| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

OnePlus X baru saja resmi launching di Indonesia dan dijual pertama kali dengan status Flash Deal di salah satu situs e-commerce dalam Negeri. Yah walau sebenarnya smartphone ini bukan seri terbaru keluaran OnePlus, namun untuk Indonesia OnePlus X memang baru tahun ini (akhir Maret 2016) dipasarkan secara resmi.

OnePlus X

Apabila kamu ikut membeli OnePlus X (OPX) dipenjualan resminya di Indonesia ini, mungkin kamu akan sedikit heran karena OPX yang didapat status konektivitas nya tidak mendukung 4G LTE (masih 3G). Lah kok bisa padahal OPX harusnya mendukung 4G LTE?

Yaps, secara spesifikasi hardware OPX memang sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Namun karena smartphone berbasis ROM OxygenOS ini masih terganjal dengan kendala aturan TKDN, namun OnePlus nekat memasarkannya di Indonesia, maka jalan untuk mengakalinya terpaksa konetivitas 4G OnePlus X harus di lock (non-aktif).

Untuk kamu ketahui, TKDN merupakan aturan yang mengharuskan smartphone 4G yang akan dijual di Indonesia memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 20% (contoh Samsung yang sudah buat pabrik di cikarang demi memenuhi aturan TKDN)

Lantas kalau begitu apakah OPX tidak bisa 4G LTE di Indonesia? Karena disini yang dibawas bukanlah aturan melainkan fasilitas yang diberikan, maka tentu OPX sangat memungkinkan dapat memakai jaringan 4G LTE, terlebih smartphone ini memang memiliki konektivitas 4G LTE yang support di frekuensi 900 MHz dan 1.800 MHz untuk jaringan 4G yang dipakai oleh provider seperti Telkomsel, Indosat, XL dan 3 (Tri)

Untuk mengaktifkan 4G LTE OnePlus X, caranya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu meng unlock saja jaringannya menggunaka ROM global OnePlus X.

Unlock 4G LTE OnePlus X

  1. Download Stock ROM Global OnePlus X disini (file size kisaran 900Mb)
  2. Setelah file di download, simpan file .zip tersebut ke memori Internal OPX kamu (simpan file di directory paling atas dan bukan dalam folder).
  3. Matikan (Off) OPX
  4. Masuk ke Stock Recovery. Caranya, dalam kondisi OPX mati, tekan dan tahan tombol “Power” + “Volume down (-)” secara bersamaan (lepas tombol setelah menu recovery mode muncul di layar)
    OnePlus X Recovery Menu
  5. Setelah masuk ke recovery mode, pilih menu “Install From Local”, lalu cari dan pilih file .zip update stock rom yang sudah kamu simpan di memori internal, selanjutnya pilih “Install
  6. Proses install akan dimulai. Tunggu hingga selesai lalu “Reboot” OPX.
  7. Sampai disini 4G LTE OPX sudah aktif. Silahkan cek settingan Network untuk memastikan menu LTE telah tersedia.

11 Responses to “Cara Mengaktifkan (Unlock) 4G LTE OnePlus X Indonesia”

  1. “Download Stock ROM Global OnePlus X disini (file size kisaran 900Mb)
    Setelah file di download, simpan file .zip tersebut ke memori Internal OPX kamu (simpan file di directory paling atas dan bukan dalam folder”

    Kalau sudah di download filenya otomatis masuk ke folder “Download” kan
    atau harus diluar folder?
    Kalau di luar folder bagaimana caranya memindahkannya ke luar folder ya?

    • Pindahin file pake aplikasi File Manager gan. Kalau OPX agan belum ada File Menager nya, download dulu di play store (banyak jenis file manger di PS, pilih saja yang sesuai dihati)

    • Failid gimana gan? Mungkin file yang didownload corrupt. Coba download ulang lagi dan diusahain download pake koneksi yang stabil

  2. gan kok setelah install2 apps dan login2 trus sy reboot hp nya eh sy gak bs buka menu aplikasi ya? sll kebuka recent update gan? ada solusi?

    makasi gan

  3. Gan tolong tanya, berapa lama proses langkah no 6. (Proses install akan dimulai. Tunggu hingga selesai lalu “Reboot” OPX.) dan apa selama proses layar muncul logo one plus?

  4. Setelah ngeunlock 4g nya, kira-kira bakal ada efek samping buruk buat hpnya ga? Sama bakal ngehilangin garansi atau engga?

Leave a Reply