| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

CWM (Clock Work Mod) Recovery

Nih adalagi satu hal berguna bagi sobat semua yang senang mengutak-atik ponsel Android terutama pada jenis smartphone low-end milik Samsung yaitu Galaxy Fame. Yah apalagi kalau bukan CWM (Clock Work Mod) Recovery yang fungsinya sangat diperlukan ketika hendak mengkustom beberapa bagian dari sistem operasi Android bawaan perangkat.

Pastinya bagi sobat semua pasti sudah mengertilah fungsi dari custom recovery ini, tapi kalau belum mengerti juga silahkan saja disearch yah! karena sudah banyak kok yang share. Jadi untuk tahap ini kita tidak perlu membahan panjang lebar lagi, untuk itu mari langsung saja ke cara menginstal CWM Recovery.

Siapkan File-file Yang Dibutuhkan

  • Siapkan satu perangkan Komputer.
  • Download Samsung USB Driversi v1.5.25 (Jika sudah pernah menginstall Samsung Kies, maka tahap ini tidak perlu dilakukan karena dalam aplikasi Kies sudah disertakan driver usb).
  • Download CWM 6.0.4.6 Final untuk Galaxy Fame model s6810/s6810P/s6810L/s6810E/s6812. Untuk mendownload versi terbarunya (jika ada), bisa juga langsung kesitus XDA Developers.
  • Downoad ODIN v3.07.
  • Siapkan kabel data original Samsung Galaxy Fame untuk menghubungkan handphone ke Komputer
  • Disable sementara antivirus yang terinstall di Komputer.

Proses Install CWM Recovery Galaxy Fame

  1. Install Samsung USB Drivers (ingat jika sudah menginstall Samsung Kies, maka tahap ini dilewatkan saja).
  2. Ekstak file CWM (berisi file dengan nama recovery.tar.md5)
  3. Ekstak ODIN di Komputer lalu jalankan aplikasinya.
  4. Atur Handphone ke Modus Download dengan cara:
    • Pastikan handphonenya dalam ke adaan off, lalu kemudia tekan dan tahan kombinasi tombol “Volume Down + Home + Power” hingga dilayar muncul tampilan warning.
    • Pada layar warning, tekan tombol “Volume Up” untuk masuk ke modus download.
  5. Dalam keadaan modus download, sambungkan Hp ke Komputer menggunakan kabel data.
  6. Jalankan aplikasi ODIN di Komputer, dan tunggu hingga hp dideteksi oleh aplikasi ODIN yang biasa ditandai munculnya status port telah terbaca pada bagian “ID:COM”.
  7. Pada aplikasi ODIN, atur beberpa bagian seperti gambar dibawah
    ODIN Install CWM Galaxy Fame

    • Hilangkan centang Auto Reboot, Re-partition, dan F.Reset Time
    • Klik tombol “PDA” lalu cari dan masukkan file “recovery.tar.md5“.
  8. Masih di aplikasi ODIN, klik tombol “Start” untuk memulai proses flashing.
  9. Setelah proses flashing selesai, lepaskan kabel data pada handphone lalu tekan tombol kombinasi “Volume Up + Home + Power” selama beberapa detik hingga hp restart.

    Biasanya dengan menekan tombol tersebut, maka usai restart, handphone akan masuk ke recovery mode. Namun jika tidak, silahkan matikan handphone lalu tekan ulang lagi tombol kombinasi “Volume Up + Home + Power”.

  10. Saat masuk ke recovery mode, pastikan hasilnya seperti gambar dibawah. Jika ia maka itu tandanya proses Install CWM berhasil dilakukan.
    CWM Recovery Galaxy Fame

    Ingat gunakan tombol Volume Up(+) atau Volume Down(-) untuk melakukan navigasi, dan pastinya gunakan tombol Power untuk mengeksesuki pilihan yang ada. Dalam tahap ini karena CWM sudah berhasil terinstall maka tinggal pilih saja menu “Reboot system now” untuk kembali menghidupkan handphone.

Keterangan:
Berdasarkan pengalaman, proses menginstal CWM di Samsung Galaxy Fame ini terkadang gagal dilakukan. Jadi jika anda juga mengalaminya, coba lakukan ulang proses penginstalan dimana tahap-tahapnya sama seperti proses install diatas.

13 Responses to “Download & Install CWM Untuk Galaxy Fame (GT-S6810)”

  1. gan, ane udah coba untuk install cwm seperti langkah diatas, tapi gagal terus saat masuk recovery mode tidak muncul seperti gambar diatas, hanya muncul gambar android tidur
    sudah ane coba seharian sesuai dengan langkah diatas. bisa kasih solusinya gan. please fast respond gan. thanks.

  2. gan, kok wktu nyambung kabel usb hpnya di odin ga kbaca ya, apakah krna hpnya dlam keadaan off? karna wktu dalam keadaan on kebaca dia

Leave a Reply