| by | Filed under Apps & Games, Tips & Tutorial.

Logo-Windows-DVD

Membuat Installer Windows yang bootable tidaklah sembarangan. Jika anda berusaha mengcopy isi file Windows dari CD/DVD aslinya ke dalam Hardisk lalu mencoba membakarnya kembali, maka CD/DVD Windows yang baru dibuat tersebut dipastikan tidak akan bisa melakukan booting setup ketika dipakai untuk menginstall ulang komputer.

Nah khusus bagi anda yang ingin menjadikan file installer Windows yang ada di hardisk agar dapat melakukan booting ketika dibakar ulang kemedia seperti CD/DVD, maka cara benar yang perlu dilakukan ialah seperti dibawah ini.

Membuat ISO File dari Instlaler Windows Yang Ada di Hardisk

Jika anda sudah memiliki backup installer (master) Windows di hardisk, maka convert dulu folder beserta semua filenya menjadi ISO Image dengan cara seperti berikut.

Step 1: Download Windows Bootable Image Creator sebagai aplikasi untuk membuat ISO Image Windows.

Windows Bootable Image Creator (WBI Creator) adalah aplikasi portable yang dapat dijalankan tanpa perlu di install. Selain itu aplikasi ini juga support untuk dipakai membuat ISO Image Windows XP, Vista, 7, dan Windows 8 (8.1).

Step 2: Setelah WBI Creator terdownload, silahkan jalankan aplikasinya.

Step 3: Pada aplikasi WBI Creator, atur beberapa elemen seperti gambar dibawah.

Windows Bootable Image Creator [gbr 1]

  • Select OS Type: Tentukan jenis Windows yang ingin dibuatkan file ISO nya, apakah Windows 8, 7 Vista, XP. Disini penulis contohkan saja Windows 8 yah
  • CD/DVD Label: Beri nama label sesuai dengan keinginan, misalnya Windows 8 Pro.
  • Setup Location: Tentukan lokasi folder tempat penyimpanan installer Windows yang ada di hardisk
  • Output Path: Tentukan lokasi dimana file ISO yang dihasilkan nantinya disimpan.

Step 4: Setelah mengatur bagian-bagian yang diperlukan, silahkan klik tombol “Go >”.

Step 5: Tunggu hingga prosesnya selesai.

Windows Bootable Image Creator [gbr 2]

Membuat CD/DVD Bootable Windows

Untuk membuat CD/DVD Windows yang bootable, cukup bakar (burning) saja file ISO Image yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi Nero, Ultra ISO, Power ISO ataupun aplikasi sejenisnya.

Selain itu jika anda mau, melalui file ISO Image tersebut anda juga dapat Membuat Bootable Installer Windows via Flashdisk.

5 Responses to “Cara Membuat CD/DVD Bootable Windows”

    • Kalau disaya masih cukup kok gan. Atau kalau punya agan emang nggak cukup, coba aja cari DVD yang ukurannya 8GB, kan ada tuh

  1. Alhamdulillah gan sy udah download WBI dan sudah menggunakanya sesuai tutorialnya, dan syukur semuanya suksek, banyak sudah OS yang saya buat dan menjadi bootable ISO baik ke DVD atau USB,, skrang setelah sya instal ulang PC saya pake Windows 8.1 versi 32 bit hasilnya ciamik mantap,, tp problemnya datang di sini saat saya menggunakan lagi WBI untuk membuat Image file itu prosesnya selalu gagal nggak bisa kelar katanya sih di pesan yang muncul microsoft CD/DVD Premastering Utility, itulah pesan yang muncul di Task manager tab prosenya dan di tab disknya itu warnanya sampe merah karena prosesnya terlalu besar dan itulah penyebabnya proses selalu gagal,, tolong dong admin gimana solusinnya agar WBI di PC sya bisa dijalankan normal kembali,, makasih !!!!!

  2. Mas,kok aku ga nemu Windows Bootable Image Creatornya ya?

    bisa reupload programnya gak?

    saya mau download + coba betulin laptop >.<

Leave a Reply