| by | Filed under Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Setel Parabola

Untuk melengkapi pembahasan sebelumnya mengenai rahasia trik pasang parabola, ternyata ada satu lagi yang perlu dimasukkan dalam pembahasan tersebut yakni menentukan kedalam LNB (Low Noise Block conventer) atau alat untuk menerima sinyal pemancar yang berasal dari satelit.

Perlu diketahui bahwa beberapa kode angka pada LNB bukan untuk menyetel titik fokus, melainkan untuk menyetel arah iluminasi atau sorotan LNB sesuai dish yang digunakan. Selain itu sebelum melangkah lebih dalam mengenai pembahasan ini, ada baiknya beberapa hal yang harus diketahui mengenai antena parabola, seperti feed dish, kedalaman parabola dari permukaan serta titik fokus yang tentunya khusus bagi yang belum mengetahuinya. Ketiga hal tersebut tentu sangat menyangkut dengan pembahasan ini.

  • Pada bagian pertama, yaitu mengetahui berapa feed dish parabola. Seperti diketahui, 1 feed sama dengan 30, 48 cm, jadi untuk menghitung diameter parabola hal ini tentu akan sangat membantu. Untuk mengetahuinya berapa feed parabola Anda, tentu harus melakukan pengukuran terlebih dahulu antara panjang dari sisi ke sisi satu, seperti terlihat pada gambar dibawah.
    Contoh 1
    Jika di dapatkan diameter 275 cm dish parabola, maka 275 : 30, 48 = 9,022 cm (Dibulatkan 9 feed) atau 9 X 30,48 = 274,32 cm (dibulatkan 275 cm).
  • Pada bagian kedua, mengukur kedalaman dish parabola dari permukaan yang tentunya juga masuk dalam rumusan menentukan posisi LNB.
    Contoh 2
  • Ketiga yakni mengetahui jarak titik fokus dari dasar dish parabola hingga LNB.
    Contoh 3
    Jika diketahui, diameter 275 cm (D) serta kedalaman dish parabola dari permukaan yaitu 41 cm (T), maka jarak titik fokus adalah F = D2/16 X T.

    F = 2752 / (16 X 41)
    F = 75625 / 656
    F = 115, 2

Menentukan Kedalaman LNB

Jika sudah mengetahui ketiga ukuran dish parabola Anda, maka akan sangat mudah untuk menentukan berapa seharusnya kedalaman LNB C dengan menggunakan rumus F/D (X100). Sebagai contoh jarak titik fokus (F) serta diameter (D) ukuran gambar sebelumnya.

  • 115,2 /275 (X100) = ?
  • 0,41890 X 100 = 41,890 (Bisa dibulatkan 42)

Bagaimana bila menggunakan dish 3 feed, seperti dish Telkomvision atau Indovision yang memiliki titik fokus hanya 58 cm serta diameter 97cm dan kedalaman LNB yang dibutuhkan adalah (58/97 [X100] =) 59,7. Sementara angka pada LNB hanya maksimum 45. Untuk memecahkan masalah tersebut, maka dibutuhkan braket atau dudukan LNB seperti kerucut yang disebut Conical Scalar Ring yagn berfungsi mengcover sinyal secara maksimal pada dish yang berukuran kecil.

Sedangkan untuk LNB Ku tipe Prime dan Offset fokus memiliki scalar ring yang berbeda pula, dimana jenis Prime fokus mengadopsi scalar ring yang datar, sedangkan tipe offset bermodel kerucut yang dikhususkan untuk dish kecil.

6 Responses to “Cara Menentukan Kedalaman LNB Parabola”

  1. Ini cara teori, kalo prakteknya : naik turunkan LNB Untuk perkuat signal chanel di polaris Horisontal, putar kiri dan ke kanan untuk mendapatkan kwalitas signal maksimal polaris vertikal, maka itulah posisi kedalamannya yang tepat.

  2. Bagaimana kalau menggukan 8 buah lnb dalam satu titik fokus pada dish paranggo uk.10 feet kedalaman lnb dan jarank posisi masing2 lnb pada dudukanya.??

    Mohon infonya.!
    Terima kasih

Leave a Reply