakan OS terbaru 10.3.2 ada fitur anti pencurian (Anti-Theft)di Blackberry Protect.

  10. kasus saya, pemakai hape bb (yang lumayan langka) BlackBerry Leap

    disini saya melakukan proses wipe, 2 hari masih 98% gak naik :'(

    saya coba untuk mematikan hapenya, dan akhirnya malah error 10-0015, saya sangat frustasi skarang, bagaimana cara memperbaikinya, saya mencoba cara agan blogger, doakan semoga sukses

  11. Thankss info nya gann, saya berhasil upgrade BBZ10 saya STL100-3. VERSI 10.3 Yg paling latest. terima kasihhhh

  12. gan help me gan….ane hbs flashing ngikutin tutor di atas. aku cek Model Numbernya STJ100-1 kemudian aku download tuh autoloader proses Wiped done kemudian proses autoloader done tp masih kedip LED merah 2x, lama g nyala sendiri akhirnya aku nyalain eh ternyata g bisa juga gan. kelamaan nunggu akhirnya aku cabut tuh USB Cable n aku matikan laptop aku tinggal tidur dah, esoknya aku coba pake koneksi WiFi nih device ane malah g nyala sama sekali n g kedetect laptop. gmn tuh gan solusinya?

  13. bb q10 ku OS 10.3.2, kemarin udah terlanjut downgrade tapi gak bisa cuma kedip2 merah sekarang …
    trus solusinya aku autolode ke OS 10.3.2 atau update di atasnya ya gan…

  14. Maaf gan saya ada bli bb q10 secend… Alias bekas… Tapi pas reset… Minta id… Saya isi… Eh malah bb protect thief nya aktif… Gak bs masuk… Pas saya tanya… Sm yg saya beli… Dy juga lupa id awal nya apa…. Bisa pake cara di atas gak gan… Makasih… Wassalam

    • Sama, bb ku q10 diupgrade ke versi 10.3.2.2836 juga jadi boros baterey, padahal sdh diaktifkan mode hemat baterey dan dimatikan auto update.

  15. kok blank ya setelah diwiping ama di autoloader cuma kelap kelip merah doang blank lagi gak sama sekali ngerestart ke setup.. blank layar… Tolong pencerahannnya ya gan… Thankx

  16. saya pemula
    dan saya ikuti tutor diatas buat mebetulkan bb q10 yang error segitiga kuning
    dan hasilnya josssssssss
    terimakasih master yang punya blog..

  17. Mohon Share ya gan, atau siapa aja yang ngerti. Saya pake BB Z3 os versi 10.2.1.3247 masalahnya, dari awal beli kok jaringannya ngga muncul 3G/H/H+ ya? yang muncul hanya ‘e’ tp kalo lg koneksi munculnya ‘E’. Udah konsultasi sm provider ngga ada masalah, jadi masalahnya dimana ya gan? apa perangkat BB nya? ada solusi untuk masalah ini gan? mohon pencerahannya dong gan, thanks… wassalam 🙂

  18. gan kok hp saya di flash malah kedip dua kali .. awalnya saya mau upgrade ke versi 3.2 .. padahal bb link udah terinstall mohon pencerahannya

  19. buat info agan”,,,jangan lupa blackberry link harus tersambung ke hp…dan dibutuh kan jaringan internet yang terkoneksi ke laptop/pc.

  20. Gan,Saya mo Sharing..Saya Pengguna BlackBerry Z10 STL100-3.
    Kemarin saya Upgrade dari OS 10.3.1.529 ke OS 10.3.2.2243 kemudian berhasil sempurna..!! Tp yang jadi permasalahan saya adalah kenapa pada waktu BB saya mati atau saya restart, kok..selalu kembali seperti pada pengaturan awal..seperti baru.,Capek saya,gan..selalu mengisi BlackBerry ID dan download aplikasi lainnya. Mohon Pencerahannya,gan..saya tunggu

  21. gan mau nanya BlackBerry z10 stl1001 kok ndk ad layanan 4g….sama mau nanya hp bbz10 saya tidak bisa baca micro sd..itu cara atasi masalah gmn gan mohon bantuannya

  22. bang, mau nanya, gak masalah tuh kalau sudah di wipe trus autoloadernya blum di download…
    makzud aku, gak apa ya kalau BB nya di cabut dulu dri laptop, ntar nyusul autolodernya dijalankan kalau download nya sudah selesai…..

  23. Gan mohon bantuannya…
    Ceritanya gini aku ngewipe bb z10 aku uda 2 minggu masih 99% aja.. trs aku cabut batre ya trs muncula bberror1005 atau apa yg jls bberor gtu..
    Trs aku wipe lewat sic , wipe berhasil trs aku lanjutkan autoloder stl1001 devAlphaB.10.3.1.997. Bb ttp aja gak mau starup hanya saja kedip2 merah.
    Trs ganti autoloader slt100-1 10.3.1.2582.
    Ttp aja masih kedip2 merah..
    Mohon solusinya gan..

  24. Kak mau tanya.. Saya sudah pake autoloader dan suksen. Namun menu galeri, music player , amazon dan saya tidak bis berganti layar walpaper.
    Saya mengikuti beberapa cara dari beberapa bloger katanya suruh pakai yang os leaked namun saya kurang paham dan takun saat wipe stuck lagi
    Mohon bantuannya. Jika ada tolong kasih tahu linknya
    Terimakasih

  25. Assalamualikum gan, tentu di 2017 ini udah gak jaman pakek BB ya kan, tapi ini masalah nya bukan masalah zaman atau apapun itu, ini maslah kenangan untuk beli hp bb z10 ini gan.

    awal nya bb ku terinstal os untuk Deplover nah tentu gue gak nyaman dengan os terbaru nya karena untuk media nya gak bisa di buka agak ribet tentu nya.

    terus aku ngitu cara toturial ini web ini, gue udah download bb link, multi wipe dan tentu nya os yang sesuai dengan hp gue.

    awal nya waktu multi wipe lancar aja terus langkah selanjut ada instal os nya dan ternyata error, dan hp nya hanya kedip lampu merah 2 x yang sangat cepat gan, gue heran kok bisa gitu ya, padahal gue udah ikutin toturial nya dengan sangat hati” dan hasil nya sangat mengecewakan.

    untuk yang buat web ini aku dengan sangat mohon untuk pencerahan nya, terimaksih.

    • Maaf gan saya ada bli bb q10 secend… Alias bekas… Tapi pas reset… Minta id… Saya isi… Eh malah bb protect thief nya aktif… Gak bs masuk… Pas saya tanya… Sm yg saya beli… Dy juga lupa id awal nya apa…. Bisa pake cara di atas gak gan… Makasih… Wassalam

  26. mmng dah nggak jaman pakai bb , cuman sayang banget di lembiru biar jadi LTE 4 G ( di lempar beli baru) 😮 banyak kenangan sih

  27. agan ada yg ngerti standar os z3 gak? z3 saya eror saya gak pernah tau ad banyak farian os.
    hp saya memdadak muncul http://www.bberor
    com.0015. saya coba tutorial di atas hp malah kedip lampu merah.
    bingung nyari oautoloader yg pas?
    juga kendala sinyal kalau pakai bblink..?
    yg punya os buat z3 sherr dong?
    makasih admin

    hehee

Leave a Reply