| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

OPPO Joy Plus

Software update bertujuan untuk memperbarui firmware ponsel. Kalau di Android OPPO, ini biasa dilakukan untuk memperbarui ROM ColorOS yang merupakan firmware dari OPPO itu sendiri. Dengan melakukan update software, maka akan terjadi perbaikan bugs atau peningkatan kinerja dan stabilitas ponsel.

Untuk itu, bagi kamu yang menginginkan ponsel Android OPPO kesayanganmu tetap up-to-date, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk melakukan update. Pada ponsel OPPO sendiri, cara termudah melakukan update ColorOS bisa dilakukan dengan dua metedo, yakni secara online dan onfline.

1. Online Update (OTA)

Online update biasanya disebut dengan Over-the-Air (OTA) update dan umumnya bisa dilakukan di hampir semua perangkat berbasis Android (termasuk ponsel OPPO). Update ColorOS lewat OTA sangatlah mudah, praktis dan tentunya aman untuk dilakukan karena prosesnya sama sekali tidak akan menghapus data-data yang ada di memori ponsel.

Cara melakukan update OTA pertama-tama ponsel harus sudah terkoneksi ke internet (terserah mau pake WiFi atau data seluler). Setelah itu masuk ke “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem“, ponsel akan mengecek update firmware terbaru, bila tersedia silahkan pilih “Mengunduh” untuk menginstal update baru tersebut.

Update OTA ColorOS Oppo

2. Offline (Local) Update

Offline atau local update kadang dilakukan khusus bagi pengguna ponsel OPPO yang sudah melakukan root dan tidak bisa update lewat OTA. Nah apabila kamu ingin melakukan update ColorOS dengan motede ini, beberapa hal yang perlu di lakukan ialah sebagai berikut:

  • Meski kadang tidak terjadi, namun dalam beberapa kasus update metode ini akan menghapus data-data di ponsel, jadi untuk lebih amannya lakukan backup data di ponsel OPPO kamu terlebih dahulu. Selain itu agar tidak terjadi masalah pastikan juga baterai ponsel mencukupi (minimal 50%).
  • Download full firmware OPPO disini atau disini sesuai tipe ponsel kamu. Setelah itu copy langsung filenya di memori ponsel (file tidak perlu di extract dan cukup letakkan di directory paling depan/bukan dalam folder).
  • Pada ponsel OPPO, masuk ke menu “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem > Instalasi lokal > dan pilih file firmwarenya“. Selanjutnya akan muncul keterangan/Tip, silahkan pilih lagi “Tingkatkan Sekarang” atau “Hapus data dan memperbarui” (pilihan tergantung keterangan Tip yang muncul).

Local Update Software ColorOS

Note: Proses update local akan memakan waktu yang sedikit cukup lama, jadi tunggu saja hingga ponsel melakukan restart sendiri yang menandakan proses update selesai.

41 Responses to “2 Cara Software Update ColorOS di OPPO”

    • Kalau ROM (firmware) Official Nggak bisa. Harus pake type yang sama dengan model perangkat.
      Kalau mau pake yang beda, mungkin bisa cari custom ROM aja

  1. treeeeng . . . . . . makasih bgt gan . . ane udah blajar upgrade firmware dan berhasiiil. . tsadinya oppo ane cuma mentok di logo aja. .setelah ane ikutin semua tutor di atas .alhamdulillah berhasil gan . .makasih bgt gan .sukses slalu buat agan

  2. Mw tax gank klw da prmintaan pembaharuan sistem harus kach d konfirm .. Dan pa dampakx jk d prbaharui… Hpku px oppo neo 5.. Trmh kasi..

