| by | Filed under Gadget, Tips & Tutorial.

Reload BlackBerry 10

Rajin melakukan update/upgrade terhadap sistem operasi BlackBerry 10 adalah syarat mutlak jika pengguna ingin selalu melihat ponsel BB10 miliknya mengalami perbaikan stabilitas yang lebih baik. Selain itu dengan mengupdate, ponsel BB10 juga berkesempatan memperoleh fitur-fitur baru yang tidak ditemui di versi os sebelumnya.

Contohnya saja BlackBerry OS 10.3.1 yang baru-baru ini dirilis oleh BlackBerry, terdapat fitur seperti BlackBerry Assistant, Power Saving, tambahan dukungan terhadap Blackberry Blend, dan lain sebagainya yang tentunya hanya dapat dinikmati bila ponsel BB10 sudah di update ke versi OS baru tersebut.

Untuk melakukan update sebenarnya ada banyak caranya, namun untuk artikel ini ikeni.net hanya akan memberikan dua cara saja yang diangap mudah dilakukan, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

Lengkapnya, berikut 2 cara paling mudah untuk melakukan update OS BlackBerry 10.

1. Update lewat Over The Air (OTA)

Ini adalah langkah yang paling mudah karena pengguna tidak memerlukan sebuah komputer, cukup siapkan saja ponsel misalnya BlackBerry Q5, Q10, Z10, atau Z30, Z3 (jika sudah ada yang punya di Indonesia). Selain itu siapkan juga koneksi internet baik itu lewat WiFi atau operator seluler.

Perhatian: Update lewat OTA tidak akan menghapus data, namun tetap disarankan untuk selalu melakukan backup terlebih dahulu sebelum memulainnya.

  1. Pastikan baterai ponsel sudah terisi minimal 80% (paling bagus jika udpate sambil dicharge).
  2. Koneksikan ponsel ke jaringan internet (lewat WiFi atau operator seluler)
  3. Di ponsel, silahkan masuk ke menu “Setting > Software Update > Check for Update” atau dalam bahasa indonesia “Setelan -> Pembaharuan Perangkat Lunak > Periksa Pembaruan“.
  4. Bila update firmware versi terbaru tersedia, silahkan pilih “Update/Perbarui“.
    Update BlackBerry OS 10.3.1 Lewat OTA
  5. Proses update akan dilakukan, dimulai dari tahap download hingga penginstallan firmware os BlackBerry versi terbaru. Tunggu saja, karena proses ini biasanya cukup lama (tergantung besaran file updatenya).

Update lewat OTA sebaiknya dilakukan lewat jaringan WiFi, namun bila terpaksa harus menggunakan jaringan seluler, maka pastikan saja jaringannya cukup stabil (lebih baik kalau dapat jaringan 3G/4G) dan tentunya sudah terisi dengan kuota data yang memadai untuk keperluan mendownload file update yang relatif besar.

2. Update lewat BlackBerry Link di Komputer

Jika kamu punya komputer, maka update OS BlackBerry 10 juga dapat dilakukan lewat aplikasi BlackBerry Link. Metode ini sendiri terbagi lagi menjadi dua cara yaitu melalui menu “Software Updates” dan “Reload Device Software”.

Software Updates

Cara ini adalah pilihan bila kamu ingin melakukan update OS BB10 ke versi terbaru tanpa perlu takut kehilangan data. Detailnya berikut step-stepnya.

