| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Backup dan Restore Xiaom

Backup dan restore data pada Xiaomi Mi3 sangatlah mudah. Anda tidak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga apapun, sebab smartphone buatan pabrikan Tiongkok itu sudah dilengkapi dengan fitur built-in yang siap membantu dalam mengamankan data-data penting anda.

Fitur tersebut ialah berupa aplikasi bernama “Backup” yang sudah terinstall secara default di sistem operasi Android MIUI Xiaomi Mi3. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut fungsinya dapat dipakai untuk mengamankan maupun mengembalikan sejumlah file penting seperti foto, video, musik, aplikasi, settingan perangkat, kontak, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur backup dan restore data tersebut? Lengkapnya ikuti saja langkah-langkahnya dibawah ini.

Nb: meski metode backup dan restore data dibawah ini diterapkan pada Xiaomi Mi3, namun bagi pengguna perangkat Xiaomi model lainnya misalnya Xiaomi Redmi 1S, Redmi Note, Mi4 dan lain sebagainya juga dapat melakukan hal yang sama.

Cara Backup Data Xiaomi

  1. Pertama-tama, cari dan buka aplikasi yang bernama “Backup” di perangkat Xiaomi. Atau jika anda tidak menemukannya, bisa masuk ke menu “Setting > Backup & Reset > Local backups”.
  2. Tekan tombol “Back up”.
    Backup Data Xiaomi [gbr 1]
  3. Beri ceklis pada pilihan yang ingin anda backup (System, Apps, atau Account & Contacts). Sentuh/tap tanda panah yang ada disampingnya jika ingin melihat choose item tiap pilihan yang ada.
    Backup Data Xiaomi [gbr 2]
    Jika pilihan telah ditetapkan, tekan tombol “Back up” untuk memulai prosesnya.
  4. Jika proses backup selesai, pilih tombol “Done” untuk menuntaskannya.
    Backup Data Xiaomi [gbr 3]
  5. File backup akan tersimpan di folder MIUI/Backup/AllBackup/ pada memori perangkat Xiaomi. Jika takut hilang, anda dapat mengcopy filenya ke komputer.

Jika anda punya Akun Xiaomi, file backup juga dapat di enkripsi agar tidak dapat dibuka oleh siapapun kecuali anda sendiri. Caranya pada langkah nomer dua diatas, cukup tekan logo gembok yang ada disamping tombol Back up. Tapi ingat langkah ini tak perlu dilakukan bila tidak terlalu dibutuhkan.

Cara Restore Data Xiaomi

  1. Pastikan file yang ingin di restore masih tersimpan pada folder MIUI/Backup/AllBackup/.
  2. Jalankan aplikasi “Backup” yang ada di perangkat Xiaomi. Atau jika aplikasinya tidak ditemukan, anda bisa masuk ke menu “Setting > Backup & Reset > Local backups”.
  3. Pilih file backup yang ingin di restore.
    Restore Data Xiaomi [gbr 1]
  4. Beri ceklis pada item apa saja yang ingin di kembalikan. Lalu tekan tombol “Restore”.
    Restore Data Xiaomi [gbr 2]
  5. Tekan tombol “Done” jika prosesnya telah selesai.
    Restore Data Xiaomi [gbr 3]
  6. Selamat data penting Xiaomi anda sudah kembali seperti sedia kala.

Keterangan:
Gunakan fitur backup ini jika dalam suatu waktu anda berniat ingin menguprade sistem operasi, ataupun install ulang (flashing) ROM MIUI di perangkat Xiaomi.

24 Responses to “Cara Backup dan Restore Data di Xiaomi Mi3”

  1. Gan mau ya tanya..
    Kl udah di backup pake yg ada di seting lalu saya faktory reset..
    Gak bisa do restored lagi ya hasil backup an nya?

    • Tetap bisa gan.
      Tapi kalau mau factory reset. file backup diamankan dulu misalnya ke memori external atau media lain seperti PC. Nanti dah selesai di factory reset baru file backup di copy lagi ke folder “Setting > Backup & Reset > Local backups” supaya bisa direstore ulang.

      • mas hp saya xiaomi 1s.kepencet pembaharuan trs saya klik perbaharui tapi lupa cadangkan data.. trs mau menghidupkan lagi dah ga bisa.. reboot data failed trs… ini gmn gan.. mohon pencerahanya

  2. tanya gan bisa kah kita merestore file back up yang pada saat mengbackup nya mengunakan aplikasi TWRP
    atau merestore hasil backup menggunakan TWRP dengan aplikasi BACKUP bawaan MIUI ini.

