| by | Filed under Apps & Games, Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Logo Telkomsel

Sekarang membeli aplikasi Android sudah semakin mudah, pasalnya beberapa operator seluler di Indonesia telah mendukung pembelian app Android di Google Play Store dengan metode carrier billing atau biasa disebut sistem potong pulsa.

Jika sebelumnya Indosat telah mendukung sistem carrier billing di play store, saat ini Telkomsel juga telah menyusul. Jadi mulai sekarang sobat semua yang menggunakan kartu Telkomsel seperti Simpati, AS maupun kartu Halo juga sudah dapat membeli Aplikasi, Game (termasuk in-app purchase yang terdapat dalam game), serta Ebook berbayar di Play Store menggunakan pulsa.

Untuk sobat yang pengen mencoba membeli kontent berbayar di play store menggunakan pulsa Telkomsel, bisa melihat langsung cara lengkapnya seperti dibawah ini.

Mengaktifkan Penagihan Telkomsel

Sebelum dapat membeli aplikasi, game atau apapun itu yang berbayar di Play Store, hal pertama yang harus sobat lakukan ialah mengaktifkan penagihan Telkomsel dengan cara:

  1. Buka aplikasi Play Store yang ada di device Android sobat. Setelah itu tab Menu lalu pilih “Akun saya“.
    Play Store Menu Akun Saya
  2. Berikutnya pilih lagi “Aktifkan penagihan Telkomsel “, maka otomatis play store akan melakukan verifikasi akun, tunggu hingga selesai. (jika verfikasi akun gagal, coba diulang-ulang saja yah!).
    Aktifkan Penagihan Telkomsel Play Store
  3. Jika verfikasi akun berhasil, maka sobat akan diminta untuk melengkapi data-data seperti nomor Telkomsel yang dipakai, nama dan lain-lain. Silahkan pilih “Simpan” jika data-data telah lengkap dan “Terima” konfirmasi dihalaman yang tampil berikutnya.
    Penagihan Telkomsel di Play Store
    Bila proses berhasil, maka akan muncul tulisan “Tagih akun Telkomsel saya” (seperti gambar diatas). Selain itu biasanya juga akan ada SMS pemberitahuan yang dikirimkan ke nomor yang telah didaftarkan. Tapi berdasarkan pengalaman penulis, SMS pemberitahuan tersebut kadang juga tidak ada (entah nggak sampai atau emang nggak dikirimi).

Membeli Apps Berbayar Menggunakan Pulsa Telkomsel

Bila penagihan Telkomsel telah aktif, maka untuk membeli aplikasi berbayar di Play Store sudah dapat dilakukan dengan mudah, caranya seperti berikut:

  1. Masih dihalaman Play Store, silahkan cari dan pilih aplikasi atau game berbayar yang diinginkan.
  2. Nanti akan ada tombol pilihan “Beli“, silahkan tab tombol tersebut lalu lakukan “Konfirmasi” menggunakan password akun Google (sorry, gambar dibawah saya ambil dari contoh pembelian pulsa menggunakan Indosat, namun demikian metodenya tetapi sama).
    Cara Beli Aplikasi Android Potong Pulsa
  3. Bila pulsa Telkomsel sobat mencukupi, maka proses download aplikasi akan dilakukan. Jika sukses pulsa akan langsung terpotong dan bukti pembelian dikirimkan lewat SMS dan email.

Hal-hal yang Perlu di Perhatikan:

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar semua proses diatas dapat berjalan dengan lancar, diantaranya ialah:

  • Saat hendak mengaktifkan penagihat Telkomsel, pastikan device sobat telah menggunakan kartu seperti Simpati, AS atau kartu Halo.
  • Bila smartphone sobat menggunakan dual-SIM, maka pastikan kartu Telkomsel diletakkan sebagai sim-Card utama.
  • Sobat harus menggunakan jaringan Telkomsel saat proses pembelian aplikasi (bukan melalui WiFi).
  • Untuk setiap pembelian aplikasi akan dikenakan tambahan biaya pajak (PPN) sebesar 10% dan biaya jasa sebesar 2%. Jadi bila aplikasi yang dibeli tertera dengan harga Rp10.000, kemungkinan pulsa yang terpotong sebesar Rp 11.000 lebih.
  • Pembelian aplikasi bagi pengguna kartu prabayar Simpati dan AS akan dikenakan biaya pembelian melalui pemotongan pulsa, sementara untuk kartu pascabayar akan dibebankan pada tagihan bulanan.
  • Bukti pembelian aplikasi akan dikirimkan lewat SMS dan email.

