| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Android

Bagi pengguna handphone Android misalnya Samsung series, pasti merasakan salah satu kelebihan didalamnya dibandingkan dengan perangkat ber os mobile lain. Yah apa lagi kalau bukan kemudahannya yang dapat di oprek sana-sini sesuai selera menggunakan custom rom.

Namun demikian terkadang dalam kondisi tertentu, entah itu karena hp ingin dijual kembali atau apapun itu yang menginginkan agar semuanya menjadi standar pabrikan lagi, maka mengembalikan Samsung Android ke original Stock ROM menggunakan ODIN sebagai aplikasi yang memang dirancang dan disediakan oleh Samsung sendiri dengan tujuan memudahkan pengguna perangkatnya untuk keperluan root, flash, upgrade secara mandiri, tentu menjadi sangat dibutuhkan.

Ok untuk pengguna handphone seperti Galaxy Ace, Young, Fame, S3 dan sebagainya, pokoknya semua Samsung series lah, maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Persiapan

  1. Dowload Samsung USB Drivers (v 1.5.25), atau kalau anda sudah pernah menginstall Samsung Kies maka tahap ini lewatkan saja karena dalam aplikasi Kies juga sudah disertakan driver usb.
  2. Download ODIN (v 3.07).
  3. Download Stock Room Firmware terbaru untuk All Samsung Series.
    Tentukan stock room yang sesuai dengan tipe devices, caranya cukup cari saja dibagian widget Devices yang berada disebelah kiri halaman website tersebut.
    Stock ROM Firmware Samsung
    Selain itu jangan salah pilih stock room yah! Jelasnya pastikan saja anda mendownload stock room firmware terbaru dengan region XSE (Indonesia).
    Stock ROM Firmware Samsung Indonesia

Proses Flash

  1. Install Samsung USB Drivers di PC/Laptop (habis install pastikan restart PC). Ingat jika sudah pernah menginstall Samsung Kies, maka tidak perlu lagi install usb drivernya.
  2. Extract dan jalankan aplikasi ODIN di PC/Laptop.
  3. Atur handphone Android ke Modus Download. Sejumlah hp Samsung umumnya agar dapat masuk ke modus download, caranya cukup tekan tombol “Volume Down + Home + Power” secara bersamaan.
    Cara Modus Download Samsung
  4. Dalam keadaan modus download, hubungkan handphone Samsung ke PC/Laptop menggunakan kabel USB.
  5. Tunggu hingga aplikasi ODIN mendeteksi hp yang biasa ditandai munculnya status port telah terbaca pada bagian “ID:COM”.

    Kalau Port perangkat sudah terdeteksi, maka atur aplikasi ODIN dengan memberi centang checkbox “Auto Reboot” dan “F. Reset Time”.

    Dan satu lagi yang penting, ialah memasukan Stock ROM Firmware. Untuk itu silahkan extract firmware yang telah didownload sebelumnya, kemudian pada aplikasi ODIN silahkan klik tombol “PDA” lalu cari dan masukkan file firmware yang berekstensi “tar.md5”.
    Flash Android Pake ODIN

  6. Berikutnya klik “Start” pada aplikasi ODIN untuk memulai proses flashing. Dalam tahap ini pastikan sambungan USB hp ke PC/Laptop jangan sampai terlepas.
  7. Handphone akan melakukan reboot jika proses flash telah selesai.

Apabila semuanya berjalan lancar, maka bisa dipastikan hadphone Samsung Android anda akan kembali menjadi standar dengan Original Stock ROM Firmware telah tertanam didalamnya.

Oh ya sedikit tambahan, tutorial ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan mengupgrade firmware Android selain upgrade via OTA atau Menggunakan Kies.

3 Responses to “Cara Flash Samsung Android Series ke Original Stock ROM”

  1. atau kalo mau upgrade software official tapi gak mw ribet, dateng aja ke samsung mall paris van java bandung gan, tiap hari senin-rabu smart servicenya ada bwt upgrade hp galaxy. sama konsultasi singkat, 22nya gratis gak dipungut biaya. cmn terakhir kmrn ane ke sana upgrade hp galaxynya yg tipe2 baru aja klo yg 2thn ke blkng gak ada softwarenya.. saran doang sih, samsung kasi fasilitas masa gak di manfaatin.

Leave a Reply