| by | Filed under Internet & Teknologi, Tips & Tutorial.

Aturan baru registrasi kartu sim prabayar siap diberlakukan mulai 31 Oktober 2017 oleh Kominfo. Aturan ini mewajibkan pelanggan seluler prabayar melakukan registrasi dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di e-KTP, serta di perlukan juga nomor Kartu Keluarga (KK).

Tidak hanya berlaku bagi pelanggan baru, pelanggan lama pun juga wajib melakukan registrasi ulang. Dan bagi yang tidak mengikuti, kartu sim pelanggan diancam akan di blokir.

Bila tidak ingin mendapat resiko pemblokiran, kamu bisa melakukan registrasi segera. Untuk cara baru registrasi kartu sim ini, kamu di wajibkan menginputkan data NIK dan KK.

Format registrasi yang dipakai pelanggan baru dan lama memiliki perbedaan, dan tentunya tiap-tiap operator yang dipakai juga memiliki perbedaan dalam cara registrasinya. Lebih lengkapnya berikut caranya:

Registrasi Kartu SIM Telkomsel

Bagi pengguna simPATI, AS dan Loop, registrasi bisa dilakukan dengan cara mengirim format SMS sebagai berikut

Pelanggan baru Tekomsel
Ketik: REG<spasi>NIK#NomorKK#

Pelanggan lama Telkomsel
Ketik: ULANG<spasi>NIK#NomorKK#

Kirim format SMS ke 4444

Registrasi Kartu SIM XL Axiata / Axis

Pengguna kartu sim XL dan Axis dapat melakukan registrasi dengan format seperti ini

Pelanggan baru:
Ketik: DAFTAR#NIK#NomorKK

Pelanggan lama:
Ketik: ULANG#NIK#NomorKK

kirim format SMS ke 4444

Registrasi Kartu SIM Indosat Ooredoo, Smartfren dan Tri

Pemakai kartu Indosat Ooredoo IM3, Tri dan Smartfreen menggunakan format registrasi yang sama dengan cara cukup kirim format SMS sebagai berikut:

Pelanggan baru:
Ketik: NIK#NomorKK#

Pelanggan lama:
Ketik: ULANG#NIK#NomorKK#

kirim format SMS ke 4444

Diatas adalah cara terbaru untuk melakukan registrasi kartu sim prabayar yang mengharuskan pelanggan menginput NIK dan KK. Pelanggan baru wajib menggunakan format registrasi tersebut mulai 31 Oktober 2017, sementara untuk pelanggan lama wajib menyelesaikan registrasi ulang paling lambat hingga 28 Februari 2018.

Leave a Reply