| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Kamu pengguna smartphone Android Xiaomi? Sudah coba melakukan setting bahasa dan hanya ada opsi pilihan Bahasa Inggris dan China saja (tidak ada pilihan Bahasa Indonesia)? Atau bisa setting ke Bahasa Indonesia namun ada beberapa aplikasi masih menampilkan Bahasa Mandarin/Inggris? Jika begitu kemungkinan besar kamu sudah membeli smartphone Xiaomi yang ROM-nya memakai ROM MIUI versi China.

Xiaomi Redmi 2

Smartphone Xiaomi dengan ROM China umumnya didapati bila kamu membeli smartphone bergaransi distributor, alias garansinya bukan dari partner resmi Xiaomi di Indonesia (info mengenai garansi distributor dan resmi bisa kamu baca pada catatan dibawah artikel).

Untuk itu agar smartphone Xiaomi bisa mendapatkan settingan Bahasa Indonesia secara maksimal, sebagai solusinya gantir ROM bawaan smartphone Xiaomi kamu ke ROM MIUI versi Global yang sudah memberikan opsi settingan ke Bahasa Indonesia (ROM MIUI Global juga sudah dilengkapi Google Play Store).

Menganti ROM MIUI dari versi China ke ROM Global bisa dilakukan langsung di smartphone Xiaomi melalui flashing via MI Recovery. Detail lengkapnya, simak caranya seperti dibawah ini.

Bila kamu memiliki banyak data penting, Silahkan lakukan backup data terlebih dahulu agar data-data tidak hilang saat proses wipe!.

Mengganti ROM MIUI ke versi Global (Agar Support Bahasa Indonesia)

Agar proses berjalan lancer, lakukan proses dibawah ini secara step-by-step.

  1. Download FULL ROM MIUI versi Global di sini http://en.miui.com/download.html. Pilih ROM yang sesuai dengan tipe perangkatmu, dan bila kamu pengguna awam usahakan download yang versi Stable Global.

    Stable ROM MIUI Xiaomi Redmi 2 Prime

    Contoh gambar yang didownload adalah Stable ROM Xiaomi Redmi 2 Prime

  2. Ubah nama file ROM yang telah di download menjadi update.zip lalu simpan ke Memori Internal perangkat Xiaomi. (Simpan file di directory root paling atas/bukan dalam folder).
  3. Matikan (Turn Off) perangkat Xiaomi kamu dan agar tidak terjadi kegagalan pastikan kapasitas baterainya sudah terisi minimal 80%.
  4. Dalam keadaan perangkat turn off, Silahkan masuk ke Mi Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume up(+)” dan “Power” secara bersamaan sampai menu Recovery muncul dilayar.
  5. Di modus Recovery, pilih “English” untuk memilih bahasa.
    Xiaomi Redmi 2 Prime Recovery

    Dalam mode Recovery, gunakan tombol “Volume Up(+)” dan “Volume Down(-)” untuk menavigasi (naik turun) menu, dan gunakan tombol “Power” untuk mengeksesuki (memilih) menu yang ada.

  6. Dilayar berikutnya, lakukan bersih-bersih terlebih dahulu dengan cara pilih “Wipe & Reset” lalu lanjutkan dengan memilih “Wipe Cache” dan “Wipe User Data” (pilih Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tiap pilihan wipe membutuhkan proses, tunggu hingga selesai.
    Xiaomi Redmi 2 Prime Wipe
  7. Bila proses Wipe selesai, pilih “Back to Main menu” untuk kembali kehalaman main menu.
  8. Selanjutkan lakukan instalasi ROM dengan cara pilih menu “Install Update.Zip to System One” (pilih Yes jika pesan konfirmasi muncul). Tunggu hingga prosesnya selesai.
  9. Setelah proses instalasi ROM selesai, pilih “Back” untuk kembali. Lalu pilih menu “Reboot > Reboot to System One (latest)” untuk menghidupkan perangkat secara normal.
  10. Perangkat menyala dan akan meminta pengaturan layaknya seperti waktu kamu pertama kali membeli smartphone Xiaomi. Jadi silahkan atur sesuai keinginanmu.

Usai proses flashing ke ROM Global, dijamin perangkat kamu sudah dapat disetting ke Bahasa Indonesia.

Xiaomi Redmi 2 Prime dengan Bahasa Indonesia

Xiaomi Redmi 2 Prime dengan Bahasa Indonesia

Catatan Tambahan Smartphone Xiaomi: Garansi Menentukan ROM Bawaannya

Sekedar kamu ketahui, untuk pasaran Indonesia smartphone Xiaomi memang dapat di jumpai dengan mudah. Namun sebagian besar diataranya yang beredar adalah garansi distributor misalnya dari Bcell atau GMT. Sementara untuk garansi resminya di pegang oleh TAM.

