| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.
bb10-zip

Pada BlackBerry dengan OS 5, 6 dan 7, satu-satunya cara untuk membuat dan mengeekstrak File Zip harus membutuhkan aplikasi pihak kedua, hal tersebut perlu dilakukan tentunya tidak terlepas pada problem BlackBerry dengan OS terdahulu tersebut secara default tidak menyedikana fitur zip/unzip file.

Namun dengan hadirnya BlackBerry 10, urusan Zip maupun Unzip File atau Folder menjadi sangat mudah, caranya hanya cukup memanfaatkan fitur aplikasi File Manager bawaan BlackBerry 10 yang sekarang mampu mengelola file dengan ekstensi Zip seperti membuat dan ekstrak (membuka) file Zip dengan mudah.

Terus bagaiaman caranya menggunakan File Manager bawaan BlackBerry 10 untuk membuat dan ekstrak file Zip. Untuk mengetahuinya, simak detail berikut

Cara Zip File atau Folder

  1. Buka File Manager app pada sistem operasi BlackBerry 10 anda.
  2. Pada file explorer, cari dan pilih File atau Folder yang ingin di kompres ke dalam file Zip dengan cara sentuh dan tahan file atau folder.
  3. Anda dapat memilih satu atau lebih file/folder dengan cara memilih opsi Select More pada bagian kanan aplikasi File Manager.
    Zip-File-di-BB10-1
  4. Lebarkan action menu yang muncul di sisi kanan dengan cara pilih opsi dengan ikon tiga titik di bawah opsi Select More untuk menampilkan opsi Zip file atau folder.
  5. Selanjutnya pilih opsi Zip untuk melakukan proses Zip pada file dan folder yang dipilih.
    Zip-File-di-BB10-2
  6. File atau folder dengan ekstensi Zip Anda sudah berhasil dibuat. Untuk mengubah nama, cukup pilih dan tahan file sampai muncul opsi Rename lalu ganti nama sesuai keinginan.
    Zip-File-di-BB10-3

Cara Ekstrak File Zip

  1. Jalankan File Manager app
  2. Cari file Zip yang ingin Anda Unzip.
  3. Setelah ditemukan, tahan file beberapa saat sampai muncul opsi Unzip
  4. Pilih opsi Unzip dan untuk mengekstrak.

Leave a Reply