    • Kayaknya tidak bisa gan soalnya format (file backupnya) mungkin berbeda.
      Tapi nggak tau juga, soalnya belum pernah coba. tapi kalau agan mau coba2 juga nggak apa biar jadi pengalaman aja apa bisa atau tidak

  3. gan mau tanya, ko ane pas mau back up ada bacaan not enough space “there’s not enough space on your phone’s SD Card” ? padahal SD card ane ud d kosongin banget. klo diliat data yg d back up sekitar 5 GB sdangkan Slot SD card ane ada 7,5 GB. logika bisa dong di back up,tp ko ane ga bisa ya 🙁
    tolong dong min pencerahan ny, thanks

  4. Gan mau tanya kl blm di backup, bs ngembaliin data ga..? Karna iseng saya maen clean up2 di cleaner yg large file, ternyata pas saya buka gallery semua video kehapus. Ada solusi bwt balikin lagi ga,gan? Plisssss bantuannya..

  5. gan,mau nanya,redmi kan blm di root, sedangkan sy mau backup dan restore datanya saja, tanpa aplikasinya bisa ga ya?
    sy mau backup data stiker di bbm+ biar bisa di pakai di bbm versi baru, harusnya pakai titanium backup pro untuk restore datanya saja, tp berhubung blm di root hp ny, jd gbs pake itu..
    kalau backup dn restore yg dr xiaomi nya, ga bisa kl cm mau restore data ny aja,
    ada aplikasi atau saran lain mungkin? thx..

  6. mau tanya juga.

    cara mudahnya saja, bagaimana saya mem-backup atau memindahkan semua file photo maupun video dari xiaomi redmi note saya ke PC?

    saya coba dengan cara menyambungkan ke PC tetapi tidak berhasil dengan beberapa argumen.

    terimakasih atas jawabannya.

    wassalam

    • Anda bisa pake Mi PC suite gan untuk menghubungkan/memindah data ke PC/laptop.
      bisa agan cari di google.

  7. Gan mau tanya, aku pakek xiaomi redmi 2 aku pasang sim buat sms di sim2 knpa kalo buat ngirim gagal2 trus buat tlpn juga ga bisa ?? Apa ada hubungannya sama mi could ?? Tolong dong solusinya

  8. mas mau nanya gman carany mengembalikan video yang terhapus di local image. tapi di cloud image videonya ada..cman ga bisa diplay..ditulis
    This item has not beensynchronized to the cloud and not be downloaded

  9. gan mau nanya donk.. cara hard reset xiaomi hm note 1s ct yang udah diroot gmn ya..??
    soalnya ini pas saya nyalain tiba2 stuck sampai di tulisan MI.com..
    fastboot ga jalan, pake sistem hold tombol power + tombol volume atas juga ga bisa.. tampilan tetap masuk dan stuck di tulisan mi.com.
    mohon pencerahan dan bantuan nya gan… >,<

  10. Kalo misalnya pada redmi note itu hilang mesaanges nya karena diotak atik, cara memunculkan lagi default sms nya gimana?

  11. gan kan saya punya akun mi sebelumnya foto mi terus saya keluar ga pake akun lagi kenapa pas masuk pake akun itu lagi ko fotonya ke
    hapus yaa kalo mau nongolin lagi fotonya di mi couldnya gimana gan soalnya foto tetsembunyinya penting gan. minta info please gan

  12. mas mau tanya, kalo HP saya sudah mati duluan n belum sempet di backup kalo di restrart berarti pasti bakalan hilang ya datanya?

  13. Coy ,nih kan ak mau mengganti stok distributor ke rom china ,nah samapai di download hmpir selesai gagal tpi versinya udah stable ,tpi ada pemberitahuan update trus ,cara nya biar bisa di ulang gmana gan?tolong di bantu.

  14. Saya kan mengganti rom distributor ke rom china pas udah mau slesai kok gagal ,toi versi rom saya udah stable 4digit,tpi msih ada update trus ,caranya gmana gan biar jdi rom china yang bener2 jadi..

  15. Hai, saya ingin bertanya. Dulu saya pernah memback up data foto, ke mi cloud. Lalu setelah sudah diback up, saya menghapus data foto yg di hp saya tetapi saya cek di mi cloud saat itu ada. Lalu beberapa bulan kemudian saya membuka mi cloud lagi, akan tetapi fotonya telah hilang. Bagaimana cara agar fotonya dapat kembali lagi? Terimakasih

Leave a Reply