  3. Gan ane udah donwload tuh firmware nya sekitar 563,4 m yg jd masalah nya saat saya mau pindah tuh firmware ke penyimpanan internal , ga bisa soalnya penyimpananya penuh, trus ane format tuh ..dan ternyata mentok cuman 521,3 m …. gimana solusinya dong… tolong infonya keu email saya…
    Senfukumaru01@gmail.com

  4. gan, mau tahya . saya update secara online kok masuk ke recovery mode yaa .
    sedangkan sebelum update saya tdk menyimpan firmware yg baru di SD CARD, tolong gan, dijawab pertanyaan saya .. terima kasih

  5. Mau nanya gan . hp saya oppo r829 . kemrin sudah saya root . skrng tidak bisa diperbarui . lewat instalasi lokal jg tdk bisa . cuma muncul tidak paket pembaruan lokal tersedia . tolong bantuannya gan . klo bsa sms yah solusi nya klo bisa 085397681110 ato ke email saya apocalypsejr92@gmail.com

  6. Mas. mau tanyaa.. ram dari oppo r831 k kan 1 GB ya besarnya. tapi kenapa untuk download palikasih seperti instagram dan path ngga bisa yaa. secara kan ramnya mempuni gitu..
    thanks

  7. Mas mau tanya ,sinyal data di hp oppo neo5 kok rendah yah , padahal saya pakek sim crad is*t …
    Kmaren se baek baek aja tapi abis saya perbarui sistem/pembaruan .sinyal data nya rendah bangts contoh nya kayak sekarang 0.05K/s.. infon dong!!?

  8. Kok hp ku oppo f1 plus gak ada perbaruan colorus ya . pas beli baru, sering bgt minta upgrade . trs aku sempet reset kedata pabrik . cuma sekali perbaruannya. Skrg blm ada lg udah ada -+ 2bulan. Aku jg mau download tema gak bisa.. Bacaanya “instal ke pembaruan” . tp disitu tertulis jg ” sudah versi terbaru ” . sdgkn aku mau donwload tema dia loading terus. Trs ga bisa. Ga muncul. Kenapa ya? Bisa bantu?

    • Mmg selalu gagal update via OTA & Local Update. Saran saya update manual saja. download firmware (ekstensi .zip) updatenya di http://www.oppo.com/id/downloads/
      Pilih tipenya.
      Langkah2nya :
      1. Simpan file zipnya td di memori telpon.
      2. Matikan Hpnya.
      3. Tekan tombol kombinasi (power+volume down) Untuk masuk recovery mode.
      4. Pilih Install zip from Sdcard.
      5. Cari & pilih file zip yg sdh ditempatkan dimemori telpon td
      6. Tunggu prosesnya sampai selesai.
      7. Restart (tunggu proses peningkatan versi Androidnya) Biasanya jg lama.

      Catatan : kalau proses peningkatan versi Androidnya tidak selesai jg, flash saja kembali ke versi sblmnya. Cara flashnya bisa cari di Google.
      Semoga bisa membantu.

  9. Mmg selalu gagal update via OTA & Local Update. Saran saya update manual saja. download firmware (ekstensi .zip) updatenya di http://www.oppo.com/id/downloads/
    Pilih tipenya.
    Langkah2nya :
    1. Simpan file zipnya td di memori telpon.
    2. Matikan Hpnya.
    3. Tekan tombol kombinasi (power+volume down) Untuk masuk recovery mode.
    4. Pilih Install zip from Sdcard.
    5. Cari & pilih file zip yg sdh ditempatkan dimemori telpon td
    6. Tunggu prosesnya sampai selesai.
    7. Restart (tunggu proses peningkatan versi Androidnya) Biasanya jg lama.

    Catatan : kalau proses peningkatan versi Androidnya tidak selesai jg, flash saja kembali ke versi sblmnya. Cara flashnya bisa cari di Google.
    Semoga bisa membantu.

  10. Gini gan, hp saya oppo A37 kan ada pemberitahuan suruh memperbarui color os. Lalu saya memperbarui.setelah saya selesai memperbarui ko SIM Cardnya jadi tidak kebaca.yang ada muncul tulisan “Tidak Ada SIM” itu gimana dong? Mohon bantuannya ya gan secepatnya. Terimakasih

  11. Misi bng, oppo r2001 saya sudah diupgrade dan berhasil, tapi kok tidak bisa buka fb, google, youtube dll, tapi kalau sebatas chat bisa seperti bbm, wa, line.
    Tolong infonya bng, saya ga ngerti ni

Leave a Reply