| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Cara Screen Capture di Windows Phone 8.1

Update Windows Phone 8.1 sudah mulai dirilis kesejumlah perangkat Windows Phone, dan tahukah anda bahwa beberapa pembaruan telah banyak diterapkan pada update terbaru dari sistem operasi mobil milik Microsoft ini dimana salah satunya ialah berupa perubahan cara melakukan Screenshot atau Screen Capture.

Bagi pengguna smartphone berbasis Windows Phone 8 misalnya seperti Nokia Lumia, mungkin sudah terbiasa melakukan screenshot dalam hal ini mengambil gambar di layar handphone dengan menggunakan tombol “Home + Power” (baca Cara Mengambil Screenshot di Nokia Lumia).

Namun sekarang di Windows Phone 8.1, untuk mengambil screenshot anda harus melakukan cara baru yang berbeda yakni dengan cara menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan seperti gambar diatas. Jelasnya tahap-tahap ini tentuk dilakukan dengan cara.

  1. Tentunya kita harus memilih dulu sebuah objek layar yang ingin di ambil gambarnya.
  2. Menekan dan menahan tombol “Power” dan “Volume Up” secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul sebuah animasi di layar yang menandakan jika screenshot telah berhasil di lakukan.
  3. File hasil screenshot masih tetap tersimpan di “File Manager > SD Card > Pictures > Screenshots

Tidak ada kejelasan mengapa Microsoft melakukan perubahan ini, namun jelasnya menurut gosipnya itu dikarenakan kedepannya semua handphone Windows Phone baik merk Nokia atau dari vendor lain sudah akan menanggalkan tombol pisik Home termasuk navigasinya.

3 Responses to “Cara Baru Screenshot di Windows Phone 8.1”

Leave a Reply