Perbedaan kualitas produk antara smartphone Xiaomi bergaransi distributor dan resmi sebenarnya hampir tidak ada, alias bisa saja memiliki kualitas sama. Paling perbedaannya adalah harga. Ambil contoh pada smartphone Xiaomi Redmi 2 Prime. Untuk garansi distributor Xiaomi Redmi 2 Prime bisa dijumpai dengan harga Rp1,2 Jutaan. Sementara Xiaomi Redmi 2 Prime garansi resmi memilik harga lebih mahal yaitu dikisaran Rp1,7 Jutaan.

Selain harga, perbedaan antara garansi distributor dan resmi juga terletak dari ROM MIUI (Software Android) yang di besutnya. Pada garansi distributor yang produknya dipasok (misalnya) oleh Telkom China, ROM yang dipakai umumnya tidak untuk di optimalkan bagi pengguna Indonesia. Sementara garansi resmi tentu sudah mendapat optimalisasi pada ROM yang dipakainya agar cocok bagi pengguna secara global, termasuk Indonesia.

51 Responses to “Ganti ROM China ke ROM Global di Xiaomi (Agar Support Bahasa Indonesia)”

    • Harusnya bisa gan. asal download ROM MIUI yang sesuai. Jangan lupa, ini dari ROM China -> ROM Global atau ROM Global jadul -> ROM Global terbaru. BUKAN dari ROM Developer -> ROM Global. Karena butuh penanganan yang berbeda..

  1. hp sya redmi 2 gan sya donwld linkny redmi2/prime,proses hampir slsai pas instal up.zip nya kok gagal,ad bacaan directionary root to sd card,itu link yg sya donwload bnr kga,soalny pilihanny itu doank,jwb min smua dh kereset nih?

  2. Gan… Setelah donlod full rom nya… Pas mau masuk ke mode recovery ( tekan volume + dan power) gdk option kayak diatas. Yang muncul malah gbr suruh colokin usb / charger ke device nya. Mohon pencerahan

    • Gan,saya juga pake mi 4, kemarin coba upgrade dengan cara ini ngga bisa,malah akhirnya dapet update langsung dari updater yang rom cina,saya mau ganti yang rom global,bisa kasih tau step2 nya ngga????

  3. selamat sore gan
    mau tanya dong, saya ini punya xiaomi redmi 3s, ROM nya pengen saya ganti ke GLOBAL dan keadaan HH skrg masi stable ROM CHINA

    untuk merubahnya, apa bisa langsung ikuti tutorial ini, apa harus di flash dulu ke developer ROM CHINA nya gan?

    mohon pencerahannya gan
    trims

  4. gan, ane punya redmi 3pro dengan rom cina MIUI 7.9.2.0 mau saya ganti ke ROM global,
    gimana caranya..? bisa berikan ane tutorial nya…??
    saya lihat diatas juga sudah ada yg tanya tapi belum dijawab….
    tolongin ane ya gan…., ini hp satu-satunya….

    makasih ya……

    • Kalo itu redmi 3 pro gan, bisa pake rom china stable…cuman ane coba blm bisa select update package, sudah ada perintah awal erase n update tp pas parsing file gagal….balik lagi n rom belum ter update.
      Pake cara flashing juga error…blm ketemu neh caranya pindah dari rom distributor ini ke official…
      Cuman sedikit info, buat ngilangin bloatware bisa di root pake kingroot, berhasil n app iklan n yg ga perlu bisa di uninstall…
      Dan tetep masih miui 7….😂

  5. mau unlock xiaomi tapi lama menunggu kode unlock bootloadernya? 10 hari masih belum dikirim? atau sama sekali alias ga diizinkan buat unlock?
    apakah hp xiaomi agan rom abal-abal? alias rom distributor? banyak iklan?
    atau hp xiaomi agan kehilangan fitur lte 4g sewaktu factory reset?
    udah ikuti tutorial malah matot?hardbrick?
    atau masalah software xiaomi gagal flash?

    serahkan aja gan sama ahlinya dijamin 100% berhasil tuntas permasalahan agan ga perlu bawa kesana kesini muter2 googling, atau menunggu service centre xiaomi yasng lama berminggu minggu,

    tinggal hubungi ane aja, ane siap krmh agan, atau cod dtempat agan terdekat jakarta only, atau siap kirim2 diluar jakarta
    WA 081905526752

  6. Gan, kalo untuk redmi pro(bukan redmi note 3 pro) udah MIUI versi cina 8.1.4.0. kalau mau ke MIUI global, bisa di pakai cara diatas. Kalaupun bisa, apa 4gnya hilang. Lalu cara perbaiki 4g dengan cara ubah lokasi bisa? Saya sudah pake rom China stable

Leave a Reply