Nb: Selain metode diatas, sobat juga dapat melakukan pembelian aplikasi seperti pada postingan saya sebelumnya (baca: Beli Aplikasi Android di Google Play Pake Pulsa).

44 Responses to “Cara Lengkap Membeli Aplikasi Android Menggunakan Pulsa Telkomsel”

  1. bener banged infonya min, tapi kemaren ini gw kepengen banged buka VIP buad di Aplikasi Smule! Sing. Tapi ga bisa-bisa min. Sampe 2-3 kali gw telpon operator nya Telkomsel. Gw udh ikutin semua petunjuknya, tp tetep ajja ada tulisan “Subcribtion is not allowed”. Sampe Operator Telkomsel nya telpon ke gw ngasih tau caranya. Dan sampe gw Bosen dan akhirnya males banged buad nyoba lagi. Capcus deh..

  2. maaf saya mau nanyaa dong.. kan saya mau coba buat mengaktifkan penagihan telkomsel.. tapi gagal terus pas kirim pesan ke 99477 .. kesalahan sms verifikasi akun tidak dapat di kirim .. itu kenapa yaa?

  3. Halahhh ngasal loe… tuhhh keluhan2 semua gk bisa. Saya jg gk bisa. Ditolak terus… pinter2an loe aja itu kannnn….!? Palingan jg copas ntah dari mana2 ini isi blog. Banyak yg mirip keterangannya dari blog lain… kreatif dooooong…! Pura2 nge-blog padahal goblok… buktinya loe gk bisa jawab keluhan teman2 semua…
    Preeetttt

  4. Dapet info dari grup sebelah, sekarang smule kaga bisa masuk vip pake pulsa, harus ! Debit card atau credit card..begicuu.. Jadi jangan pada salah2an yahh..

    • Aku udah beli pake indosat berhasil berkurang pulsanya.. Tapi tetep ga bisa vip.. Emang kalo udah bikin vip bisa otomatis vip apa emang harus masukin password gitu sih? Keseeellll bgt ni

  5. Gan, mau tanya…
    Klo misalkan punya 2 device andorid : satu smartphone yg bisa dipasangi SIM, sementara satu lagi pake tablet yg cuman wifi. Kedua device login pakai akun google yg sama (termasuk buat playstore)…

    Pertanyaan : Apakah kita bisa beli aplikasi di playstore dgn smartphone tapi aplikasinya hanya diinstal di tablet sebagai aplikasi yg sudah dibayar?

    Trims gan…

    • Saya kurang tau persis.
      Tapi seperti bisa. Misal dua gadget dengan satu account Google bisa install aplikasi yang sama dengan hanya sekali beli saja.

  6. Kaa..kan saya ada pulsa 13.560 trus pengen beli yg harganya 13.000 trus ada bacaan”pesan dari penyedia layanan seluler anda:pulsa anda tidal cukup,silahkan isi pulsa”gitu padahal kan punya pulsa lebih..tolong ya ka

  7. Gan kenapa pas saya pencet beli pake penagihan telkomsel ada tulisan kek gini “SMS verifikasi akun tidak dapat terkirim. Silahkan coba lagi.” gimana gan mohon saran nya

  8. Saya tidak dapat melakukan aktivasi metode pembayaran all access vip smule melalui penagihan via operator telkomsel yang tidak dapat vertifikasi akun

  9. Saran ane gan kalau muncul pesan “Tidak dapat memverifikasi akun Anda. Coba lagi nanti” coba sim yang selain tekomsel di non aktifkan sementara gan, ini udah ane coba dan suskses. Jadi pakai yang sim telkomsel aja dulu

  10. Kak, mau nanya dong, saya sudah beli vip dan dpat sms kalau sudah sukses, tapi akun saya kok nggak berubah jadi vip yahh?

Leave a Reply