  1. Di komputer yang terhubung internet, silahkan jalankan aplikasi BlackBerry Link (bila belum punya silahkan download disini lalu install).
  2. Hubungkan ponsel (dalam keadaan menyala) ke komputer menggunakan kabel data USB original.
  3. Tunggu hingga aplikasi BlackBerry Link mengenali ponsel (bila ponsel terpassword, maka akan dimintai kode security di BlackBerry Link).
  4. Bila sudah dikenali, silahkan klik “logo ponsel” di sidebar BlackBerry Link, setelah itu pilih menu “Software Updates” lalu klik tombol “Check for updates“.
  5. Kalau firmware terbaru tersedia, silahkan pilih “Install Update“.
    Software Update OS BlackBerry Link
  6. Sebelum memulai proses update, biasanya akan muncul pertanyaan untuk melakukan backup (walau metode ini tidak menghapus data, tapi disarankan tetap dibackup yah!).
  7. Proses update akan dimulai dari tahap download firmware lalu penginstalan, jadi silahkan ikuti saja prosesnya. Ingat jangan sampai kabel data ponsel yang terhubung ke komputer telepas sebelum proses update selesai.

Reload Device Software

Langkah ini diperuntukkan bila ingin mengupdate bersih OS BB10. Maksudnya ialah proses update dilakukan sekaligus dengan factory reset yang akan menghapus seluruh data diponsel. Metode ini hanya cocok diterapkan bila BB10 sedang mengalami error dan ingin diperbaiki sekaligus diupdate ke versi OS terbaru. Untuk langkah-langkahnya dapat dilihat seperti dibawah.

  1. Jalankan aplikasi BlackBerry Link di komputer yang sudah terkoneksi internet (ponsel dalam keadaan menyala harus sudah terhubung ke komputer).
  2. Plih “logo ponsel” di sidebar aplikasi BlackBerry Link, lalu klik menu “Preferences > Reload Device Software” dan klik tombol “Reload“.
    Reload OS BlackBerry 10
  3. Keterangan warnig akan muncul, silahkan klik “Ok” untuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya aplikasi BlackBerry Link akan melakukan pengecekan firmware terbaru.
  5. Ponsel akan restart, dan di aplikasi BlackBerry Link akan muncul keterangan warning terakhir, silahkan klik “Yes” jika sudah benar-benar yakin untuk melanjutkan.
    Reload BB10 Lewat BlackBerry Link
  6. Pilih “Get Update” dilangkah selanjutnya, lalu tunggu hingga proses update selesai.
  7. Bila proses update selesai, maka ponsel akan meminta setup pengaturan ulang layaknya ketika pertama kali di beli, silahkan ikuti saja langkah-langkahnya.

Jika masih ada yang belum dipahami pada beberapa metode Update OS BlackBerry 10 diatas, jangan ragu untuk menanyakannya melalui kotak komentar dibawah.

11 Responses to “2 Cara Mudah Update OS BlackBerry 10”

  1. mas beberapa waktu lalu saya update bb q5 sy ke versi blackberry 10.3.1, tp setelahnya kok bb sy jd boros baterai yah, itu solusinya apa. tolong dibantu

  2. Kenpa prangkat lunak saya masih versi 10.2.kl di cek sudah yg terbaru coba pencerahanya supaya bisa menjadi 10.3
    Lwt ota.

  3. mohon pencerahan suhu saya baru beli BB Q5 dan update OS nya sudah tersedia tapi pas saya update tidak bisa keterangannya memory free min 4 gb, padahal kan belum saya isi apa apa, data masih kosong belum kepake sama sekali, terus saya coba scurity wife tetep aja ga bisa, mohon pencerahan

  4. Mohon pertolongannya suhu.. ane semalem nge wipe.. terus wipenya tau slese apa ngga.. tapi pas di colok dibuka di bblink.. dia minta di reload.. terus saya reload.. apa masih aman?

  5. Mas punya saya setelah pin terdeteksi katanya g ada software baru..saya pengen reload BlackBerry Z10 saya soalnya error 0015..

  6. Sore gan saya ada masalh dgn BlackBerry z10 pada awalnya sya wipe dan BlackBerry sya mati karena batre habis gan.lalu sya coba pake sic multiwipe v2 lalu saya gunakan autoloader v3.2 tpi knpa setelh selesai tetap redblink 2x mohon informasinya gan BlackBerry sya z10 stl100-1

Leave a Reply