| by | Filed under Gadget, Review.

Android One

Bagi yang sedang mencari smartphone Android berharga murah namun tetap menginginkan fitur mumpuni dari segi spesifikasi, maka salah satu smartphone yang mungkin bisa menjawab kebutuhan sobat semua ialah Android One.

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Android One memang merupakan smartphone Android murah dan berkualitas yang ditawarkan oleh Google. Untuk membuat smartphone ini, Google sendiri telah menggandeng sejumlah produsen smartphone. Khusus di Indonesia, Google menunjuk Evercoss, Mito dan Nexian untuk membuat Android One.

Saat ini, smartphone Android One buatan Evercoss, Mito maupun Nexian sudah dipasarkan ditanah air. Nah sekarang sebagai konsumen, tentunya sobat semua mungkin bertanya-tanya apa saja perbedaannya?. Ok, untuk menjawab hal ini sebaiknya terlebih dahulu sobat mengenal dulu persamaan Android One buatan dari ketiga verndor tersebut.

Persamaan Android One buatan Evercoss, Nexian dan Mito

Android One yang dibuat oleh Evercoss (bernama Evercoss One X), Mito (MITO Impact A10) dan Nexian (Nexian Journey One), pada dasarnya sama-sama menawarkan spesifikasi dan kinerja yang sama seperti dibawah ini:

Ketiganya punya spesifikkasi dan fitur umum seperti:

  • Layar: 4,5 inci FWVGA, IPS Capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 854 pixels
  • Prosesor: Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core processor
  • Sistem Operasi: Android™ Lollipop (dan mendapatkan versi baru segera setelah dirilis)
  • Kamera: Kamera belakang 5MP autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • RAM: 1GB,
  • Penyimpanan: 8 GB (dapat ditingkatkan sampai 32 GB via micro-SD)
  • Baterai: Lithium-ion 1700mAh
  • Sim Card: dual-SIM (microSIM)
  • Fitur: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspo, Bluetooth v4.0 with A2DP, USB v2.0, 3.5mm Jack Audio, FM Radio, GPS, 3G HSPA

Dipasaran, ketiganya juga dijual dengan dua pilihan yaitu non-bundling dan bundling Telkomsel. Jika sobat membeli yang bundling Telkomsel, maka akan ada bonus berupa gratis akses internet untuk keperluan upgrade versi terbaru Android (tanpa menggunakan kuota data). Selain itu sobat juga bisa download gratis semua aplikasi dari Google Play Store (tanpa menggunakan data), sampai sebesar 200MB per bulan.

Perbedaan Evercoss One X, MITO Impact A10, Nexian Journey One

Sebagai smartphone Android One, ketiga smartphone ini diharuskan mempunyai bekal spesifikasi dan kinerja yang sama. Namun demikian itu bukan berarti ketigannya tidak memiliki perbedaan. Nah apa sajakah perbedaannya?

Evercoss One X

Evercoss One X

Dipasaran, Evercoss One X ditawarkan dengah harga Rp 1.388.000. Harga ini sedikit lebih mahal jika dibanding Android One lainnya. Tapi meski sedikit mahal, pihak Evercoss cukup pede karena menurut mereka, layanan purna jual Evercoss lebih baik dari yang lain.

MITO Impact A10

MITO Impact A10

MITO Impact A10 dijual pada harga Rp 1.199.000. Sebagai smartphone Android One, harga tersebut bisa dikatakan ditengah-tengah (tidak mahal namun tidak murah). Salah satu yang mungkin menarik pada smartphone ini ialah dari segi desain. Yah meski semua Android One mengusung desain yang serupa, namun MITO Impact A10 tampil sedikit lebih elegan berkat bentuk lekukan sudut-sudut body nya yang hampir berbentuk kotak.

Nexian Journey One

Nexian Journey1

Nexian Journey One dijual paling murah dikelasnya yaitu Rp 999.000. Selain itu jika sobat membeli yang versi bundling Telkomsel nya, maka sobat akan mendapatkan bonus voucher Rp 30.000 untuk paket Telkomsel TAU, bonus micro-SD dan tempered glass.

One Response to “Android One Evercoss, Mito dan Nexian, Apa Bedanya?”

Leave a Reply