| by | Filed under Gadget, Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Jaringan 4G di Smartphone

Defaultnya smartphone atau tablet Android akan selalu memilih jenis koneksi yang paling kuat untuk terhubung ke Internet. Artinya begini, disaat koneksi 3G atau 4G dari dari operator seluler yang dipakai cukup kuat, maka perangka Android akan terhubung melalui jaringan tersebut. Namun disaat koneksi 3G/4G lemah maka otomatis Android kamu akan memilih jaringan 2G (GPRS) agar tetap terhubung dengan Internet.

Hal demikian memang cukup normal bagi perangkat Android. Namun yang jadi masalah ialah ketika jaringan yang diperoleh pada perangkat Android tersebut kerap berubah-ubah tak menentu, maka dampaknya ialah koneksi internet yang kamu pakai menjadi lambat, khususnya bila jaringan yang diperoleh berubah ke 2G.

Nah untuk mengatasi hal demikian, kamu bisa mengatur smartphone maupun tablet Android agar tetap ter-lock pada koneksi yang diinginkan, misalnya agar jaringan Android kamu selalu di 3G atau selalu berada di jaringan 4G.

Cara Lock Jaringan 3G atau 4G di Android

Untuk me-lock jaringan 3G atau 4G, pada beberapa perangkat Android biasanya bisa dilakukan langsung melalui setingan yang ada di Nirkabel dan Jaringan. Caranya masuk ke menu “Pengaturan > Pengaturan lainnya > Jaringan seluler“, pilih “Mode jaringan” lalu tetapkan pengaturannya ke “WCDMA saja” untuk 3G, atau “LTE” untuk jaringan 4G (bila perangkat kamu mendukung).

Agar Jaringan Android Selalu 3G atau 4G

Untuk diketahui, jaringan yang termasuk dalam katergori 3G ialah WCDMA, HSDPA dan HSPA (3,5G), sementara untuk 4G ialah LTE. Jadi silahkan atur pengaturan perangkat Android kamu sesuai keinginan.

Cara Lain Lock 3G/4G Bila Pengaturan Mode Jaringan Tidak Tersedia di Perangkat

Bila pengaturan diatas tidak tersedia di perangkat Android, maka untuk mengatur settingan jaringan bisa dilakukan menggunakan kode magic number. Caranya ketik *#*#4636#*#* secara langsung dari ponsel, setelah itu perangkat akan memunculkan halaman menguji. Pilih menu “Informasi telepon” lalu atur setelan jaringannya menjadi “WCDMA only” untuk 3G, atau “LTE only” untuk 4G.

Lock Jaringan 3G di Android

Untuk memastikan perangkat Android sudah ter-lock ke jaringan WCDMA atau LTE, kamu juga bisa menekan tombol “Matikan radio” agar pencarian sinyal operator dihentikan. Tapi ingat mematikan radio sifatnya hanya opsional (bisa dilakukan dan bisa juga tidak perlu dilakukan)

Alternatif Lainnya Untuk Perangkat Android Dengan Chip Mediatek

Bila smartphone/tablet Android kamu menggunakan chipset Mediatek, ada cara lain untuk mengunci jaringan agar selalu di 3G atau 4G. Adapun caranya yaitu cukup ketik *#*#3646633#*#* kemudian pilih menu “RAT mode > SIM1” lalu atur jaringan yang kamu inginkan apakah “WCDMA only” atau “LTE only“.

Cara Agar Jaringan Android Selalu 3G atau 4G

Perlu diingat, ketika kamu mengatur jaringan smartphone/tablet Android agar selalu mendapat sinyal 3G atau 4G, maka sewaktu-waktu ketika jaringan tersebut tidak tersedia (misal ketika kamu keluar daerah yang tidak terjangkau jaringan 3G/4G) akan menyebabkan perangkat kamu juga tidak akan mendapat sinyal. Jadi solusinya kamu bisa mengembalikan pengaturan jaringan yang sudah kamu lakukan seperti diatas menjadi default lagi.

162 Responses to “Cara Lock Jaringan Android ke 3G atau 4G”

  1. Hpq jga gk bisa bro pdahal hpq OPPO NEO 7, aku udaa ganti kee LTE Only tpi ttap aja jaringan yg di pakai GSM Only , !! Mhon solusinya bro trims.

  2. Hp aku OPPO NEO7 , tapi kok gak bisa ya. Padahal dah saya buat menjadi LTE ONLY tpi sinyal yg muncul WCDMA Prefered.
    Tolong kasi solusi PLEASE 🙏

    • Sama gan. HP KU JUGA OPPO NEO SEVEN gimana cara gantinya.tak buat seperti di atas tetep kagak bosa*#*#3646633#*#* dan yg satunya lagi tetepgk busa ..tolong di di bantu ya gan

  3. gan, saya gunaka samsung tab 3, saat saya gunakan kode *#*#4636#*#* ga ada opsi yang kluar, trus saya *#*#3646633#*#* sama doang gabisa…
    gi mana ni gan, bantuin ya…

  4. Gan kalo nexus 4 pake *#*#4636#*#* ngaruh ngga sih ke 4g, soalnya ada rumor katanya nexus 4 ada chip 4g, udh ada yg coba dikanada udh berhasil 4g, klo di indonesia berhasil apa ngga gan ?

  5. Hp saya oppo neo 7. saya udah utak atik beberapa kali tetep aja gk bisa LTE Only. masih WDCMA prefered. bagaimana solusinya ini.

Leave a Reply