| by | Filed under PC & Tablet, Tips & Tutorial.

Dengan pengaturan default, Windows 10 secara otomatis memeriksa update dan mendownloadnya bila tersedia. Itu bisa terjadi kapan saja, baik dengan sepengetahuan atau pun tanpa sepengetahuanmu (di latar belakang).

Kalau kamu punya koneksi internet cepat serta serba full akses (unlimited kuota), auto update mungkin bukanlah masalah. Namun bila menggunakan koneksi internet berbasis kuota data, maka ini bisa jadi boomerang.

Yahhh… Browsing jadi lambat karena Windows 10 men download file update, kuota data jebol – terkuras – habis tanpa sepengetahuan adalah masalah bila auto update Windows 10 aktif tanpa ter kontrol.

Untuk itu bila kamu ingin fitur auto update Windows 10 tidak melakukan download update tanpa sepengetahuan, kamu bisa mencegahnya dengan cara seperti dibawah ini

Mengaktifkan Metered Connection

Bila kamu meggunakan koneksi internet yang lambat atau koneksi berbasis kuota data, kamu bisa mengaktikan fitur Metered Connection. Langkah ini paling jitu untuk mencegah Windows 10 melakukan update otomatis, dan tentunya bisa menghemat pemakaian sumber daya internet mu.

Mengaktikan Metered Connection bisa dilakukan dengan cara, masuk ke halaman “Setting -> Network & Internet -> WiFi”, dari situ klik nama wifi yang sedang kamu pakai

lalu aktifkan options “Set as metered connection”.

Mengaktifkan Pause Update

Bila kamu berniat agar Windows 10 tidak melakukan update dalam waktu 30 hari kedepan, fitur Pause Update juga menjadi solusi untuk mencegah proses auto update berjalan.

Fitur pause update tersedia di Windows 10 sejak built 15002, dan bisa kamu aktifkan dengan cara masuk ke menu “Pengaturan -> Windows & Security -> Windows Update”, dihalaman tab windows update, cari dan klik pilihan “Advanced opitions

aktifkan option Pause Update

Sekedar di ketahui, ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mencegah auto update, namun dua cara diatas adalah yang terbilang cukup mudah, ampuh dan tergolong aman dilakukan untuk mencegah auto update Windows 10.

Mematikan auto update secara paten pada dasarnya bukanlah hal yang baik, karena sebagian besar update adalah perbaikan keamanan yang menambal lubang dan menghilangkan kerentanan sistem Windows 10. Jadi auto update Windows 10 pada dasarnya penting, hanya saja perlu bisa di kontrol agar tidak merugikanmu di lain sisi.

Leave a Reply