| by | Filed under PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Virtual Drive - Moun dan Unmount Image file

Fitur Mount maupun Unmount file ISO sudah hadir secara default di Windows 8 dan Windows 8.1. Menariknya fitur ini juga terus dibawa oleh Microsoft hingga ke sistem operasi terbarunya yakni Windows 10.

Adanya fitur Mount dan Unmount built-in ini memungkinkan kamu bisa membaca file ISO secara langsung dari komputer berbasis Windows. Artinya kamu tidak perlu lagi repot-repot menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CD/DVD Virtual drive dari Daemon Tools jika hanya ingin membuka isi dari file berformat ISO image.

Cara Mount File ISO di Windows 10 dan 8 (8.1)

Mount file ISO tujuannya ialah untuk membaca semua isi yang ada didalam file ISO melalui CD/DVD virtual. Di Windows 10 dan 8 (8.1) sendiri, kamu bisa melakukan mount file ISO dengan mudah. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

Pertama-tama cari file ISO yang ingin kamu mount. Setelah ketemu silahkan klik kanan file ISO tersebut lalu pilih menu “Mount“.

Mount file ISO di Windows 10

Selain cara diatas, kamu juga bisa melakukan mount dengan memilih file ISO, lalu pilih “Mount” pada menu ribon “Manage“.

Cara Mount file ISO di Windows 10

Setelah itu kamu akan langsung melihat sebuah DVD virtual driver yang berisikan file-file hasil mount file ISO di halaman File Explorer Windows.

Cara Unmount File ISO di Windows 10 dan Windows 8 (8.1)

Untuk unmount, kamu cukup klik kanan lalu pilih “Eject” pada DVD virtual drive hasil mount file ISO yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Unmount Virtual Drive file ISO di Windows 10

Selain dengan cara meng-eject, unmount juga bisa dilakukan dengan cara merestart komputer/laptop (DVD virtual drive hasil dari mount file ISO akan hilang usai restart dilakukan).

Leave a Reply